Anjing Sesak Nafas? Jangan Panik Begini Cara Mengatasinya

Anjing Sesak Nafas? Jangan Panik Begini Cara Mengatasinya
anjing sesak nafas

Walaupun hanya hewan, nyatanya anjing juga sering mengalami berbagai penyakit seperti manusia salah satunya yaitu sesak nafas. Saat anjing sesak nafas pasti kamu akan bingung bagaimana cara mengatasinya bukan?

Cara Mengatasi Anjing Sesak Nafas

Kebetulan sekali karena kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi anjing sesak nafas dengan mudah. Inilah daftar lengkapnya:

  1. Gunakan Oksigen untuk Memberi Rangsangan Pernafasan

Pertama, kamu harus siap oksigen setiap saat. Ya, oksigen bisa memberikan pertolongan pertama bagi anjing yang sesak nafas. Saat anjing lemas dan tak berdaya langsung berikan oksigen ke hidungnya.

Tak perlu membeli oksigen yang besar, belilah yang kecil sebagai persediaan di rumah. Tapi, jika kamu tidak punya persediaan dan keadaan anjing makin parah segera larikan ke klinik terdekat.

Selain itu, ketika anjing sudah merasa lebih sehat setelah diberikan oksigen maka cepat-cepat bawa ke klinik. Hal ini untuk memastikan kondisi anjing agar mudah untuk menegakkan diagnosa. Jika diagnosanya sudah benar maka dokter akan memberikan obat-obatan yang tepat.

  1. Jika Sudah Pasti Memiliki Asma Segera Berikan Inhaler

Nah, jika sudah pasti diagnosanya misal asma maka kamu akan dibekali obat-obatan baik itu untuk sehari-hari atau dalam keadaan darurat. Biasanya kamu juga akan dibekali inhaler ketika anjing tiba-tiba sesak nafas di saat-saat tertentu.

Inhaler sudah berisi obat-obatan yang sangat berguna untuk melemaskan otot tenggorokan dan berbagai organ di sistem pernafasannya. Dengan ini maka anjing akan segera bisa bernafas dengan baik.

  1. Berikan Sentuhan yang Membuat Anjing Merasa Nyaman

Saat susah bernafas dan harus menggunakan pertolongan oksigen atau inhaler, kamu harus ada di dekatnya. Berikan dukungan psikis menggunakan sentuhan yang membuatnya nyaman.

Temani anjing dan berikan kasih sayang yang penuh untuknya. Dengan cara ini, anjing akan merasa dicintai dan semangatnya untuk sembuh akan lebih besar. Selain itu, sentuhan ini akan merelaksasikan otot-ototnya tak terkecuali untuk sistem pernafasannya,

  1. Ajak Anjing Anda Jalan-jalan di Pagi Hari

Jika anjing sudah baikkan, ajaklah untuk jalan-jalan di pagi hari sekitar pukul 7 hingga pukul 10. Tak perlu lama-lama yang penting anjing terkena sinar matahari pagi. Ajaklah berjalan sambil berjemur.

Panasnya sinar matahari akan membunuh bakteri atau virus yang bisa jadi penyebab susah bernafas pada anjing. Lakukan ini secara teratur agar kendala ini bisa cepat sembuh.

Sterilkan Kandang Dan Sering Dimandikan

Berikutnya adalah perhatikan kebersihan kandang. Kamu harus membersihkannya secara teratur karena jika tidak bisa menjadi sarang bakteri atau virus. Jika hal ini terus menerus terjadi maka akan membuat anjing merasa sakit.

Kamu bisa mensterilkannya dengan menggunakan cairan klorin atau menggunakan larutan alkohol. Sterilkan minimal 1 kali dalam seminggu jika anjing terus menerus memperlihatkan gejala sesak nafas.

Mandikan dengan Teratur

Tak hanya kebersihan kandang saja, kamu juga harus memandikannya secara teratur. Gunakan air hangat untuk memandikannya dan gunakan sampo khusus anjing.

Mandikan pada saat pagi hari, keringkan dengan menggunakan hair dryer hangat. Kamu bisa menambahkan penghangat ruangan dalam kandang agar anjing tidak merasa kedinginan.

Nah, itulah cara mengatasi anjing sesak nafas yang mudah dilakukan. Dengan cara ini maka anjing lebih sehat dan ceria kembali. Apabila anjing kamu belum terdiagnosis penyakit sebaiknya segera bawa ke klinik untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Incoming search terms:

  • anjing yg mengalami sesak pernapasan