Kenali Bahaya dan Amankah Gigitan Kucing Pada Manusia

Kenali Bahaya dan Amankah Gigitan Kucing Pada Manusia
amankah gigitan kucing

Hewan peliharaan seperti kucing sangat mungkin menggigit majikannya di rumah. Meskipun sangat lucu dan menggemaskan, gigitan kucing ternyata perlu diwaspadai. Lalu, amankah gigitan kucing? Selain bisa menyebabkan cedera, gigitan kucing ternyata juga bisa menyebabkan infeksi. Misalnya adalah pembengkakan pada kulit yang digigit oleh kucing. Khususnya bagi pemula bertanya tentang amankah gigitan kucing pada manusia?

Kasus digigit kucing memang bukan hal yang langka. Kucing memang dikenal sebagai hewan yang tenang, namun hewan kesayangan ini juga bisa menggigit tiba-tiba. Gigitan kucing yang hanya berupa goresan di permukaan kulit mungkin tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Lantas, bagaimana jika gigitan tersebut meninggalkan bekas luka? Amankah gigitan kucing tersebut?

Amankah Gigitan Kucing Pada Kita? Kenali Beberapa Bahayanya

Perlu diketahui bahwa gigitan kucing bisa berbahaya untuk manusia maupun hewan lainnya. Kucing ternyata memiliki sejumlah bakteri di mulutnya yang bisa mengakibatkan infeksi pada luka bekas gigitan. Nah, salah satu jenis bakteri tersebut adalah Pasteurella multocida yang dikenal sangat patogen.

Biasanya, luka bekas gigitan kucing yang mengalami infeksi akan menjadi merah, bengkak, hingga terasa nyeri. Luka infeksi tersebut kemudian dapat menyebar melalui jaringan yang ada di sekitarnya. Hal ini menyebabkan kondisi selulitis atau penyebaran melalui darah ke area tubuh lainnya. Selanjutnya, hal ini mengakibatkan terjadinya kondisi peracunan darah atau septikemia.

Seseorang yang mengalami infeksi akibat gigitan kucing biasanya akan mengalami gejala mirip flu dan juga demam. Meski jarang sekali terjadi, ada pula pasien yang meninggal jika terlambat mendapatkan perawatan medis yang tepat. Oleh karena itu, pertolongan pertama sangat dibutuhkan jika mengalami gigitan kucing yang cukup parah. Lalu, bagaimana pertolongan pertama setelah digigit kucing?

Pertolongan Pertama Setelah Digigit Kucing

Luka akibat digigit kucing sebaiknya jangan diabaikan begitu saja. Pasalnya, kita tidak tahu amankah gigitan kucing tersebut atau justru berpotensi infeksi. Gigitan hewan memang sangat rentan menyebabkan infeksi, terutama jika terjadi di tangan. Pasalnya, pada area ini infeksi lebih sulit dilawan dibandingkan pada bagian tubuh lainnya. Nah, berikut ini adalah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gigitan kucing.

  1. Bersihkan area bekas gigitan kucing

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi luka digigit kucing adalah membersihkan area kulit yang terkena gigitan tersebut. Bersihkan secara menyeluruh menggunakan sabun dan juga air mengalir. Tekan luka secara perlahan dengan kain bersih atau handuk untuk menghentikan perdarahan.

  1. Oleskan krim antibiotik

Untuk memastikan bahwa tidak ada bakteri yang masuk dan berkembangbiak di dalam tubuh, segera oleskan krim antibiotik di area bekas gigitan kucing tersebut. Krim antibiotik bisa didapatkan di apotek. Namun, perlu konsultasi dengan dokter mengenai penggunaan pada ibu hamil maupun bayi.

  1. Balut luka dengan perban

Setelah diolesi krim antibiotik, segera balut luka tersebut menggunakan perban. Pastikan Anda menggunakan perban yang bersih atau steril. Tujuannya adalah supaya luka tersebut tetap terjaga kebersihannya agar terhindar dari terjadinya infeksi.

  1. Angkat tubuh yang terluka setinggi jantung

Jika luka bekas gigitan kucing sudah diperban dengan benar, selanjutnya angkatlah bagian tubuh yang terluka tersebut setinggi jantung. Mengapa hal ini dilakukan? Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya pembengkakan lebih lanjut. Cara ini juga sangat membantu untuk terhindar dari terjadinya infeksi.

  1. Cari bantuan medis

Setelah pertolongan pertama dilakukan, sangat disarankan untuk segera mencari bantuan medis. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui amankah gigitan kucing tersebut. Dokter akan memeriksa kemungkinan terjadinya infeksi atau tidak. Dengan begitu, maka dokter bisa memberikan penanganan lebih lanjut jika luka tersebut rentan mengalami infeksi.

Itulah pertolongan pertama yang perlu dilakukan jika mengalami gigitan kucing. Jika mengalami beberapa gejala seperti pembengkakan dan peradangan di area gigitan tersebut, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Pengobatan yang diberikan oleh tim dokter tergantung dari seberapa parah luka gigitan kucing tersebut.