6 Alasan Kenapa Anjing Adalah Hewan Peliharaan Terbaik

6 Alasan Kenapa Anjing Adalah Hewan Peliharaan Terbaik

Anjing adalah hewan peliharaan terbaik – Untuk kamu yang sedang memelihara anjing di rumah, pernahkah kamu merasakan betapa loyal dan setianya anjing itu. Jika disaat mood kamu sedang sedih ataupun senang mereka terus menemani kamu. Serta itu, anjing juga hewan peliharaan andalan yang bisa menjaga kamu jika kamu sedang merasa terancam.

Alasan Kenapa Anjing adalah Hewan Peliharaan Terbaik

1. Kamu bisa mengajaknya bermain

anjing adalah hewan peliharaan terbaik

Aktivas seru yang bisa kamu lakukan dengan anjing adalah mengajak mereka bermain! Ada beberapa permainan yang bisa dilakukan dengannya, seperti lempar tangkap benda atau bermain bola di taman.

Bermain bisa menguatkan circle antara anjing dan pemilik. Serta itu, dengan bermain, kamu bisa membuatnya lebih patuh terhadap majikannya.

Baca Juga : Kucing tidak mau makan

2. Anjing akan merasa kehilangan jika ditinggalkan terlalu lama

anjing adalah hewan peliharaan terbaik

Cobalah disaat kamu pergi dan meninggalkannya terlalu lama, hal itu membuat mereka akan merasa sangat kehilangan. Seperti ketika kamu pergi meninggalkannya disaat kuliah atau kerja. Ketika kamu sudah pulang ke rumah, mereka akan meneriakimu dengan gonggongan bahagia. Nah itu hanya ditinggal selama 1 harian aja, bagaimana jadinya kalau sampai berpergian keluar kota dan meninggalkannya berbulan-bulan?.

3. Hewan yang sangat lincah

Anjing adalah hewan tak kalah lincahnya dari kucing, kamu bisa mengajak anjingmu melakukan latihan kelincahan atau agility training. Latihan ini bisa berupa lari melintasi rintangan, meloncat, melewati lorong, melompat lingkaran dan lain sebagainya. Latihan kelincahan bisa memenuhi insting dasar anjing sekaligus membugarkan tubuhnya.

4. Anjing bisa membedakan mana manusia yang egois dan murah hati

Selain sifat yang sangat setia, anjing juga bisa membedakan mana manusia yang egois dan yang murah hati. Mereka punya pemahaman penuh terhadap bagaimana manusia berperilaku. Hal itu terlihat dari kebiasaan majikanya sehari-haru,dab anjing mampu membaca kebiasaan kita.

5. Kucing bersifat soliter, anjing adalah bersifat sosial

Laman MSD Vet menjelaskan bahwa anjing merupakan hewan yang memiliki sifat sosial yang sangat tinggi. Itu sebabnya anjing akan merasa nyaman jika ia berada dalam sebuah kelompok. Ini mengindikasikan bahwa secara evolusi, anjing dan nenek moyangnya di alam liar memang secara genetik cenderung membentuk kelompok sebagai bagian adaptasi.

Karena sifatnya yang sangat sosial, anjing akan membutuhkan perhatian dan kedekatan yang intens dengan pemiliknya. Jika pemilik selalu membiarkan anjing peliharaannya dalam kesepian dan kesendirian, itu akan membawa dampak buruk bagi anjing itu sendiri. Stres dan mudah tertekan bisa dialami anjing selama hidupnya.

6. Kecerdasan yang luar biasa

Sebetulnya, hewan peliharaan lain juga cerdas, misalnya kucing, burung, bahkan reptil. Namun, pada takaran tertentu, anjing memang menampakkan kecerdasannya di atas rata-rata hewan peliharaan lainnya. Bahkan, anjing bisa memiliki kecerdasan yang tidak bisa dibayangkan oleh banyak orang sebelumnya, seperti dicatat dalam American Kennel Club.

Anjing memiliki kemampuan unik dalam mendeteksi sesuatu, misalnya penyakit, narkoba, bencana alam, dan jejak kaki. Anjing-anjing terlatih dapat dengan mudah melacak narkoba dan bahan peledak meskipun disembunyikan di tempat yang tak terjangkau. Dalam dunia medis, anjing juga bisa digunakan sebagai pendeteksi kanker meskipun tidak semua jenis kanker.

 

Tagged with: