4 Alasan Mengapa Kucing Takut Timun

4 Alasan Mengapa Kucing Takut Timun
kucing takut timun

Bagi para penggemar kucing, mungkin sudah tidak asing lagi dengan fakta bahwa kucing takut timun. Hal tersebut dapat terlihat jelas dari reaksi kucing ketika dihadapkan dengan timun. Biasanya kucing akan terkejut, bahkan tidak sedikit dari kucing yang akhirnya lari dan ketakutan ketika melihat timun.

Sebenarnya tidak semua kucing akan menunjukan reaksi sama, tetapi mayoritas kucing akan menunjukan reaksi tersebut. Kucing merupakan hewan yang memiliki insting tinggi, sehingga akan selalu waspada terhadap benda-benda sekitarnya. Sehingga tidak heran apabila kucing seringkali terkejut atau melompat ketika tiba-tiba disodorkan sebuah benda.

Penyebab Kucing Takut Timun

Bukan hanya timun, terkadang kucing memberikan reaksi atau respon yang sama ketika manusia tiba-tiba menyimpan benda asing di sekitarnya. Sebaiknya hindari untuk tiba-tiba menyodorkan timun di hadapan kucing, karena dikhawatirkan kucing akan stress. Inilah beberapa alasan mengapa kucing merasa takut terhadap timun!

1.     Timun Tampak Seperti Ular

Dilansir dari hills pet, beberapa ahli mengeluarkan asumsi bahwa kucing seringkali melihat timun mirip dengan ular. Karena diketahui bentuk timun memang memanjang, apabila dilihat secara sekilas cukup mirip dengan ular. Beberapa kasus yang menunjukkan kucing mengalami ketakutan terhadap timun biasanya memang secara tiba-tiba menyodorkan timun.

Manusia pun akan cukup terkejut ketika disodorkan suatu benda secara tiba-tiba, lalu biasanya cenderung akan mengasumsikan benda tersebut sebagai sesuatu yang berbahaya. Begitupun dengan kucing yang tiba-tiba melihat timun, maka sekilas membayangkannya seperti ular. Itulah mengapa sebaiknya tidak dengan sengaja menyodorkan timun.

2.     Kucing Merasakan Kehadiran Penyusup atau Ancaman

Alasan kucing takut timun berikutnya, kucing merupakan hewan dengan insting cukup kuat terhadap lingkungan di sekitarnya. Kucing akan cenderung bersikap waspada ketika terdapat sesuatu yang mendekatinya, karena dikhawatirkan sesuatu tersebut merupakan musuh kucing. Sehingga, hal tersebut pun berlaku ketika kucing secara tiba-tiba dihadapkan dengan timun.

Terlebih jika kucing sedang makan, kucing merupakan hewan yang cukup territorial. Apabila timun diletakkan di belakang kucing, maka kucing akan berpikiran bahwa timun tersebut akan merebut makanannya. Sehingga kucing akan memberikan respon terkejut atau bahkan melompat, karena kucing merasa khawatir atau cemas.

3.     Kucing Merupakan Hewan Responsif

Kucing adalah hewan yang responsif, sehingga tidak heran apabila kucing seringkali lebih mudah untuk terkejut. Sebenarnya bukan hanya sekadar timun, kucing biasanya akan terkejut terhadap benda-benda lainnya. Terlebih jika benda tersebut diletakkan di belakang kucing dan membuat kucing merasa terkejut.

Respon atau reaksi yang akan diberikan oleh kucing adalah melompat atau langsung menjauhi benda tersebut. Respon tersebut bukanlah respon khusus terhadap benda tertentu, bukan pula respon yang hanya diberikan ketika dihadapkan dengan timun. Namun, kucing akan cenderung memberikan respon tersebut apabila merasa terkejut dengan kehadiran sebuah benda.

4.     Hindari Menakuti Kucing dengan Timun

Walaupun terlihat lucu dan dianggap sebagai hiburan, tetapi sebaiknya jangan menakuti kucing dengan timun. Karena respon kucing yang terkejut dan melompat bukanlah respon baik. Hal tersebut apabila dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan kucing merasa stress.

Selain itu, respon kucing yang tiba-tiba lari dari timun pun dikhawatirkan menyebabkan risiko buruk. Misalnya menyebabkan kucing melukai dirinya sendiri. Atau bahkan menyebabkan kucing terjatuh dan terluka, karena kucing akan lari sambil merasa cemas.

Respon kucing takut timun ternyata disebabkan karena respon alami kucing. Sehingga kucing memang tidak punya ketakutan tersendiri terhadap timun. Seperti yang dapat dilihat di atas, respon tersebut disebabkan karena kucing adalah hewan responsif.