Beberapa Faktor Anjing Tak Ingin Menggonggong

Beberapa Faktor Anjing Tak Ingin Menggonggong
anjing tak ingin menggonggong

Saat memelihara anjing, ada berbagai hal yang harus kamu perhatikan sebagai pemilik, salah satunya ialah kebiasaan menggonggong. Ketika anjing kesayanganmu tak mau menggonggong, maka kamu harus tahu apa yang jadi alasannya. Boleh jadi dia sedang mengidap gangguan kesehatan tertentu atau hanya sedang malas saja. Dibawah ini adalah beberapa penyebab anjing tak ingin menggonggong.

Mungkin anjing akan menyalah saat ada orang asing yang masuk ke rumahmu, melihat hewan lainnya melalui jendela, atau hanya ingin menarik perhatianmu. Jika anjing kesayanganmu selalu menggonggong dan menyalak, mungkin bertanya-tanya kenapa anjing tetangga terlihat lebih tenang ketimbang anjingmu.

Sebetulnya, gonggongan anjing dikarenakan beberapa faktor, seperti ada masalah pada kesehatannya, usia, penyakit, ataupun kepribadian.

Beberapa Penyebab Anjing Tak Ingin Menggonggong

Berikut adalah penjelasan tentang kenapa anjing peliharaanmu tak ingin menggonggong yang harus diperhatikan oleh tiap pemilik.

  • Sedang Sakit

Anjing yang tak ingin menggonggong boleh jadi karena dia sedang merasakan sakit di dalam tubuhnya. Sakit yang dirasa itu menimbulkan anjing tidak mempunyai tenaga yang tergolong cukup agar bisa menggonggong.

Selain tak bisa menggonggong dan terlihat cemas, cobalah untuk memperhatikan tekstur kepadasan feses dan nafsu makannya. Kalau nafsu makannya berkurang serta tekstur feses sangat keras atau bahkan cair, maka anjing peliharaanmu tengah mengalami gangguan kesehatan tertentu.

  • Malas Menggonggong

Anjing yang tak menggongging boleh jadi tanda jika dia sedang malas melakukannya. Malasnya anjing menggonggong dapat dikarenakan suasana haru yang memburuk atau dia tengah berada pada kondisi yang terlalu nyaman atau kurang nyaman.

Oleh karena itu, kamu harus selalu memperhatikan suasana hati anjing kesayanganmu. Karena, gonggongan adalah bentuk komunikasi yang dibuat anjing agar bisa memperlihatkan apapun yang dia rasakan.

  • Merasa Ketakukan

Anjing yang merasakan takut secara berlebih akan mengalami tekanan fisik atau psikis, sehingga tidak mampu menggonggong jadi salah satu gejalanya. Agar bisa mengatasi kondisi semacam ini, sebagai pemilik kamu harus menenangkannya dengan cara memeluknya, dan menghindari atau menjauhkan penyebab ketakutan terhadap anjing.

  • Kurang Berinteraksi

Selanjutnya adalah karena kamu tidak sering mengajak dia berinteraksi. Boleh jadi kamu terlalu lama mengurung didalam kandang sehingga dia tak mengetahui bagaimana keadaan di dunia luar. Untuk dapat mengatasi hal ini, baiknya kamu mengajak dia berjalan-jalan dengan rutin serta mengajak dia bermain.

  • Tidak Bisa Menggonggong

Penyebab anjing tak ingin menggonggong berikutnya adalah dia tak dapat menggonggong dari lahir. Kondisi tersebut adalah bawaan sejak dia lahir ke dunia.

Anjing tak dapat menggonggong merupakan salah satu masalah perkembangan dalam dirinya. Hal ini karena gonggongan adalah bentuk interaksi anjing kepada pemiliknya. Seperti halnya manusia yang mempunyai kemampuan ataupun keterlambatan saat berbicara.

  • Faktor Genetik

Beberapa ras anjing memang tak banyak menggonggong dan mayoritas mereka ialah ras anjing besar. Seringkali pemilih hewan yang suka ketenangan bakal merawat anjing dari ras tersebut. Beberapa anjing yang tidak suka menggonggong adalah:

  • Great Dane
  • Newfoundland
  • Bullmastiff
  • Basenji
  • Whippet
  • Bernard

Demikian artikel yang membahas tentang beberapa faktor kenapa anjing tak ingin menggonggong. Berbagai kondisi yang telah dijelaskan diatas harus dipahami oleh tiap pemilih. Meski tergolong normal, namun munculnya penyakit tertentu jadi salah satu faktor anjing tak mau menggonggong. Jika kamu masih kebingungan apa langkah yang tepat yang dilakukan, maka konsultasikan hal tersebut ke dokter hewan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.