5 Cara Merawat Bulu Kucing Peliharaan Sangat Mudah

5 Cara Merawat Bulu Kucing Peliharaan Sangat Mudah

Cara merawat bulu kucing – Merawat kucing dirumah bisa jadi untuk meningkatkan mood kamu. Bermain bersamanya tentu sangat menyenangkan. Apalagi kalau kucingmu sangat aktif.

Namun, bulu kucing yang rontok adalah salah satu masalah tersendiri. Bulu kucing sering kali menempel pada pakaian kita dan membuatnya kotor. Gak jarang kalau hal ini bikin kamu bete.

Gak perlu bete, Mypets ada beberapa cara untuk merawatnya agar tak lagi rontol. Simak disini tips nya.

Baca juga : Kucing tidak mau makan

1. Sering Mengganti Makanan Kucing

cara merawat bulu kucing

Makanan menjadi salah satu penyebab bulu kucing yang rontok karena makanannya yang tidak cocok.
Biasanya, terdapat kandungan di makanan tersebut yang membuat bulu jadi mudah rontok. Bisa juga karena makanan yang kamu berikan tak cukup memenuhi gizinya.

Kucing yang mengalami kerontokan bulu kekurangan asupan vitamin A,E, dan protein.
Nah, cobalah sesaat untuk mengganti makanan yang cocok sesuai kebutuhannya, dengan begitu, kerontokan tak bakal terjadi lagi deh.

2. Mandikan kucing dengan shampo yang cocok

cara merawat bulu kucing

Walaupun kucing adalah hewan yang sangat takut air, kucing juga butuh mandi seperti manusia. Bukan berarti kamu malas untuk memandikannya, ya. Karena, Kucing yang jarang mandi bisa menjadi penyebab untama bulunya rontok.

Mandikan kucingmu sekali atau dua kali dalam sebulan. perlu diingat juga untuk selalu menggunakan sampo yang benar.

3. Rajinlah Menyisir Bulu Kucing

Setelah dimandikan, jangan lupa mengeringkan bulunya dengan hairdryer. Gunakan handuk bertekstur lembut agar bulunya tak ikut tertarik. Sisir oerlahan bulunya satu arah saja menggunakan sisir khusus.

4. Jaga Kebersihan Selalu

Pastikan lingkungan yang kucingmu tiduri dan tinggali selalu bersih, mulai dari kandang dan rumahmu juga. Kalau kondisi lingkungannya kotor, hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya jamur di tubuh kucing dan membuat bulu makin rontok.

5. Selalu buat kucingmu senang, ya!

Simpel namun sangat penting, jika kucingmu selalu senang dan tidak dalam kondisi stres, hal ini dapat mengurangi resikonya terjadi rontoknya bulu kucing. Kucing yang stres bakal menyebabkan kerontokan bulu lebih sering. Biasanya, tanda kucing sedang stres adalah lebih sering tidur, mencakar benda berlebihan, hingga diare.

Seringlah mengajaknya berbicara sambil digendong. Kalau kucingmu bukan tipe yang suka digendong, ajak dia bermain di sekitar rumah. Belikan pula ia mainan baru.

Tagged with: , ,