7 Hal ini Ternyata Tidak Disukai Anjing Peliharaan

7 Hal ini Ternyata Tidak Disukai Anjing Peliharaan

Memiliki dan merawat hewan peliharaan seperti anjing telah menjadi suatu hal yang lumrah dilakukan manusia.

Beragam perilaku dan tindakan kerap diberikan oleh orang-orang kepada anjing peliharaannya.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa tidak semua hal atau tindakan yang diberikan kepada anjing peliharaan bisa mereka sukai?

Ya, anjing bisa membenci beberapa tindakan yang mungkin menurut manusia itu baik untuk dilakukan.

Berikut ini 7 hal yang tidak disukai anjing peliharaan dari apa yang dilakukan oleh manusia, sekalipun kamu tuannya.

1. Memberikan pelukan

Kebanyakan anjing tidak suka pelukan, dan terutama jika itu datang dari orang yang asing baginya. Anjing akan menganggap lengan orang lain yang memeluk sekitar leher atau tubuhnya sebagai ancaman.

Anjing mungkin mentolerir pelukan lembut dari dekat dari orang yang mereka percaya, tetapi itu tidak berarti mereka benar-benar menyukainya.

Oleh karena itu, lebih baik membiarkan anjing peliharaanmu memeluk dengan caranya sendiri. Dan ketika mereka melakukannya, cukup belai di sepanjang punggung dan di dadanya.

2. Banyak perintah dengan kata-kata

Anjing peliharaanmu mungkin dapat menyimpulkan arti dari beberapa kata perintah seperti “kemarilah”, “duduk”, “pergi”, dan lain-lain.

Tetapi mereka tidak dapat memahami sebagian besar bahasa manusia.

Sebaliknya, yang bisa anjing andalkan adalah bahasa tubuh untuk memahami apa yang seseorang maksud. Gunakan gerakan untuk menyampaikan hal yang diinginkan kepada anjingmu, dan kamu akan tahu betapa bagusnya percakapan bersama anjing tanpa mengeluarkan suara sedikit pun.

3. Berjalan-jalan tanpa jeda

Anjing memang hewan yang senang untuk dibawa jalan-jalan karena memberi mereka kesempatan menjelajahi dunia luar.

Tapi, ketika kamu mengajak anjingmu berjalan-jalan tanpa membiarkannya berhenti, mengendus, dan menandai, itu adalah sikap yang tidak baik terhadap makhluk itu.

4. Diacuhkan

Anjing biasanya tidak suka ditinggal sendirian. Dalam kasus ekstrim, beberapa anjing bahkan takut ditinggal sendirian dan akibatnya mengalami kecemasan akan perpisahan. Untuk itu, jangan pernah membiarkan terlalu lama meninggalkan mereka.

5. Menggoda

Melakukan hal usil untuk menggoda anjing peliharaanmu seperti menirukan gonggongannya, melambaikan tangan saat mereka menggonggong dari balik pagar atau jendela yang tertutup dan menarik ekornya bisa membuat anjing marah.

Hal seperti ini sama sekali tidak lucu bagi anjing, sehingga kamu bisa mendapatkan gigitan dari anjing peliharaanmu sendiri.

6. Dipaksa

Sama seperti manusia, anjing terkadang juga memiliki sikap suka dan tidak suka dengan orang lain maupun anjing peliharaan lainnya. Ketika anjing tidak suka berada di dekat individu tertentu, jangan memaksakannya.

7. Melihat pemiliknya bersedih

Anjing memang menjadi hewan peliharaan yang begitu peka. Ketika pemiliknya tampat terlihat sedih, anjing peliharaan seolah turut merasakan karena ikatan yang erat.