Anjing Seringkali Menguap, Mungkinkah Tanda Mengantuk?

Anjing Seringkali Menguap, Mungkinkah Tanda Mengantuk?
Anjing Seringkali Menguap

Untuk kalian yang memiliki anjing kesayangan, tentunya kalian pernah melihat dia menguap, bukan? Ya, tak hanya manusia yang menguap ketika tengah mengantuk, anjing pun bahkan juga dapat menguap serta membuka mulut secara lebar. Anjing seringkali menguap apakah pertanda bahwa dia sedang mengantuk? Berikut adalah penjelasannya.

Kenapa Anjing Sering Menguap?

Alasan kenapa manusia serta hewan, misalnya anjing, menguap ketika mengantuk hingga saat ini belum diketahui. Dulunya, muncul anggapan jika manusia menguap adalah cara kembali mengisi suplai oksigen menuju otak. Tapi, penelitian hingga kini belum menemukan bukti konkret.

Menguap belum terbukti mampu menyegarkan otak. Kemudian, karena sering terjadi dalam ruangan yang hangat, aktivitas menguap pun dipercaya dapat berakibat kepada pendinginan otak. Tapi, hal tersebut masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

Meski demikian, anjing yang menguap tidak hanya dilakukan lantaran dia mengantuk saja. Kadang, menguap dapat jadi salah satu komunikasi mereka. Dibawah ini adalah penyebab kenapa anjing kerap menguap.

Anjing Seringkali Menguap Benarkah Tanda Dia Mengantuk?

  • Menenangkan Diri

Menangkan diri bisa juga menjadi penyebab kenapa anjing sering menguap. Mereka kebiasaan menguap demi menghilangkan perasaan tidak aman. Contohnya, jika hewan lain tengah mendekati anjing, mungkin dia bakal menguap dan mengalihkan pandangannya. Ini merupakan cara anjing peliharaan guna mengungkapkan jika sebetulnya dia merasa cemas atau terancam, namun dia tak akan menyerang.

Mungkin anjing juga akan menguap berulang-ulang ketika sedang menunggu didalam tempat praktek dokter hewan sebagai caranya untuk menenangkan diri sebab dia merasa cemas. Terkadang, anjing akan menguap guna menenangkan diri sendiri kepada sesuatu hal yang menyenangkan, misalnya jalan-jalan. Hal ini merupakan cara mengendalikan rasa antusiasmenya.

  • Stres

Kebanyakan ahli perilaku hewan dan pelatih seringkali menyarankan pemilik anjing untuk memperhatikan gejala stres, salah satu gejalanya ialah seringnya menguap. Ini merupakan formasi akurat, sebab nampaknya anjing sering menguap ketika sedang cemas.

Contohnya, ketika proses pelatihan kepatuhan, mungkin anjing akan menguap guna memperlihatkan stres serta mengatakan mereka perlu istirahat. Atau saat kalian tengah mengajaknya berjalan, kemudian berhenti untuk mengobrol bersama teman, mungkin kalian akan melihat anjingmu menguap.

  • Menguap Karena Menular

Pernahkah kalian mendadak ingin menguap ketika melihat temanmu menguap? Nah, fenomena menguap menular adalah hal menarik, dan tak hanya terjadi kepada manusia saja, bahkan menguap yang menular juga terjadi kepada anjing.

Mereka akan menguap sebagai tanggapan saat menyaksikan anjing lainnya menguap ataupun melihat manusia sedang menguap, jika itu merupakan manusia yang dia kenal. Banyak juga orang yang mempercayai jika ini merupakan perilaku anjing berempati baik pada manusia ataupun sesama anjing.

  • Tidak Perduli

Menguap bisa juga menjadi cara anjing mengungkapkan jika mereka tidak perduli. Seringnya, saat seekor anjing sedang didekati oleh hewan lain yang terlalu agresif, maka dia akan menguap sebagai bentuk respon pada hewan tersebut. Hal ini menandakan jika anjing menguap tak tertarik terlibat kedalam konflik apapun. Akan tetapi, menguap tidak berarti mereka akan menyerah, namun tanda berdamai.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anjing Flu Berat Sampai Sembuh Total

Menguap seringkali dilakukan anjing serta serigala yang dominan. Saat mereka dihadapkan dengan kelompoknya yang penakut atau penurut. Mereka bakal sering menguap untuk memperlihatkan bahwa mereka tidak perdulu kepada si penurut tersebut.

Demikian beberapa  alasan kenapa anjing seringkali menguap. Sebetulnya tidak akan menjadi masalah jika anjing kesayanganmu sering melakukan aktivitas tersebut.Tapi, perhatikan kondisi dan situasi saat mereka sering melakukannya, sebab boleh jadi itu merupakan cara mereka mengkomunikasikan sesuatu.