6 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing Paling Ampuh

6 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing Paling Ampuh

Sebagai majikan, tentu kamu menginginkan kucingmu memiliki nafsu makan yang tinggi. Dengan ini mereka bisa memiliki tubuh yang gemuk dan sehat. Sama seperti manusia, terkadang kucing juga mengalami penurunan nafsu makan sehingga badannya menjadi kurus. Untuk itu, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui cara meningkatkan nafsu makan kucing.

Pelajari Tentang Pentingnya Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Untuk meningkatkan nafsu makan pada kucing, setidaknya kami telah menyiapkan 6 cara paling ampuh. Simak keenam cara ampuhnya berikut ini!

Berikan Wet Food

Sama seperti manusia, kucing juga membenci makanan yang menyusahkannya. Misalnya saja makanan yang terlalu keras membuat kucing mengalami sakit pada giginya. Sebagai solusi, kamu bisa memberikan wet foot atau makanan basah.

Sesuai dengan namanya, wet food ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga akan memudahkan kucing untuk mengunyah dan menelannya. Wet food ini juga ampuh sebagai solusi bagi kucing yang masih bayi dan belajar makan.

Suguhi dengan Aroma Kuat

Termasuk ke dalam jenis hewan karnivora dan pemburu, kucing memiliki indra penciuman yang sangat baik. Dengan makanan beraroma kuat, kamu bisa merangsang nafsu makan pada kucingmu.

Usahakan kamu memilih makanan beraroma kuat yang menjadi favoritnya. Misalnya saja ikan tuna, jeroan, atau ayam.

Jaga Kesehatan Mental

Serupa dengan manusia, kucing biasanya mengalami penurunan nafsu makan ketika mengalami stress. Sebagai majikan, kamu harus cepat tanggap ketika kucing mengalami gangguan kesehatan mental. Sehingga bisa segera diobati dan nafsu makannya pun kembali.

Kucing yang mengalami gangguan kesehatan mental atau stress memiliki beberapa ciri-ciri. Diantaranya mengeong tanpa sebab, mengamuk, suka bersembunyi, dan grooming berlebihan. Untuk mengatasinya, kamu bisa memberikan kasih sayang ekstra pada kucing. Ajak bermain dan sering-seringlah mengelusnya.

Dengan cara tersebut, dijamin kucingmu akan sehat kembali dan nafsu makannya meningkat.

Pilih Favoritnya

Apakah kamu pernah melihat kucingmu makan secara bermalas-masalan? Mungkin itu sebagai pertanda bahwa kucingmu kurang suka dengan menu yang disajikan. Oleh karena itu, kamu bisa memberinya makanan yang disukainya.

Sebagai seseorang yang merawatnya dari kecil, tentu kamu tahu makanan apa yang menjadi favorit kucingmu. segera beli dan suguhkan makanan favoritnya agar kucingmu makan dengan lahap.

Suguhkan Dalam Kondisi Hangat

Makanan atau minuman yang disajikan secara hangat memang lebih nikmat. Hangatkan makanan yang akan diberikan kepada kucing. Dijamin kucingmu akan makan dengan lahap. Tidak hanya itu, ternyata makanan ataupun minuman hangat sangat baik untuk pencernaan kucingmu.

Berikan Suplemen dan Obat Cacing

Selain kurang menyukai menu yang disediakan, kucing yang malas makan juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan. Cacingan menjadi salah satu masalah pencernaan yang turut mengganggu nafsu makan pada kucing. Perut yang dipenuhi dengan cacing parasit yang menyebabkan infeksi inilah yang membuat kucing malas makan.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memberinya obat cacing khusus kucing. Obat ini bisa kamu dapatkan dari dokter hewan atau pet shop terdekat. Suplemen juga berpengaruh besar pada penyembuhan kucing pada cacingan. Suplemen yang disarankan untuk diberikan kepada kucing adalah minyak ikan.

Minyak ikan yang beraroma amis mampu merangsang nafsu pemangsa dari kucing. Minyak ikan juga kaya akan akan vitamin dan protein untuk daya tahan tubuh kucing.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai 6 cara meningkatkan nafsu makan kucing. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, dijamin nafsu makan kucingmu akan meningkat dan makan dengan lahap.

Tagged with: