Bau Mulut Pada Anjing, Kenali Beberapa Penyebabnya

Bau Mulut Pada Anjing, Kenali Beberapa Penyebabnya

Apakah anjing kesayanganmu mendadak mengeluarkan bau kurang enak dari mulutnya? Tentunya hal itu bisa menyebabkan rasa yang kurang nyaman ketika kamu bemain dengannya. Selain itu juga, tak menutup kemungkinan hal itu dikarenakan sejumlah gangguan yang bisa membahayakan kesehatan anjing tersebut. Oleh sebab itu, kalian harus mengetahui beberapa alasan saat bau mulut pada anjing dan menjadi kurang nyaman saat bermain dengannya. Simak penjelasan berikut.

Napas bau pada anjing merupakan hal yang wajar terjadi dan mengakibatkan kalian sebagai pemilik menjadi enggan untuk mendekatinya. Alasan masalah mulut anjing ini umumnya berhubungan dengan kesehatan pada gusi dan gigi. Beberapa alasan mungkin tak terlalu berbahaya, misalnya anjing yang tak sengaja makan kototran. Akan tetapi, kondisi seperti ini juga bisa diakibatkan karena kondisi kesehatan yang terbilang serius.

Meski demikian, jenis anjing yang memiliki bentuk tubuh kecil, anjing yang berusia cukup tua, serta ras anjing yang mempunyai moncong lebih pendek justru rentan terserang bau mulut.

Bau Mulut Pada Anjing, Kenali Penyebab Utamanya

Kalian perlu mengetahu semua hal yang jadi faktor kenapa napas anjing jadi bau, yang kebanyakan berkaitan dengan kesehatan gusi dan mulut serta beberapa penyakit tertentu. Dibawah ini adalah beberapa faktornya:

  • Penyakit Periodontal dan Problem Kebersihan Mulut

Faktor paling umum yang mengakibatkan bau napa yang kurang sedap dari mulut anjing ialah kebersihan mulut yangtidak terjaga atau gangguan masalah periodontal.

Seperti manusia, anjing peliharaan bisa mengalami karang gigi dan penumpukan plak yang mengakibatkan bakteri akan lebih gampang berkembang didalam mulut. Jika kalian jarang membersihkan giginya, maka akan bedampak pada penumpukan plak yang jadi faktor kenapa mulut anjing menjadi bau.

Dengan terlalu banyak karang gigi dan plak, gusi bisa terdorong jauh dari gigi, kemudian itu bakal membuka daerah baru untuk bakteri berkambang. Hal ini tak hanya menyebabkan gangguan di gusi, namun akan membuat gigi anjing berlubang, kerusakan jaringan, infeksi, sampai nanah yang keluar dari dalam mulut. Semua masalah itu yang menyebabkan mulut anjing menjadi bau dan bisa menjadi mimpi buruk.

  • Mengkonsumsi Sesuatu yang Kurang Bersih

Anjing bisa menjadi hewan menjijikkan lantaran kebiasan buruk karena makan sesuatu yang kurang bersih, sehingga itu bakal menyebabkan bau mulut. Anjing yang gampang keluar atau masuk rumah dapat bermain di lokasi dekat tempat sampah ataupun makanan sisa yang sudah membusuk.

Kemudian, mereka juga senang mengonsumsi kotoran kucing yang susah dicerna hewan tersebut. Bahkan, boleh jadi anjing kesayanganmu mengkonsumsi kotorannya sendiri yang mengakibatkan bau napa menjadi sangat tidak enak.

  • Diabetes

Selain bau mulut anjing yang kurang sedap, kalian juga perlu barhati-hati kalau bau yang keluar itu manis atau harum. Ketika tanda-tanda ini muncul, kemungkinan besar penyebabnya ialah diabetes. Kondisi ini bisa memunculkan masalah yang cukup serius, namun masih dapat kalian obati. Kalau memang benar terserang diabetes, maka sebaiknya kalian memastikan bahwa anjing kesayanganmu sering sering buang air kecil dan juga minum, dan juga sering memeriksakan dia keĀ  dokter hewan.

Itulah beberapa penyebab bau mulut pada anjing. Sekarang kalian sudah tahu hal-hal yang bisa mengakibatkan napas anjingmu menjadi bau. Pengawasan ketat serta pemeriksaan secara rutin dengan dokter hewan harus dilakukan guna memastikan anjing tersebut selalu sehat. Tiap pemilik hewan pastinya ingin anjing kesayangannya tersebut memiliki usia yang panjang sehingga bisa selalu menemani hari-harinya supaya lebih indah. Semoga bermanfaat.