Begini Cara Melatih Agar Anjing Tidak Merusak Barang Rumah

Begini Cara Melatih Agar Anjing Tidak Merusak Barang Rumah
agar anjing tidak merusak barang rumah

Anjing jadi salah satu hewan yang hingga kini banyak dipelihara lantaran perilakunya yang lucu sekaligus menurut kepercayaan banyak orang adalah salah satu hewan penurut, paling pintar, dan setia. Meski mempunyai sikap ramah dan lembut, beberapa anjing dirumah kadang bisa berperilaku seperti merusak beberapa barang yang ada didalam rumah. Nah, disini kita akan membahas beberapa tips agar anjing tidak merusak barang rumah.

Untuk bisa mencegah supaya anjing tak merusak berbagai barang atau perabotan didalam rumah, maka harus ada upaya yang dilakukan oleh kamu sebagai pemilik. Dibawah ini merupakan beberapa cara yang dapat kamu lakukan supaya anjing kesayanganmu tak berperilaku destruktif.

Inilah Tips Cara Agar Anjing Tidak Merusak Barang Rumah

  • Pahami Penyebabnya

Sebelum menentukan cara supaya anjing tak merusak barang, maka harus diperhatikan lebih dulu apa yang mendasari anjingmu melakukan salah satu dari hal yang paling tak disenangi oleh si pemilik. Beberapa alasan yang menjadikan anjing peliharaan merusak berbagai barang adalah:

  • Menyukai Bau Barang

Memang, sejumlah anjing tanpa adanya masalah psikis dengan normal bakal menyukai beberapa barang tertentu lantaran ada bau atau rasa yang sedap. Ada cukup banyak barang yang bisa menarik mereka, mulai dari perabot, sandal, kayu, dan beberapa lainnya.

  • Kesepian

Alasan lain yang menjadikan anjingmu bisa merusak beberapa barang rumah ialah lantaran terlalu lama sendiri tanpa ada teman yang bisa diajak bermain.

  • Depresi

Kondisi anjing yang depresi dan stres bisa mengakibatkan dia merusak beberapa barang disekitarnya untuk dijadikan pelampiasan.

  • Jangan Langsung Mengkuhum atau Memarahi

Langkah berikutnya supaya anjingmu tak merusak barang-barang rumah ialah dengan tak selalu menghukum atau memarahinya secara langsung. Tanpa mengetahui alasannya saat menggigit atau mengunyah barang dengan sembarangan. Cara seperti ini dibutuhkan demi menjaga perasaan anjing supaya tak gampang emosi serta dengan perlahan mengajarkannya untuk tak merusak barang disekitarnya.

  • Buat Hubungan Yang Bagus Antara Kamu dan Anjingmu

Supaya anjing lebih gampang menurut dengan apa yang kamu katakan, langkah yang perlu dilakukan ialah membuat hubungan bagus antara kamu sebagai pemilik dengan anjing.

Caranya ialah dengan mengajaknya bermain lempar tongkat atau melatihnya untuk mempunyai skill khusus. Hubungan baik ini juga bisa didapatkan dengan perilaku kasih sayang kamu kepada anjing kesayanganmu.

Lingkup yang Nyaman Untuk Anjing dan Jauhkan Benda Berharga

Anjing yang kerap menggigit atau merusak berada di sekitarnya juga bisa diakibatkan lantara kondisi. Lingkup yang tidak terlalu nyaman dan membuat anjing kesayanganmu menjadi kesepian atau depresi.

Untuk bisa mengatasi serta menghindarkan perilaku destruktif anjing itu, maka kamu perlu membuat lingkup yang bersahabat dan nyaman untuk anjing. Jangan lupa selalu tunjukkan kasih sayangmu kepadanya. Sering mengajak dia bermain dan tak membiarkannya sendiri adalah opsi yang tepat.

  • Jauhkan Benda yang Kemungkinan Bisa Dirusak Anjing

Opsi terakhir dalam upasa supaya anjing tak merusak barang ialah dengan menjauhkan beberapa benda yang bisa dirusak.  Tidak memberikan dia mainan plastik yang justru akan memicu anjing merusak benda yang lain.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar anjing tidak merusak barang rumah. Yang paling penting adalah jangan sampai kamu membiarkan ajing peliharaan selalu sendiri. Ajak dia bermain agar dia merasa disayang oleh kamu sebagai pemilik.