Tips Paling Mudah Agar Kucing Betah di Rumah

Tips Paling Mudah Agar Kucing Betah di Rumah
agar kucing betah di rumah

Kucing adalah hewan lucu yang senang untuk mengexplore tempat yang baru agar bisa menyalurkan naluri berburunya. Karena sifat itulah membuat kebanyakan kucing akan terasa tidak betah jika di dalam rumah saja. Hal itu tentu menjadi masalah jika kamu tinggal bersama kucing kesayangan di rumah yang kecil seperti apartemen. Namun ada trik paling mudah agar kucing betah di rumah untuk itu simak artikel berikut ini.

Simak Nih Tips Agar Kucing Betah di Rumah

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba jika ingin kucing kesayangan kamu betah di dalam rumah. Langsung saja, simak tips berikut ini agar kucing betah di rumah yang bisa kamu lakukan.

  1. Memberi ruang gerak

Sebaiknya jangan membuat kucing terus berada di dalam kandang saja. Kamu bisa membuat rumah kamu bisa nyaman ditinggali kucing, dengan membuat beberapa sudut rumah menjadi tempat eksploring nya. Kamu bisa membuat rak sebagai tempat untuk mereka memanjat atau tempat bersantai bagi kucing.

Sebaiknya tempat untuk kucing tersebut jarang dilewati banyak orang. Sebab kucing tidak suka akan keramaian dan suasana yang bising. Maka berikan pojok khusus kucing kamu di dalam rumah untuk dijadikan sebagai tempat favoritnya.

  1. Jendela

Berikan jendela pada ruangan kucing kamu untuk mereka bisa melihat pemandangan di luar. Sebab kucing sangat suka melihat hal-hal yang menarik dan bergerak. Kamu bisa membuat sebuah tempat kecil agar kucing dapat duduk di dekat jendela dan memperhatikan banyak orang yang ada di luar rumah.

  1. Catnip

Catnip adalah sebuah tanaman yang  menjadi favorit para kucing. Jika kucing menghirup bau tumbuhan catnip, mereka akan menjadi lebih semangat dan agresif. Catnip ini memang bisa memberi efek seperti narkoba untuk kucing, tetapi tidak mempengaruhi kesehatan tubuhnya.

Selain itu catnip juga tidak membuat kucing menjadi ketergantungan. Bau catnip ini akan merubah sifat kucing dengan waktu yang singkat, tetapi jika sudah hilang pengaruhnya kucing akan bersifat seperti biasa. Untuk membuatnya agar betah di rumah kamu bisa memberikan mainan khusus kucing tetapi sudah diisi dengan tanaman catnip ini.

Menjaga Pola Makan Itu Penting Agar Lebih Betah

Sebaiknya untuk selalu menjaga pola makan kucing dengan memberi makan sesuai dengan waktunya. Beri kucing makanan yang mempunyai bau ikan yang mereka suka sehingga hal tersebut bisa menambah nafsu makannya. Tetapi penting juga untuk memilih makanan dengan kandungan gizi yang mereka butuhkan.

  • Salurkan naluri kucing

Hewan kucing memang mempunyai naluri berburu, tidur dan makan. Agar kucing betah di rumah sebaiknya kamu salurkan naluri tersebut. Kamu bisa menyediakan beberapa mainan seperti tikus tikusan, bola berbunyi atau bulu yang bisa menyalurkan naluri berburu kucing.

Dengan memainkan beberapa permainan tersebut akan membuat kucing tidak merasa bosan meskipun di dalam rumah saja. Kamu juga bisa menemani kucing bermain bersama sehingga mereka akan merasakan kasih sayang kamu kepada mereka.

Kenyamanan Faktor Penting Agar Kucing Tidak Kabur

Itulah tips tentang agar kucing tidak kabur yang bisa kamu lakukan. Dengan membuat kucing betah di rumah tentu tidak akan membuat kamu merasa khawatir jika kucing kesayangan kamu hilang atau mengalami hal berbahaya lainnya.

Ciptakan lingkungan rumah yang nyaman untuk kucing, agar mereka bisa betah meskipun di rumah saja. Untuk mengusir kebosanannya yang hanya di rumah saja kamu bisa mengajak mereka bermain bersama atau menemaninya sambil mengelusnya. Semoga informasi ini bisa membantu kamu.