Pengobatan & gejala Cacingan pada hewan peliharan

 

Cacingan pada Anjing dan kucing

Berapa banyak dosis pemberian obat cacing untuk anjing dan kucing? Dan dengan obat cacing manusia atau obat cacing yang dijual di petshop?

Dosis pemberian obat cacing sangat tergantung dari berat badan bukan dari umur. Cara pemberiannya pun berbeda untuk setiap merek obat cacing. Dan jika memberikan obat cacing manusia kepada hewan peliharaan, maka cacing yang ada di dalam perut hewan, tidak akan tuntas, karena tidak semua cacing manusia dan anjing sama.

Sampai saat ini cacing menjadikan masalah dihewan peliharaan kita terutama pada anjing dan kucing kesayangan kita..

Cacing adalah hewan jenis parasit didalam tubuh hewan, karena cacing hidup di 2(dua) bagian tempat, yaitu hidup pada jaringan pencernaan (dasar usus) dan ada yang hidup pada jaringan tubuh.

 

Cacing-cacing ini sangatlah mengkhawatirkan kita sebagai penyayang anjing, bahkan sangatlah mematikan pada hewan peliharaan kita dikarenakan cacing yang bertumpuk didalam tubuh hewan tersebut.

 Oleh karena itu sangatlah perlu kita perhatikan masalah cacing pada hewan peliharaan kita,terutama pada anak anjing dan kucing, sejak didalam kandungan induknya, sudah dititipkan telur cacing didalam plasentanya.sehingga semenjak dilahirkan sudah membawa benih cacing dan setelah diluar sang anak menyusu pada induknya secara langsung, anak anjing dan kucing sering terkena cacingan.

 Maka tidak jarang anak anjing dan kucing  pada usia 3 minggu bahkan baru beberapa hari sudah mencret kotorannya seperti biji cabe, berarti benih atau telur cacing sudah menetas didalam tubuh anak tersebut. Sehingga pada usia 3 minggu tidak jarang terjadi anak sudah terjadi berak darah yang apa bila tidak segera ditangani akan menimbulkan kelemahan pada si anak diantaranya terjadi anemia dan kurangnya zat besi didalam tubuh anak anjing. Sehingga pada posisi lemahnya virus porvo menguat didalam tubuh anak tersebut, sehingga menyebabkan kematiaan yang fatal serta menularkan kepada beberapa saudaranya.

 

MENGAPA BERAK DARAH ?

Untuk cacing pita dan cacing kait khususnya,ia mempunyai caling dan melekat pada dinding usus,pada saat cacing itu berpindah tampat bekas gigitan meninggalkan luka yang mengeluarkan darah dan darah terbawa kekotoran . biasanya feses lebih berlendir dan ada darah.

Kenapa Anjing Tidak bisa Gemuk, walaupun Rakus?

Untuk cacing pencernaan,apa bila anak anjing mendapatkan makanan, cacing mendapatkan makanan , jika terlalu banyak cacing di dalam perut anak anjing dan kucing, maka makanan dan vitamin yang di konsumsi akan di serap oleh cacing. Sehingga anak anjing dan kucing yang kita lihat sangat rakus dan makan sangat banyak , tidak kunjung gemuk dan berisi. Bisa dikarenakan cacingan.

Gejala umumn yang terkena cacingan:

  • ·         Bulu kusam
  • ·         Berat badan menurun
  • ·         Tidak nafsu makan
  • ·         Perut menjadi busung
  • ·         Batuk-batuk
  • ·         Lemas
  • ·         Diare
  • ·         Muntah
  • ·         Mata belekan (tahi mata yang berlebihan)

 

Pencegahan Infeksi Cacing :

  • 1.       Ketika anda ingin membawa hewan peliharaan anda keluar rumah, atau tidak berjalan ke taman belakang rumah, biasakan mengangkat dan membuang kotoran yang baru saja di produksi oleh hewan kita.
  • 2.      Rutin memberikan obat cacing 3 bulan sekali.
  • 3.      Stop kan kepada hewan yang sering memakan fesesnya sendiri.
  • 4.      Ketika inigin membersihkan tempat tidur atau kandang , bilaslah dengan air garam dan tunggu sampai kering.
  • 5.      Hindari anjing dan kucing dari binatang menggerat, anjing liar dan burung. Karena 3 media ini sangat sering menjadi sarana cacing untuk berpindah-pindah.
  • 6.      Hubungi Dokter jika hewan anda masih mengalami gejala infeksi cacing. Walau telah diberikan obat cacing.

 

 

Obat Cacing Khusus Anjing dan kucing

Di toko-toko penyedia kebutuhan hewan peliharaan seperti pet shop banyak sekali ditemukan obat cacing yang diformulasikan khusus untuk anjing dan kucing salah satunya adalah Drontal Plus yang diproduksi oleh Bayer.

Pada kemasannya tertulis isi dari Drontal Plus ini yaitu 50 mg Praziquantel (Ph.EUR.), 144 mg Pyrantel Embonate dan 150 mg Febantel. 1 tablet Drontal Plus untuk setiap 10 kg berat badan. Dan pada drontal plus kucing  1 tablet untuk setiap 4kg berat badan

Drontal Plus ini dapat diberikan pada anjing dan kucing  sejak usia 3 minggu. Berikan setiap minggu sampai anakan berusia 3 bulan dan selanjutnya dapat diberikan 3 bulan sekali. Pemberian obat cacing Drontal Plus dapat diberikan langsung karena berbentuk tablet kunyah dengan perasa atau dapat dicampurkan pada makanan. Pemberian obat cacing Drontal Plus ini dianjurkan pada saat perut kosong dan jika diberikan dengan cara dicampur dengan makanan maka jumlah makanan sebaiknya hanya 1/4 porsi makan biasanya agar obat dapat bekerja dengan baik.

Pemberian obat cacing merek Drontal Plus ini tidak dianjurkan untuk diberikan pada hewan  dengan berat badan dibawah 1 kg dan yang sedang hamil kecuali dengan petunjuk dari dokter hewan.

Untuk dosis dan cara pemberian obat cacing khusus anjing dan kucing merek lainnya, dapat dibaca pada kemasan atau meminta keterangan cara pakai dari penjualnya karena setiap merek memiliki perbedaan formula dan jenis obatnya.

Pada beberapa anjing menderita diare setelah diberikan obat cacing.
Indukan anjing yang sedang menyusui dapat diberikan obat cacing setelah 2 minggu melahirkan.
Pemberian obat cacing sebaiknya dilakukan pada malam hari karena aktifitas anjing lebih berkurang dibanding pada siang hari.

 

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman dan praktek nyata

Semoga info ini bisa membantu teman-teman yang bermasalah dengan cacingan.dan alangkah baiknya jika berkonsultasi kepada Dokter Hewan juga.

 

Teks: Vily Zhu | indodogs edisi annual 2012

foto berbagai sumber

 

 

Tag Article

Tidak Ada Tag Untuk Artikel Ini

Comment

FILIPE (TL) (ferreira081196@gmail.com)
Post: 07-05-2017

sya sangat memapresiasi, karna dengan imformasi anda, bisa motivasi sya untuk kenal apa itu sakit cacingan,..

FILIPE (TL) (ferreira081196@gmail.com)
Post: 07-05-2017

sya sangat memapresiasi, karna dengan imformasi anda, bisa motivasi sya untuk kenal apa itu sakit cacingan,..

ANJING (Anjing@yahoo.com)
Post: 13-12-2014

ANJING TULISAN LU BIKIN SAKIT MATA

cici layan (cicilayan@yahoo.co.id)
Post: 24-09-2014

SAYA BARU SAJA KEHILANGAN ANJING SAYA KARNA ANJING SAYA KENA SAKIT CACINGAN SAYA SENANG DENGAN INFORMASI INI.

Post Your Comment

Nama
Email
Website
Komentar
 
Ketik kode diatas
 

JL. Asia Mega Mas Blok J - 14
Medan, Indonesia
Phone. 085100264455
Email. mypetsonline@yahoo.com

pets