4 Jenis Anjing Bichon dan Cara Merawatnya

4 Jenis Anjing Bichon dan Cara Merawatnya

Anjing Bichon salah satu peliharaan populer yang diminati pecinta dan penyayang hewan. Kelebihan mereka yang lucu dengan rambut kepala membuat serta mata besar, terkenal peliharaan yang ramah terhadap hewan lain dan anak kecil.

4 Jenis Anjing Bichon

Anjing Bichon berasal dari Malta, Spanyol memiliki 4 jenis berbeda dengan ciri khas masing-masing. Kelompok yang masih terkait dengan Bichon diantaranya, Bichon Bolognese, Bichon Havanais, Bichon Maltese, dan Bichon Tenerife (sekarang disebut Bichon Frisé).

Tingkat kepopuleran mereka bisa berbeda-beda tiap wilayah, biasanya kategori Frisse lebih diminati karena di nilai lebih lucu dan memiliki tubuh tidak besar (toy dog). Banyaknya pemilik hewan ini sering terlihat saat lomba kompetisi yang diselenggarakan asosiasi hewan.

Perilaku Bichon Frise

Kepribadian anjing Bichon Frise terkenal hewan yang ramah dan cara merawat mereka tidak terlalu merepotkan. Ia sering menjadi pilihan untuk pemula yang belum pernah memelihara anjing.

Ras Bichon Frise unggul pada cara mereka beradaptasi di lingkungan. Mereka tidak membutuhkan tempat tinggal yang luas dan cocok bagi pemilik yang hidup di lingkungan apartemen.

Anjing Frise tangguh hidup pada suhu panas dan cuaca dingin dalam angka normal di lingkungan. Hal ini bisa berbeda dengan ras anjing lain yang umumnya mudah merasa kepanasan dan mengalami respon terengah-engah dalam suhu tertentu.

Ciri-ciri mereka yang lain adalah kepintaran yang tinggi yang didukung kemampuan bertindak mandiri saat mengembang tugas khusus.

Tak heran jika hewan ini tidak memerlukan pelatihan dalam intensitas tinggi secara berulang-ulang kali karena memiliki cara belajar yang cepat.

Karakter Anjing Bichon Frise

  1. Kelompok yang tidak bisa ditinggal sendirian untuk waktu lama. Mereka tidak cocok di rawat oleh pemilik yang sibuk dan mengabaikan interaksi dengan mereka.
  2. Mempunyai perasaan yang peka terhadap suasana bising dan membutuhkan tempat yang tenang
  3. Ramah terhadap hewan lain dan anak kecil
  4. Potensi mantel bulu rontok dibawah rata-rata
  5. Mempunyai riwayat kesehatan yang baik
  6. Mudah belajar dan dilatih sejak usia dini
  7. Memiliki energi melimpah
  8. Memerlukan interaksi, latihan dan sosialisasi dengan baik
  9. Senang bermain

Cara Merawat Anjing Bichon Frise

Cara merawat anjing Bichon Frise tidak terlalu sulit dan merepotkan Anda. Ia merupakan hewan yang luar biasa dijadikan peliharaan karena memiliki sifat ramah dengan hewan lain dan orang lain.

Kehidupan harian anjing Bichon Frise cenderung diisi dengan bermain, olahraga ringan dan berlatih skala kecil pada usia muda, selebihnya mereka menjadi tenang dan penyayang.

Anjing Bichon Frise meski bermantel bulu halus namun tidak mudah rontok sehingga sering menjadi teman yang cocok dengan riwayat alergi. Sebelum mengadopsi mereka jika mempunyai anggota keluarga alergi bulu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapat informasi yang lebih lengkap.

Cara merawat anjing Bichon Frise adalah menyediakan pakan berkualitas tinggi dan menyalurkan energi mereka yang berlimpah.

Anda bisa mengajak mereka keliling lingkungan rumah saat sore hari atau pagi hari dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

Sebagai ras toy dog, anjing Bichon Frise tidak bisa ditinggal sendirian terlalu lama. Mereka dapat cemas dan stres sehingga mempengaruhi perilakunya di masa mendatang.

Adopter yang mengadopsi mereka perlu memberikan latihan sejak kecil.

Cara Merawat Bulu Anjing Bichon Frise

Cara merawat mantel bulu Bichon Frise agar sehat memerlukan perhatian ekstra pemiliknya. Ia sebagai hewan dengan mantel bulu ganda yang dominan berwarna putih, tekstur bulu bagian dalam lebih halus sehingga mudah bermasalah jika tidak dirawat sesuai aturan.

Anjing Bichon Frise secara keseluruhan jenis yang baik soal bulu rontok lebih sedikit jika Anda rajin menyisir dan memandikan mereka secara berkala.

Incoming search terms:

  • jenis anjing bichon havanese
  • sifat bichon