Bulu Seputih Awan, Ini Dia Karakteristik Anjing Samoyed

Bulu Seputih Awan, Ini Dia Karakteristik Anjing Samoyed

Apabila anda membandingkan anjing Samoyed dengan ras anjing lainnya, maka Anda pasti mendapati fakta bahwa ras anjing satu ini bisa dikatakan tidak cukup terkenal. Tapi, tahukah Anda jika sebenarnya anjing ras ini tidak kalah menggemaskan untuk dijadikan anjing peliharaan? Nah, agar minat Anda semakin bertambah dalam memelihara anjing ini, yuk simak ulasan menarik tentang karakteristik ras Samoyed di artikel di bawah ini.

Karakteristik Anjing Samoyed Perlu Kalian Ketahui

Memiliki ciri khas yang sangat menonjol yakni berupa bulu putih nan panjangnya, anjing ini rupanya juga memiliki beberapa karakteristik unik. Tentu saja, karakteristik ini bisa Anda jadikan pembeda antara Samoyed dengan ras anjing lainnya. Lalu, kira-kira apa saja ya karakteristiknya?

  1. Aktif Setiap Hari

Pertama, karakteristik yang bisa Anda temui dari anjing satu ini adalah sikapnya yang aktif. Bisa dikatakan, Samoyed merupakan salah satu jenis anjing berkarakter ekstrovert. Artinya, anjing ini sangat menyukai berada di sekeliling manusia dan gemar diajak bercanda. Tidak hanya itu, karakter ekstrovertnya membuat anjing satu ini aktif, berenergi tinggi, dan dapat dilatih dengan cepat.

  1. Bulu Tebal

Kedua, karakteristik yang bisa Anda temui dari anjing satu ini adalah bulunya yang tebal dan padat. Berasal dari Siberia, memang wajar jika Samoyed juga memiliki ciri fisik layaknya anjing yang habitatnya di lingkungan bersuhu dingin. Sebut saja bulu ganda dan tebal, warna putih, dan bulu lembut di bagian bawah tubuh guna menjaga suhu si anjing tetap hangat.

  1. Mempunyai Penyakit Genetik

Sayangnya, Anda harus benar-benar teliti dalam menjaga kesehatan Samoyed jika Anda bermaksud memelihara anjing satu ini. Pasalnya, anjing ini mempunyai penyakit bernama Glomerulopati herediter yang diturunkan genetik dimana nantinya dapat menyebabkan sakit ginjal. Tentunya jika tidak ditangani dengan baik, maka si anjing yang terkena penyakit turunan ini dapat meninggal akibat gagal ginjal.

  1. Dapat Hidup Hingga 13 Tahun

Terakhir, karakteristik yang bisa Anda temui dari anjing satu ini adalah umurnya yang bisa mencapai usia 13 tahun. Memang anjing ini mempunyai penyakit turunan, namun usia panjang bukan tidak mungkin jika Anda mampu merawatnya dengan baik.

Fakta Unik Anjing Dengan Bulu Seputih Salju Ini

Selain karakteristik uniknya, ada beberapa fakta yang bisa Anda temukan ketika ingin memelihara anjing ras Samoyed, yakni :

  1. Awal Dibiakkan untuk Anjing Gembala

Fakta pertama adalah pada awal mulanya, anjing ras Samoyed ini dibiakkan untuk dijadikan anjing gembala. Bahkan, Samoyed juga dulunya kerap digunakan untuk menarik kereta luncur dan diajak berburu para orang-orang Samoyed yang tinggal di barat laut Siberia.

  1. Dijuluki “the Smiley Dog”

Kedua, fakta yang bisa Anda temukan dari anjing ini adalah sifatnya yang periang, ramah, dan aktif. Alhasil, Samoyed kerap kali dijuluki sebagai anjing yang tersenyum atau bahasa kerennya ‘the smiley dog’.

  1. Bisa Menderita Obesitas

Sama seperti penyakit turunannya, Samoyed juga bisa menjadi sangat obesitas jika Anda tidak menjaga asupan gizi dari si peliharaan. Ketika anjing ini sudah menderita kegemukan, maka bukan tidak mungkin ia akan menjadi sangat malas, susah bergerak, dan hanya ingin tiduran saja.

  1. Tidak Cocok Jadi Anjing Penjaga

Terakhir, fakta menarik dari Samoyed adalah meski ia sangat menyenangkan dijadikan anjing peliharaan, tapi pada kenyataannya anjing jenis ini tidak cocok dijadikan untuk anjing penjaga. Hal ini karena sifat alami dari anjing ini sendiri adalah mudah akrab dengan orang asing. Alhasil ketika ada orang asing masuk ke kediaman Anda, anjing ini bisa kurang agresif dan tidak memberi alarm tanda bahaya.

Demikian ulasan mengenai beberapa karakteristik dan juga fakta unik dari anjing Samoyed. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.