5 Anjing Pelacak Terbaik Untuk Melacak Bukti Kejahatan

5 Anjing Pelacak Terbaik Untuk Melacak Bukti Kejahatan
Anjing Pelacak Terbaik

Anjing adalah hewan dengan indera penciuman dan pendengaran yang sangat tajam. Hewan ini biasanya dipelihara sebagai sistem keamanan lingkungan tertentu. Tergantung pemiliknya, anjing juga akan dilatih untuk menjaga keamanan lingkungan serta mampu melacak bukti-bukti kehatan di TKP. Anjing pelacak terbaik pasti bisa membantu proses mengusut kejahatan dengan lebih cepat.

Biasanya anjing pelacak terbaik dimiliki oleh polisi militer khusus sesuai dengan kewenangan mereka masing-masing. Ada banyak fungsi anjing pelacak serta jenis anjing pelacak di negara kita. Pada artikel berikut ini, akan kami bahas satu persatu tentang fungsi dan jenis anjing pelacak tersebut.

Fungsi Anjing Pelacak UntukĀ  Melacak Bukti Kejahatan

Anjing pelacak terbaik memiliki penampilan yang lebih garang dibandingkan dengan jenis anjing biasa lainnya. Anjing ini termasuk dalam jenis anjing liar yang kemudian dilatih sedemikian rupa untuk membantu tugas pasukan militer. Biasanya polisi dan polisi militer membawa anjing ini untuk membantu proses pengusutan bukti-bukti kejahatan tingkat tinggi.

Berikut ini berbagai fungsi dari anjing pelacak yang perlu kamu tahu :

  1. Membantu proses patroli
  2. Pembawa pesan penting untuk kesatuan militer
  3. Mengendus lingkungan untuk mencari bukti tambahan kasus kejahatan
  4. Mengejar pelaku kejahatan
  5. Melacak bom, bahan peledak, narkotika dan bahan terlarang, mayat, dan lain sebagainya

Bisa kita ketahui jika peran anjing pelacak sangat diperlukan di dunia militer dan hukum Indonesia. Tak heran jika kesatuan militer baik polisi dan polisi militer di negara kita memiliki anjing pelacak.

Jenis-Jenis Anjing Pelacak Terbaik Di Indonesia

Ada banyak sekali jenis anjing pelacak di negara kita. Hanya saja jenis-jenis anjing pelacak terbaik lah yang biasanya digunakan oleh kesatuan militer untuk menjalankan tugas khusus setiap harinya. Berikut ini jenis-jenis anjing pelacak di Indonesia yang perlu kamu tahu :

  1. Anjing Belgian Malinois

Anjing pelacak yang sangat direkomendasikan untuk melacak kejahatan yang terjadi yaitu anjing Belgian Malinois. Jenis anjing yang satu ini biasa digunakan oleh pasukan militer untuk melacak bukti kejahatan karena tingkahnya yang agresif. Anjing yang satu ini sangat cerdas serta bisa menelusuri jejak kejahatan di TKP dengan lebih cepat.

  1. Anjing Coonhound

Jenis anjing pelacak yang satu ini juga sangat populer dan sering dijadikan tracker squad oleh pasukan militer di Indonesia. Jens anjing yang satu ini memiliki tingkat ketahanan yang cukup tinggi terhadap penyakit serta bisa mengendus bau tertentu dengan sangat kuat. Biasanya anjing yang satu ini berwarna hitam legam dengan kaki berwarna agak cokelat.

  1. Anjing German Shepherd

Anjing German Shepherd termasuk salah satu jenis ras anjing pelacak yang sangat cerdas dan sangat pintar. Anjing ini memiliki tingkah yang agresif, serta memiliki indera penciuman sangat kuat. Mereka bisa membantu proses pelacakan bukti kejahatan dengan cepat serta memiliki ketahanan tubuh sangat kuat.

  1. Anjing Golden Retriever

Jenis anjing pelacak berikutnya yang juga termasuk salah satu anjing paling cerdas yaitu Golden Retriever. Anjing yang satu ini pada umumnya cukup ramah pada para pemiliknya, serta memiliki semangat juang yang tinggi. Namun mereka bisa saja liar dan tak terkendali jika tak dilatih dengan baik.

  1. Anjing Border Collie

Jenis anjing lain yang juga termasuk anjing pelacak yaitu anjing Border Collie. Anjing ras ini dibiakkan khusus untuk menjadi anjing penjaga serta pelacak terutama karena sifatnya yang liar.

Dari kelimat anjing pelacak terbaik yang telah kami sebutkan di atas, semuanya memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan bisa membantu kesatuan militer mengungkap kejahatan. Yang mana dari kelima anjing tersebut menjadi favoritmu?