5 Tips Jitu Melatih Anjing Senior Supaya Aktif Kembali

5 Tips Jitu Melatih Anjing Senior Supaya Aktif Kembali

Anjing senior yang berusia diatas 7 tahun memang biasanya sudah mulai mengalami penurunan ativitas. Hal ini juga dibarengi dengan munculnya tanda-tanda penuaan lainnya. Seperti halnya pendengaran berkurang, hingga nafsu makan yang berkurang. Lantas, bagaimana cara melatih anjing senior supaya aktif kembali seperti biasa?

Berkurangnya aktivitas harian dari anjing senior ini merupakan hal yang cukup wajar. Namun, jika kamu membiarkannya, maka akan berkibat buruk bagi si anjing itu sendiri. Bahkan, anjing bisa saj mengalami obesitas, otot kaku, depresi, hingga berkurangnya angka harapan hidupnya.

Cara Melatih Anjing Senior Supaya Aktif Kembali

Begini Cara Melatih Anjing Senior Agar Kembali Aktif

Nah, untuk mengatasi semua hal itu, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara melatih anjing senior milikmu agar bisa aktif kembali seperti sedia kala.

1.     Atur Ulang Jadwal Latihannya

Menjadwal ulang latihan fisik anjing ketika sudah memasuki uia senior merupakan sebuah keharusan. Dari yang biasanya hanya berolahraga dan bermain di akhir minggu saja, bisa kamu ganti dengan melakukannya setiap pagi atau sore hari sepanjang hari.

Dengan jadwal latihan yang lebih rutin dan lebih ringan, maka bisa mencegah anjing seniormu menjadi kurang aktif. Kegiatan ini akan mencegah timbulnya cedera dan kaku pada ototnya.

2.     Aktivitas dan Mainan Baru

Bagi seekor anjing senior, melakukan aktivitas dengan permainan baru bukan hanya sekedar menyenangkan, melainkan juga bisa merangsang mentalnya menjadi lebih tajam. Selain itu, hal ini juga bisa membuat anjing bergerak secara fisik dan membuatnya banyak berinteraksi.

Cobalah untuk mengajak anjingmu berenang. Namun, ada baiknya jika sebelum kamu melakukannya, konsultasikan terlebih dahulu hal tersebut dnegan dokter hewan. Tujuannya adalah agar kamu mengetahui cara yang aman bagi anjing dalam berenang.

3.     Exploring Tempat Baru

Kegiatan menjelajah bersama anjing tentu bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Namun, pastikan bahwa anjingmu yang memimpin penjelajahannya.

Hal ini dilakukan agar anjing bisa mempertajam kembali naluri dan rasa ingin tahuna. Selain itu, anjing juga bisa mempertajam kembali indera penciumannya, penglihatannya, dan nalurinya. Kegiatan exploring ini juga bisa dijadikan sebagai cross training kecil-kecilan bagi si anjing.

4.     Bertemu Anjing Lain

Ketika anjing senior milikmu bertemu dengan anjing lain, tentunya akan menjadi kesempatan yang bagus dalam mengasah interaksinya dengan anjing lain. Selama anjing tidak menunjukkan tanda-tanda agresi atau kecemasan, hal ini bisa kamu lakukan untuk membuatnya kembali aktif.

5.     Asupan Nutrisi Baik

Asupan nutrisi yang terpenuhi dengan baik, maka akan memberikan anjing seniomu tersebut kesehatan dan tenaga yang baik dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Nah, asupan nutrisi untuk anjing ini harus kaya akan protein, cukup serat dan kalori, serta mineral dan vitamin. Cari makanan yang memang mengandung protein berkualitas tinggi, dengan omega-3 fatty acid di dalamnya.

Selain itu, kandungan EPA dan glukosamin dalam makanan anjing juga akan membuatnya tetap sehat dan lincah. Tidak hanya itu, kandungan vitamin A dan asam linoleic dalam makanannya bisa membuat kulit anjing tetap sehat, dan kandungan prebiotik alaminya bisa menyehatkan pencernaannya.

Inilah beberapa cara melatih anjing senior supaya aktif kembali yang bisa kamu lakukan. Semoga penjelasan ini bisa membuat anjing kesayanganmu kembali akif bergerak dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Jika memang cara-cara ini masih belum membuahkan hasil yang signifikan, kamu bisa mencoba membawa anjing senior kesayanganmu tersebut ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.