Alasan Kucing Tidak Boleh Mengkonsumsi Pisang

Alasan Kucing Tidak Boleh Mengkonsumsi Pisang
kucing tidak boleh mengkonsumsi pisang

Sebagai pemilik, kamu harus memberi makanan kucing dengan gizi yang seimbang serta mengandung protein hewani. Hal ini dikarenakan kucing adalah karnivora sejati. Di sisi lain, hindarilah memberi kucing peliharaan dengan kaya pengawet dan beberapa buah seperti buah pisang. Memang, apa alasannya? Berikut adalah beberapa alasan kucing tidak boleh mengkonsumsi pisang.

Untuk beberapa orang, merawat kucing merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Mulai ketika melatih, memberi perhatian, sampai kasih sayang yang dibutuhkan supaya kucing kesayangan merasa begitu nyaman. Tak hanya itu saja, sebaiknya kamu juga harus tahu berbagai macam makanan yang disukai ataupun tak disukai kucing.

Alasan Kucing Tidak Boleh Mengkonsumsi Pisang

Siapa yang tak suka makan buah pisang? Tentu saja pisang adalah buah yang sangat gampang ditemukan dengan rasa manis. Hal itu membuat banyak orang menyukai buah yang satu ini. Bahkan pisang adalah buah yang paling pas untuk manusia ketika melakukan program diet.

Tidak hanya manusia saja, pisang jadi makanan kesukaan beberapa binatang. Monyet adalah salah satunya. Akan tetapi, baiknya jangan asal-asalan memberi pisang kepada kucing. Meski buah satu ini tak terlalu berbahaya bagi kucing, namun pisang tak direomendasikan untuk dijadikan sebagai makanan kucing peliharaan.

Hal itu dikarenakan kucing adalah binatang karnivora. Kondisi tersebut membuat mereka memerlukan kebutuhan protein hewani lebih tinggi ketimbang binatang peliharaan lain. Dengan memberi pisang kepada kucing, binatang peliharaan kamu tak akan mendapat cukup gizi. Selain itu juga, sistem pencernaannya kurang tepat dengan pola hidup nabati.

Kalau terus-terusan diberikan pada kucing, maka pisang akan mengakibatkan masalah kesehatan di pencernaan kucing kesayangan. Mulai dari diare, obesitas, hingga diabetes. Hal itu dikarenakan pisang mempunyai kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi untuk kucing.

Kucing adalah hewan yang tak terlalu gemar mengkonsumsi makanan manis. Indera perasa mereka bahkan sedikit berbeda daripada indera perasa milik manusia. Meski kucing bisa mendeteksi rasa gurih, asam, asin, dan pahit, namun mereka tidak bia merasakan makanan manis. Maka dari itu, tak ada salahnya berikan makanan yang pas bagi kucing supaya kondisi kesehatannya selalu terjaga.

Tapi, kalau kucing mengalami sejumlah masalah pada pencernaan, misalnya muntah atau diare, tak ada salahnya untuk menghubungi dokter hewan.

Pilih Makanan Paling Tepat bagi Kucing Peliharaan

Baiknya kamu jangan asal memberi makanan bagi kucing peliharaan. Hal ini dikarenakan kucing adalah hewan karnivora, baiknya hindarilah menu vegetarian bagi kucing. Ada berbagai gizi dan nutrisi yang harus kamu peuhi ketika memberi makanan pada kucing kesayanganmu. Diantaranya adalah:

  • Kandungan air
  • Mineral
  • Vitamin
  • Asam lemak
  • Asam amino seperti arginin dan taurin
  • Protein yang asalnya dari daging atau ikan.

Meski mayoritas kucing sangat suka makan ikan, namun jangan beri ikan pada setiap hari di makanannya, sebab asam lemak yang terkandung dalam ikan begitu tinggi. Memberikan ikan setiap hari akan meningkatkan resiko kucing terkena kondisi seperti kekurangan vitamin E.

Itulah beberapa alasan kucing tidak boleh mengkonsumsi pisang. Oleh karena itu, berikanlah makanan dengan menu beragam pada tiap harinya supaya kucing peliharaan kamu selalu terjaga kesehatannya.

Selain makanan, kamu juga perlu memperhatikan frekuensi dan porsi makanan kucing. Pastikan bahwa frekuensi dan porsi makanannya tepat dengan umur kucing sehingga dia tak mengalami kelebihan ataupun kekurangan makanan yang membahayakan bagi kesehatannya.