Anjing Bullmastiff, Kenali Ciri dan Karakteristik Anjing Super Garang Ini

Anjing Bullmastiff, Kenali Ciri dan Karakteristik Anjing Super Garang Ini
Anjing Bullmastiff

Anjing Bullmastiff adalah anjing penjaga dan sejarahnya dibesarkan dari gamekeepers Inggris guna menjaga perkebunan feodal. Bukti memperlihatkan bahwa kemungkinan Bullmastiff adalah hasil silangan antara Bulldog dan Mastiff sehingga menutupi kekurangan dari kedua ras tersebut. Bullmastiff merupakan anjing pemberani dan berotot, kemudian dia juga anjing yang setia dan penuh kasih kepada majikan.

Beberapa Info Lengkap Tentang Anjing Bullmastiff

  • Sejarah

Meski Mastiff merupakan salah satu dari ras paling tua di Inggris, namun keturunannya, yakni Bullmastiff mungkin adalah hasil perkembangan baru. Sejarah Bullmastif yang sudah terdokumentasi dimulang jelang akhir abad ke-19, saat perburuan liar yang terjadi di perkebunan menjadi masalah sampai nyawa penjaga binatang disebut akan punah.

Mereka memerlukan anjing yang tangguh, pemberani, serta bisa dilatih untuk menunggu dengan tenang, namun Mastiff tak terlalu cepat, serta Bulldog kurang besar. Hingga akhirnya kedua ras tersebut disilangkan dengan usaha membuat seekor anjing sempurna. Warna yang digemari ialah belang gelap, sebab bisa memudar pada malam hari.

  • Nutrisi Makanan

Sebagian besar pemelihara Bullmastiff memberikan saran saat memberikan makanan harus makanan anjing ras besar ataupun anjing dewasa bagi anak anjing demi memastikan pertumbuhannya yang stabil. Sedikit cemilan, serta 2 kali makan tiap hari menjadi rutinitas yang bagus bagi Bullmastif dewasa, jadi dia tak usah mencerna terlalu banyak makanan tiap kali makan.

Sebab resiko kembung, olahraga sesaat pasca atau sebelum makan tak dianjurkan. Bullmastif harus selalu ramping, khususnya ketika masih kecil, sebab mereka akan tumbuh begitu cepat.

  • Perawatan

Mungkin saja kerontokan musian dapat terjadi, namun bila dia mengalami kerontokan yang tak biasa, bisa dikonsultasikan pada dokter hewan. Metode makan yang seimbang serta lingkungan yang sehat penting sekali bagi kesehatan bulunya. Kulit serta bulu perlu diperhatikan demi memastikan jika kekeringan ataupun sifat berminyak tak menjadi masalah yang berlarut. Hal ini bisa berkaitan dengan diet, atau juga kadang alergi.

Anjing Ini Sangat Suka Diajak Mainan dan Latihan

Bullmastif sangat menikmati latihan harian, mungkin beberapa terlihat santai, sedangkan lainnya secara alamiah akan aktif, namun olahraga ringan harus dilakukan. Bermain diluar ruangan atau jalan cepat merupakan kesukan ras yang satu ini, meski pagar yang aman merupakan sebuah keharusan jika berada diluar ruangan.

Pemagaran akan penting demi memastikan jika Bullmastif berada didalam kandang secara aman sehingga orang asing serta hewan asing tak akan mengganggu daerah kekuasaan Bullmastiff.

Anak anjing tak boleh melakukan latihan secara berlebih, khususnya selama masa pertumbuhan. Bullmastiff bukan jenis yang cocok bagi orang yang menginginkan anjing peliharaannya jadi pendamping ketika berlari, tapi mereka merupakan rekan berjalan yang bagus.

  • Pelatihan

Sosialisasi awal dan pelatihan penting sekali bagi anak Bullmastiff, ras yang satu ini bisa saja begitu keras kepala. Rutinitas dan aturan perlu ditekankan sedari awal serta harus ditaati ketika Bullmastif tumbuh.

Banyak juga peternak akan menyarankan pemilik baru guna mendaftar pada kelas anak anjing demi memastikan jika anak anjing bisa bersosialisasi bersama anjing lainnya dan si majikan mempunyai akses kepada bantuan pelatihan dan berbagai informasi. Bullmastif bisa unggul dari segi kepatuhan, kelincahan, reli, pelacakan, hingga penciuman.

Itulah beberapa informasi yang perlu kalian ketahui tentang anjing Bullmastif ini. Semoga ulasan diatas bisa menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Semoga Bemanfaat!