7 Perlengkapan yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memelihara Kucing

7 Perlengkapan yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memelihara Kucing
Artikel kucing mypets

7 Perlengkapan yang Perlu Dipersiapkan Sebelum

Memelihara Kucing Anda?

Barang-barang perlengkapan memelihara kucing itu apa saja?

Selain sebagai teman bermain, tentunya kamu harus berkomitmen untuk menjaga kesehatan kucing seperti merawat bulu dan kandang serta membawanya ke dokter hewan jika sakit. Untuk itu kamu juga perlu beberapa perlengkapan kesehatan untuk kucing diperlukan juga untuk mendukung kesehatan kucingmu.

Barang-barang perlengkapan memelihara kucing di bawah ini bisa kamu cari dengan mudahnya di pet shop terdekat atau pet shop online seperti mypetsindonesia.com dan mypets.co.id yang menyediakan beragam barang berkualitas untuk kucing kesayangan kamu dengan harga yang terjangkau.

  1. Makanan dan tempat makan kucing.

Agar kesehatannya terjaga, kucing membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Pemilihan jenis seperti makanan kering (dry food) atau makanan basah (wet food) juga harus disesuaikan dengan umur dan kondisi kucing.

Tempat makanan juga harus dipersiapkan untuk menghindari tercampurnya air dan makanan yang menyebabkan makanan tercampur dan menjadi kotor. Beberapa tempat makan dan tempat minum kucing bahkan memiliki takaran sendiri agar porsi makanan kucing tidak berlebihan.

  1. Kandang dan tempat tidur kucing.

Beberapa orang membebaskan kucingnya untuk berkeliaran dan bermain di dalam rumah. Namun beberapa orang lainnya lebih memilih untuk memberi kendang tersendiri untuk kucing sebagai tempat aman (safe space) bagi kucing. Sediakan tempat tidur yang empuk dan nyaman untuk kucing. Dengan memberikan tempat tidur yang disukai kucing, kamu bisa mengajarkan kucingmu untuk tidak tidur di sembarang tempat.

  1. Litter box dan pasir untuk kucing.

Secara naluri, kucing biasa mengubur kotorannya menggunakan pasir sehingga menggunakan pasir dan litter box untuk kucing memudahkan melatihnya di mana tempat seharusnya si kucing membuang kotoran. Sediakan litter box berukuran dewasa sesuai jenisnya, karena kucing berukuran kecil juga akan segera membesar menjadi ukuran rata-rata jenisnya.

Untuk pasir, kami merekomendasikan pasir wangi Ecosand yang memiliki daya gumpal yang kuat, menyerap bau dan tidak menghasilkan debu yang membuat kucing dan kamu sendiri sebagai pemilik nyaman dan tidak terganggu dengan bau dari kotoran kucing.

  1. Shampo kucing.

Beberapa orang menganggap harga shampo kucing cukup mahal. Namun sebenarnya penggunaannya jauh lebih hemat ketimbang penggunaan shampo manusia. Selain untuk merawat, shampo kucing juga memiliki varian khusus untuk masalah tertentu, seperti: kulit sensitive, kutu, kering hingga deep cleansing yang memiliki formula khusus untuk daya bersih yang baik dan mengangkat minyak berlebihan. Beberapa produk seperti GLOW Premium Pet Care memiliki kandungan conditioner 2 in 1 untuk memperhalus bulu kucing.

  1. Tempat menggaruk atau scratching post.

Kucing biasa menggaruk barang-barang disekitarnya untuk berbagai hal seperti menandai wilayah, mengasah lapisan mati di bagian kuku dan melenturkan badannya. Seringkali barang seperti kursi dan sofa menjadi korban dari kebiasaan kucing yang satu ini. Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu memerlukan tempat khusus untuk kucing menggaruk yaitu scratching post. Beberapa scratching post juga dengan mainan yang lucu.

  1. Peralatan perawatan kucing.

Sebagai binatang yang pembersih, adalah kewajiban tersendiri bagi pemilik kucing untuk membersihkan peliharaannya, terkhusus kamu yang memiliki kucing berbulu tebal. Beberapa yang penting adalah peralatan mandi, sisir, gunting, pemotong kuku dan sikat. Meski terkesan banyak, semua perlengkapan kucing ini biasanya murah di toko perlengkapan kucing terdekat.

  1. Tas kucing atau pet carrier.

Pet carrier ini berfungsi agar hewan nyaman untuk diajak ke luar rumah, yang paling biasa adalah pergi ke dokter hewan dan grooming di salon. Belakangan tas khusus kucing juga menjadi populer di media sosial. Selain mudah dibawa, kucing juga akan terlihat semakin lucu karena kucing akan terlihat dari dalam tas.

Itulah aneka perlengkapan kucing yang perlu kamu sediakan sebelum kamu memutuskan untuk memelihara kucing. Kamu dapat mencarinya secara online maupun mencarinya langsung di pet shop seperti MyPets Indonesia yang menyediakan beragam barang berkualitas untuk kucing kesayangan kamu dengan harga yang terjangkau.

Tagged with: