6 Ciri-Ciri Anjing Hamil Yang Mudah Dikenali

6 Ciri-Ciri Anjing Hamil Yang Mudah Dikenali
ciri-ciri anjing hamil

Bagi kamu yang memiliki anjing, mengetahui kapan anjing hamil merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini tentu berkaitan dengan persiapan kelahirannya, sebab jika kamu tidak membantunya kemungkinan persalinan anking akan menjadi kurang baik. Nah, untuk mengetahuinya sejak awal kamu perlu memperhatikan ciri-ciri anjing hamil untuk mengidentifikasinya. Berikut beberapa tanda-tanda yang bisa kamu amati untuk memastikan bahwa anjing memang sedang hamil.

Kenali Ciri-Ciri Anjing Hamil Dengan Mudah

  • Perut semakin membesar

Ciri-ciri pertama yang mnandakan jika anjing kamu sedang hamil dapat diamati melalui perut yang semakin membesar. Pembesaran ini disebabkan oleh janin pada tubuh anjing semakin besar, sehingga membutuhkan ruang yang lebih besar pada induknya. Seiring dengan menuanya kehamilan ini, perut anjing akan terus emakin membesar.

  • Puting susu membesar dan memerah

Anjing yang sedang hamil ditandai dengan putting susunya yang semakin membesar dan berubah menjadi merah muda. Hal ini akan terjadi sekitar dua hingga minnggu setelah terjadinya perkawinan. Lama-kelamaan puting susu akan cenderung memerah dan sedikit bengkak serta menonjol. Keadaan ini muncul karena tubuh induk anjing sedang mempersiapkan susu untuk bayi anjing yang dikandungnya.

  • Pinggang membesar

Selain perut, anjing hamil juga ditandai dengan pinggangnya yang semakin membesar yang terjadi sekitar pada 4 hingga 5 minggu usia kehamilan. Pembesaran ini juga merupakan efek dari perkembangan bayi anjing yang semakin membutuhkan banyak ruang. Pinggang yang besar juga dipersiapkan untuk melahirkan bayi anjing kelak jika sudah saatnya.

Kelejar susu membangkak dan terus berkembang

Pada minggu ke 6 sampai minggu ke 9 kehamilan, kamu bisa mengamati jika kelejar susu anjing semakin membengkak karena terus berkembang. Ini merupakan kelajuntan dari putting susu yang berubah memerah sebelumnya. Serta menjadi pertanda kuat bahwa anjing kesayangan kamu memang benar-benar hamil. Keadaan ini juga menunjukkan bahwa bayi anjing akan segara dilahirkan dan siap untuk disusui.

  • Anjing cenderung makan sedikit-sedikit

Ciri anjing hamil selanjutnya yang dapat kamu amati adalah pola nafsu makan yang berbeda dari biasanya. Ketika kehamilan memsuki tahap akhir, porsi makan anjing akan lebih sedikit karena ruang diperutnya telah dipenuhi oleh bayi anjing. Namun jangan khawatir, karena meskipun begitu anjing kamu akan tetap makan meskipun sedikit.

  • Anjing mudah lelah

Jika biasanya anjing betina sangat aktif, namun tiba-tiba mudah lelah maka hal tersebut bisa saja menjadi indikasi jika anjing sedang hamil. Namun jika hal ini terjadi tidak disertai dengan gejala kehamilan yang lainnya. Bisa saja anjing kesayangan kamu sedang menderita penyakit tertentu.

  • Cenderung banyak tidur

Indikasi selanjutnya bahwa anjing kesayangan kamu sedang hamil adalah anjing menjadi lebih sering tidur. Pada umumnya perubahan ini akan terjadi pada akhir-akhir masa kehamilan. Hal ini terjadi karena beban yang ada di dalam perut anjing semakin berat, sehingga tubuhnya mudah capek dan lelah. Bisa dikatakan jika hal ini sudah menjadi insting atau kebiasaan bagi anjing betina yang sedang hamil.

Itulah 6 ciri-ciri anjing hamil yang bisa menjadi patokan dalam menentukan apakah anjing benar-benar hamil atau tidak. Tentunya setiap tanda-tanda kehamilan tersebut akan beriringan dengan tanda-tanda kehamilan lainnya. Namun jika anjing kamu hanya mengalami salah satu tanda saja, jangan segera mengklaim bahwa itu adalah kehamilan, karena bisa saja itu adalah penyakit. Oleh karena itu jika hal ini terjadi segera bawa anjing kesayangan ke dokter hewan.