Anjing Belgian Malinois Lebih Atraktif Jika Dilatih

Anjing Belgian Malinois Lebih Atraktif Jika Dilatih
Anjing Belgian malinois

Belgian Malinois meruapakan salah satu ras anjing gembala yang memiliki sifat cerdas, loyal serta berbadan besar. Anjing Belgian malinois terkenal memiliki keberanian serta kepercayaan diri, sehingga banyak digunakan oleh polisi untuk menyelamatkan nyawa orang hingga memerangi kejahatan.

Meskipun pada umumnya Belgian Malanois bukanlah anjing yang cocok untuk peliharaan pribadi karena sifatnya yang terkenal ganas. Namun bagi kamu yang bisa memberikan banyak waktu dan perhatian, mereka bisa saja menjadi hewan peliharaan yang sempurna.

Trik Melatih Anjing Belgian Malinois Agar Jinak

  • Sosialisasikan anjing mulai usia muda

Ketika anak anjing memasuki usia 4 hingga 18 minggu, cobalah untuk mensosialisasikannya agar lebih mengenal keadaan sekitar. Kamu bisa memperkenalkannya dengan orang serta tempat agar ia paham jika hal tersebut adalah bagian dari kehidupannya. Anda bisa mengajak anjing jalan-jalan keluar agar terbiasa bertemu banyak orang, misalnya ke taman. Dengan begitu anjing tidak akan merasa terancam ketika bertemu dengan orang-orang baru.

  • Luangkan waktu bermain dengan anjing

Salah satu hal penting yang dapat membangun hubungan kamu dengan anjing adalah dengan mengajaknya bermain. Belgian malionis merupakan ras yang suka menghabiskan waktu bersama dengan pemiliknya dan penuh kasih sayang. Sehingga anda perlu mengajaknya bermain secara rutin selagi usianya masih muda. Setidaknya untuk anjing keccil luangkan waktu bermain bersama sekitar 30 menit.

  • Selalu bersikap lembut pada anjing

Ketika membangun hubungan dengan anjing, kamu juga tidak boleh marah atau bersikap kasar padanya. Biasanya ras Belgian malionis tidak akan merespon teknik latihan yang agresif dari pemilinya. Oleh karena itu, selagi masih kecil hindari memperlakukan anjing dengan cara yang kasar. Dengan begitu anjing akan selalu percaya dan antusias pada perintah kamu.

  • Mulai latih anjing saat usia 8 minggu

Dengan mengajarkan anjing beberapa perintah sejak dini, maka akan membantu mencegahnya belajar pada kebiasaan buruk. Meskipun hasil pengajaran yang diberikan kepada anjing muda belumlah sempurna, setidaknya hal tersebut bisa menjadi fondasi awal. Katakan ‘diam’, ‘datang’, dan ‘duduk’ untuk mencegah anjing agar tidak melakukan hal-hal yang buruk. Latihan sejak dini akan menjadi kuci dalam mengembangkan kepribadian Belgian malinois yang menyenangkan.

  • Terapkan teknik berbasis imbalan

Ketika anjing melakukan hal-hal positif, cobalah untuk memberinya reward atau imbalan seperti camilan atau pujian. Berikan pujian dengan mengelusnya lembut saat ia memahami perintah,  atau berikan makanan sesegera mungkin. Dengan dorongan positif ni, anjing akan lebih menurut dan cenderung melakukan hal-hal yang menyenangkan.

  • Ajarkan anjing untuk duduk

Untuk mengajarkan perintah duduk, tunggulah sampi anjing benar-benar duduk secara alami, lalu katakan ‘duduk’. Jika anjing segera tanggap terhadap perintah yang kamu berikan, jangan lupa untuk member reward seperti di atas. Jika belum, lakukanlah latihan ini dengan cara bertahap agar anjing benar-benar paham.

Harus Menyesuaikan Dengan Sesi Latihan

Ketika Belgian malinois masih berusia anak-anak, panjang sesi latihan yang disarankan adalah 10 menit. Kemudian, seiring tumbuhnya anjing kamu dapat menambah sesi latihan secara bertahap mulai dari 30 sampai 60 menit. Lazimnya Belgian malinois senang mengahbiskan waktu dengan pemiliknya, sehingga ia akan mau melakukan beberapa sesi latihan untuk setiap harinya.

Perlu diperhatikan jika untuk melatih Anjing Belgian malanois ini membutuhkan waktu yang rutin. Kamu harus melatihnya secara menyeluruh dengan memberikannya sesuatu agar dapat dilakukan setiap hari. Sebab jika dibiarkan begitu saja, anjing ini akan lebih agresif terhadap orang lain serta akan berperilaku buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*