Beberapa Sebab Anjing Kehilangan Selera Makan

Beberapa Sebab Anjing Kehilangan Selera Makan

Melihat anjing peliharaan tak lagi nafsu makan sudah pasti membuat pemilikinya merasa cemas dan bertanya-tanya.

Nah, masalah kurang nafsu makan pada anjing peliharaan ini disebut dengan anoreksia.

Namun, anoreksia pada hewan berbedan dengan yang terjadi pada manusia. Anoreksia pada hewan adalah anoreksia nervosa, yang merupakan suatu kondisi hilangnya nafsu makan pada hewan karena beberapa sebab, bisa medis, perilaku atau bahkan psikologis.

Beberapa hal yang perlu kita ketahui dan apa yang harus pemilik lakukan jika anjing peliharaanya tidak mau makan.

1. Hati-hati saat memberi makanan manusia ke anjing

Saat memberi anjing peliharaanmu makanan manusia, perlu diingat bahwa itu tidak lebih dari 20% porsi makan untuknya.

Terkadang pemilik anjing tidak berpikir dua kali sebelum menawarkan sisa-sisa makanan manusia ke anjing kesayangan.

Karena terlalu banyak diberi sisa makanan manusia, anjing peliharaan malah mulai lebih menyukai makanan manusia daripada hewan atau dog food, sehingga jangan kaget bila anjing peliharaan menolak makanan khususnya.

2. Makanan manusia dapat menyebabkan sakit perut

Makan lebih banyak makanan manusia juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada anjing. Makanan pedas, terlalu banyak manis dan produk olahan susu justru bisa menyebabkan sakit perut atau diare pada anjing.

Mungkin ini adalah alasan lain mengapa anjing peliharaanmu mulai berhenti memakan makanannya.

3. Masalah gigi

Penyebab lain anjing peliharaanmu tidak makan bisa karena masalah gusi dan gigi. Sama sepertim manusia, masalah gigi juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan anjing peliharaan dalam mengunyah makanan.

Oleh karena itu, pastikan dokter hewan juga memeriksa masalah mulut agar hal ini tidak terjadi.

4. Perubahan dalam rutinitas mungkin membuat anjing stres

Perubahan sederhana dalam rutinitas anjing peliharaan dapat membuat mereka stres dan menyebabkan tidak makan dengan benar. Jadi, pastikan bahwa setiap perubahan yang ingin dilakukan harus bisa secara bertahap.

5. Anjing mulai menua

Jika kamu memiliki anjing yang sudah tua, ketidakmampuannya untuk tidak makan tidak akan kaget. Masalah yang muncul karena penuaan perlu ditangani.

Dalam kondisi ini, pemilik anjing perlu mencari pendapat dokter hewan dan melakukan beberapa perubahan pada pola makan hewan peliharaan yang sudah tua untuk kemudahan makannya.

6. Masalah perilaku

Terkadang, anjing peliharaan yang tidak mau makan mungkin merupakan reaksi terhadap keberadaan hewan peliharaan lain di rumah. Ini adalah masalah perilaku dan dapat diatasi dengan membiarkan anjing peliharaan sendirian saat makan.

7. Anjing menderita cacingan

Cacingan juga bisa menyebabkan anoreksia pada hewan peliharaan. Untuk menyelamatkan anjing peliharaanmu dari cacing usus, kamu harus memastikan untuk menjaganya aman dari kondisi yang tidak sehat, berkerumun dan lingkungan yang penuh tekanan.

Kualitas makanan hewan yang rendah atau jumlah makanan hewan yang tidak tepat juga bisa memengaruhi anjing tak mau makan.