4 Perawatan Harian untuk Kucing Kesayangan agar Tetap Bersih

Memelihara kucing kesayangan ibarat itu ibarat merawat anak sendiri yang harus dilakukan sepenuh hati. Kalau mereka jatuh sakit atau susah makan. Pemiliknya pun akan merasa sedih. Maka dari itu, penting memang untuk selalu memperhatikan mereka dengan melakukan beragam perawatan harian. Sebenarnya tidak sulit kok, hanya butuh pembiasaan dan juga ketelatenan.

Ingin tahu apa saja perawatan harian yang bisa diberikan untuk kucing kesayangan?

1. Pahami kebutuhan dan asupan gizinya dari kecil

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?

Tahu nggak, kalau anak kucing membutuhkan jumlah gizi dua kali lebih besar dibandingkan kucing dewasa? Namun bukan artinya harus diberi makan terus ya!

Biasanya anak kucing akan mulai belajar makan setelah umur 5-6 minggu meski masih menyusu pada induknya. Kamu bisa memberikan makanan secara rutin 4 kali setiap hari. Pastikan juga kamu memilih makanan kucing yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi untuk kesehatan si kucing.

2. Jangan berikan makanan anjing untuk kucing!

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?

Hal yang satu ini terkadang dilakukan oleh kamu yang memang merawat kucing dan anjing. Biasanya karena alasan menghemat biaya, kamu hanya akan membeli makanan untuk satu jenis hewan saja.

Perlu kamu ketahui bahwa makanan anjing nggak memiliki kandungan taurin. Kandungan tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk mencegah penyakit jantung dan penglihatan kabur.

3. Kucing adalah karnivora alami!

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?

Berilah kucing makanan yang berasal dari daging hewan seperti ayam, sapi, atau ikan. Oleh karena itu, makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sebaiknya dihindari. Karena makanan tersebut nggak mampu dicerna dengan baik oleh si kucing. Jangan lupa dimasak dulu ya!

Nggak sedikit lho, kucing malah diberikan makanan berupa sayuran dan nasi. Padahal hal ini akan membuat kotorannya lebih berbau dibanding kucing yang memakan daging.

4. Mandikan kucing secara teratur

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?

Merasa nggak nyaman dengan bulu kucing yang mulai berbau? Kamu bisa kok memandikannya sesekali. Saat memandikannya, sebaiknya kamu pilih air dingin. Karena air panas hanya akan merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing. Jika kucingmu rewel, gunakan tisu basah. Agar lebih wangi, kamu bisa juga semprotkan parfum khusus kucing ke badannya untuk menghindari pertumbuhan kutu.