Agar Kucing Tahan Penyakit, Kenali Dahulu Tips Penting Ini

Agar Kucing Tahan Penyakit, Kenali Dahulu Tips Penting Ini
Agar Kucing Tahan Penyakit

Kucing adalah salah dari dari banyak hewan yang paling digemari untuk dipelihara, hewan yang satu ini sanggup menjadi sahabat yang bisa menemani kegiatanmu sehari-hari. Nah, agar kucing tahan penyakit, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar kucingmu selalu sehat dan lincah.

Meskipun kadang menjengkelkan, kucing nyatanya sangat efektif untuk bisa mengurangi stres, selain wajahnya yang imut kucing dapat menjadi teman saat kamu sedih. Tapi semua itu akan berjalan mulus jika kamu mengetahui tips merawat kucing dengan baik dan benar.

Caranya ialah dengan kamu mengenal setiap karakteristik kucing. Dengan begitu, kau dapat memperlakukan mereka dengan baik serta memenuhi berbagai kebutuhannya.

Mari Merawat Anabul Kesayangan Agar Kucing Tahan Penyakit

Oleh sebab itu, kamu harus tahu info tentang bagaimana caranya merawat kucing dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Berikut adalah tips merawat kucing supaya tahan dengan penyakit:

Beri Makanan Sehat

Makanan sehat adalah penghalang awal bagi kucing dari semua jenis penyakit ataupun saat daya tahan tubuhnya melemah. Dengan memberi makanan yang sehat dan dengan menu bermacam-macam, semua organ serta penangkal penyakit yang ada didalam tubuhnya bakal bekerja secara optimal sehingga mereka tak mudah terkena penyakit.

Jangan Beri Ikan Mentah ataupun Setengah Matang

Meskipun pada dasarnya kucing merupakan hewan karnivora [pemakan daging] yang dapat memakan daging dengan mudah , akan tetapi hal semacam ini tak disarankan untuk kucing peliharaan.

Dalam daging atau ikan setengah matang atau justru yang masih mentah, ada banyak sekali bakteri jahat yang sebenarnya tak boleh masuk kedalam tubuh kucing. Jika hal ini terjadi, maka bakteri jahat tersebut bakal menyerang daya tahan kucing serta membuatnya gampang sekali terserang penyakit.

Ajari Buang Kotoran di Wadah Pasir

Ajari kucing sedari kecil supaya mereka membuang kotorannya di atas pasir, kamu bisa menyediakan pasir didekat ataupun didalam kandang supaya mereka terbiasa dan kemudian memahami dimana mereka harus membuang kotorannya.

Salah satu penyebab kucing gampang terjangkit penyakit adalah pada kotorannya, sehingga itu wajib dijauhkan dari mereka. Pastikan kalian memilih jenis pasir yang baik, banyak dijumpai di petshop. Kamu juga harus memberikan wadah yang setidaknya berukuran lebih besar serta sedikit tinggi supaya kucing dapat menutup kotoran mereka.

Lakukan Vaksinasi Dan Selalu Jaga Kebersihan

Berikanlah vaksin dengan cara bertahap sesuai anjuran dari dokter hewan, vaksin bisa mencegah segala virus dan penyakit yang gampang menjangkiti kucing sehingga itu akan memberikan efek bagus dalam pertumbuhan atau kehidupannya.

Pemberian vaksin ini juga sanggup mematikan virus yang akan muncul lebih awal sehingga tak memiliki kesempatan untuk berkembang lebih banyak dan tak berubah jadi penyakit mematikan.

Pastikan Kandang Selalu Bersih

Kebersihan kandang juga menjadi penghalang kuat dari beberapa jenis penyakit. Kandang yang dirawat akan terbebas dari bakteri dan kuman.

Jaga Kesehatan Bulu

Kamu bisa menjaga kesehatan bulu dengan cara membersihkannya, perhatikan juga bila ada warna kusam atau kerontokan berlebih. Pastikan kamu menjaga bulu kucing untuk selalu bersih serta bebas jamur.

Rutin Dimandikan

Setidaknya mandikanlah kucing 1x dalam 2 minggu, jangan lupa juga memberi shampo atau sabun khusus kucing. Setelah selesai, kamu harus mengeringkannyaa dan bersihkan bulunya menggunakan handuk atau kain yang lembut.

Bagaimana menurut kamu? Cukup mudah bukan melakukannya? Demikian penjelasan tentang cara agar kucing tak mudah terserang penyakit dari MyPets. Semoga bermanfaat!