Area Tubuh Anjing yang Sering Diserang Kutu

Area Tubuh Anjing yang Sering Diserang Kutu
anjing yang sering diserang kutu

Memasuki musim dingin tentu saja akan membuat lingkup rumah jadi semakin lembap. Untuk pemilik anjing, baiknya selalu waspada untuk menjaga kesehatan anjing peliharaan. Rajin melakukan perawatan pada kulit dan bulu atau grooming anjing jadi sejumlah cara yang dapat dilakukan agar bisa menghindari serangan kutu. Berikut adalah beberapa area tubuh anjing yang sering diserang kutu.

Kutu bisa menjadi masalah yang lumayan merepotkan untuk pemilik anjing. Ini adalah parasit yang hidup di anjing dengan cara menghisap darah. Tak hanya itu saja, kutu yang selalu dibiarkan bisa memicu beberapa masalah kesehatan. Maka dari itu, kamu sebagai pemilik harus mengetahui sejumlah daerah tubuh yang rentan terserang kutu supaya kondisinya dapat segera teratasi.

Area Tubuh Anjing yang Sering Diserang Kutu

√ 10+ Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami (AMPUH!)

Kamu perlu memperhatikan tiap perubahan yang muncul dalam perilaku anjing. Terlebih kalau anjing sering menggigit atau menggaruk sejumlah area tubuhnya. Kondisi itu dapat menjadi pertanda munculnya kutu dalam tubuh anjing kesayangan.

Kutu tak hanya akan menghisao darah, kalau dibiarkan kutu akan mengakibatkan beberapa masalah kesehatan. Salah satunya ialah kondisi iritasi kulit yang sanggup memicu infeksi. Oleh karenanya, perhatikan sejumlah daerah anjing yang sering diserang kutu berikut supaya kamu bisa mewaspadai.

  • Kelopak Mata

Kutu banyak yang berada di area kelopak mata. Tapi, sebelum menghilangkan kutu tersebut, pastikan itu bukan bagian dari kulit anjing. Kutu bakal membesat saat ada di kelopak mata dengan jangka waktu lumayan lama. Selain itu juga, kutu mempunyai warna kecokelatan dan juga kaki.

  • Area Bawah Kaki

Area kaki belakang, siku, dan ketiak anjing jadi daerah lain yang sering dijadikan sebagai lokasi perkembangbiakan kutu. Akan tetapi, di area ini, rambut anjing tak terlalu banyak sehingga lebih mudah menemukan lalu menyingkirkan kutu yang hidup di tubuh anjing peliharaan.

  • Sela-Sela Jari

Jari kaki binatang jadi area yang paling mudah diserang kutu. Jari kaki jadi area yang sangat rentan digigit parasit satu ini. Kamu bisa memeriksa lebih rinci area jari kaki ketika kamu sedang memandikannya.

Pastikan juga kamu memeriksa bagian jari kaki anjing sampai yang paling atas secara bagik. Rentangkanlah jari kaki anjing secara lembut lalu periksa kukunya dengan perlahan agar bisa memastikan tak ada parasit yang berada di area ini.

  • Bagian Genital Hewan

Kalau anjing peliharaanmu sering bermain diluar, jangan sampai lupa membersihkan bagian genital ataupun selangkangan pasca bermain. Area tubuh ini sering jadi lokasi menetap bagi kutu sebab tergolong lembab dan juga jarang terlihat manusia. Kutu yang berada di daerah selangkangan bisa menjalar sampai ke area bokong.

  • Bawah Ekor

Selain area genital, perhatikan secara lebih detail area bawah ekor anjing. Daerah ini juga seringkali jadi tepat yang sangat nyaman bagi kutu lantaran kondisinya yang lembap. Selain itu juga, kutu akan menetap di area pangkal ekor.

  • Daerah Leher

Leher adalah bagian anjing yang sering tertutup oleh pakaian atau tali anjing. oleh sebab itu, parasit akan lebih sulit digaruk ataupun dihilangkan secara alami.

Daerah leher jadi salah saru daerah tubuh yang lembap lantaran tertutup bulu tebal ketimbang daerah tubuh lainnya. Dengan demikian, kutu bisa nyaman berkembangbiak di lokasi ini.

Itu saja beberapa area tubuh anjing yang sering diserang kutu. Kamu dapatmelakukan sejumlah langkah agar bisa menghilangkan kutu dari tubuh anjing. Baiknya hindari anjing bermain di tempat lembap dan jangan sampai lupa bersihkan tubuhnya secara rutin.