Anjing Pitbull Galak? Ini Cara Melatih Agar Pitbull Tidak Garang

Anjing Pitbull Galak? Ini Cara Melatih Agar Pitbull Tidak Garang
anjing pitbull

Anjing Pitbull adalah salah satu jenis anjing yang terlihat sangat galak dan mengerikan. Ya, wajahnya yang sangar, badannya berotot, dan gonggongannya yang besar membuat banyak orang takut. Apalagi banyak kasus anjing ini melukai bahkan membuat orang kehilangan nyawa. Tapi, bagi kamu yang tetap menyukainya bisa membuat nama anjing pitbull menjadi lebih jinak loh…

Cara Melatih Anjing Pitbull Agar Tidak Galak

Walaupun image di masyarakat sangat buruk, tapi anjing yang satu ini sebenarnya punya hati yang setia dan baik. Asal kamu melatihnya dengan baik dan memberikan kasih sayang maka anjing ini bisa berteman dengan baik. Ingin tahu bagaimana cara melatih anjing pitbull agar tidak galak? Inilah caranya:

  1. Mulai Latih Anjing Sejak Kecil Secara Teratur

Cara yang pertama dan yang paling mendasar adalah latih anjing sejak kecil, dengan melatihnya secara teratur dari kecil maka ia akan mengingatnya dengan baik. Ya, mereka yang masih kecil belum memiliki karakter yang kuat sehingga mudah dibentuk.

Berbeda dengan anjing yang sudah dewasa, mereka sudah memiliki karakter yang kuat sehingga sangat sulit dilatih. Kendati bisa pun anjing ini masih memiliki sifat-sifat dasar yang ia dapatkan di waktu kecil.

Oleh karena itu, jika kamu ingin memelihara anjing yang satu ini sebaiknya beli atau adopsi saat masih kecil ya. Mereka akan lebih nurut ketika diajari dan dilatih sehingga besarnya lebih ramah.

  1. Selalu Buat Suasana Latihan Selalu Menyenangkan

Salah satu penyebab anjing ras pitbull menyerang manusia adalah karena ia merasa stres. Kemungkinan besar anjing yang menyerang karena mereka merasa kurang kasih sayang, sering diberikan kekerasan, dan tekanan lainnya.

Oleh karena itu, berikan cinta kamu kepadanya dengan sepenuhnya. Buat momen latihan selalu menyenangkan agar anjing juga selalu ramah kepada tuannya. Kamu bisa melakukan sesi latihan di tempat terbuka agar ia bisa lari ke sana kemari dengan lebih leluasa.

Berikan apresiasi berupa makanan agar ia juga makin bahagia. Kamu juga bisa mengajak bermain bersama dengan teman yang juga punya anjing pitbull loh. Dengan ini, mereka akan mengenal teman dan lebih bahagia.

Ajak Main dan Jangan Sampai Merasa Bosan Si Pitbull

Sebaiknya untuk melatih anjing yang memiliki temperamen cukup kuat ini adalah dibiasakan untuk bertemu dengan orang. Mulailah dengan mengenalkannya dengan keluarga di rumah dan jangan hanya kamu saja yang mengajaknya bermain.

Buat mereka mengenal anggota keluarga di rumah agar ia menganggap semuanya sebagai tuannya. Dengan ini, saat kamu pergi mereka tidak akan merasa kesepian karena ada anggota lain di sana.

Selanjutnya, kamu bisa mengajaknya berjalan-jalan keluar untuk mengenal beberapa orang di sekitar rumah. Cara ini akan membiasakan anjing untuk ramah kepada warga sekitar dan tidak menyerangnya.

Yang paling penting dalam menciptakan suasana hati yang baik adalah buat latihan lebih beragam. Ketika ia sudah mulai bisa satu gerakan maka latihlah lagi gerakan yang lain. Dengan ini mereka tidak akan bosan dan tidak stres.

Itu dia beberapa hal yang perlu diketahui dalam melatih anjing Pitbull agar tidak galak dan menyerang manusia. Dengan latihan ini maka anjing akan menjadi lebih ramah dan menyenangkan. Sebab, pada dasarnya anjing yang satu ini sangat setia kepada tuannya. Dengan latihan ini maka image galak dan menakutkan akan berangsur-angur menghilang.