Berapa Lama Kucing Menyusui Anak-anaknya?

Berapa Lama Kucing Menyusui Anak-anaknya?
lama kucing menyusui

Berapa lama kucing menyusui sering menjadi hal yang bikin pemilik kucing penasaran ketika kucing yang dipeliharanya baru melahirkan. Sehingga menjadi bertanya-tanya sempai kapan induk kucing akan menyusui anak-anaknya.

Sebenarnya tidak ada batasan khusus bagi induk kucing untuk menyusui anaknya. Menurut dokter hewan, kucing yang menyusu pada induknya rata-rata selama 25-30 hari dengan frekuensi setiap satu sampai dua jam.

Tentang Berapa Lama Kucing Menyusui

Ketika masa menyusui tersebut, kelenjar susu dari induk kucing ini akan menghasilkan air susu yang sangat banyak. Namun saat masa tersebut telah lewat, air susu akan segera mengering, Agar tidak penasaran mengenai berapa lama kucing menyusui maka bisa menyimak beberapa hal berikut ini:

  1. Berapa Lama Induk kucing Memproduksi Susu

Karena anak kucing yang baru lahir tubuhnya masih lemah dan rentan terhadap penyakit. Juga belum dapat mencari makan sendiri. Maka satu-satunya sumber nutrisi utama dari anak kucing tentunya  adalah air susu dari induk kucing.

Ketika berada pada masa ini biasanya anak kucing menyusu setiap 1-2 jam dengan durasi tiga sampai lima menit. Kebiasaan ini akan berlangsung sampai anak kucing berumur sekitar 30 hari. Namun pada kasus abnormal, ada juga anak kucing masih menyusu sampai umur 2 bulan meskipun air susu sudah habis.

  1. Anatomi Kelenjar Susu Kucing

Saat menjelang proses persalinan, maka puting susu pada induk kucing akan berubah warna menjadi pink dan menjulang (pinky up). Diikuti dengan area kelanjar susu yang menjadi lebih besar. Ini karena adanya aktivitas produksi susu kucing yang terjadi di dalam tubuh induk kucing.

Ketika daya tampungnya telah penuh, maka air susu akan menetes sendiri dari puting susunya. Sehingga anak kucing yang baru lahir dapat mencium baunya dan menjilatinya saat haus. Pada induk yang sehat maka selama 10 minggu akan terus memproduksi air susu.

Namun ketika anak yang dilahirkannya cukup banyak, lebih dari 4 anak kucing maka konsumsi susunya juga bertambah sehingga memperpendek masa produksi sang induk. Itulah sebabnya berapa lama kucing menyusui juga dipengaruhi oleh jumlah anak yang dilahirkan.

  1. Penyebab Induk Kucing Mulai Menyapih Anaknya

Ketika Induk kucing menjadi tidak nyaman karena sudah kehabisan air susu, maka biasanya akan mulai memiliki insting untuk menyapih anak kucing. Meskipun pada awal melahirkan dapat menyusui selama 1 sampai 2 jam. Namun semakin lama akan semakin jarang seiring dengan mengeringnya air susu induk.

Ini karena induk kucing akan merasa kesakitan saat anak-anaknya menyusu sementara kelenjar susunya kering. Bahkan ketika terjadi hal yang ekstrim, puting susunya tidak mengeluarkan air susu melainkan mengeluarkan darah sehingga induk kucing akan merasa sangat tersiksa.

Alasan Induk Kucing Menyapih

Pada dasarnya ada 3 alasan yang menyebabkan induk kucing mulai menyapih anak-anaknya. Selain karena sakit juga karena induk kucing ingin anak-anak kucingnya akan mandiri dan tidak manja. 3 hal yang menjadi penyebab induk kucing menyapih anaknya tersebut adalah:

  • ASI Kucing Mulai Kering

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ketika air susu kering maka induk kucing akan kesakitan. Sehingga tidak nyaman dan mulai menyapih anaknya. Karena hal tersebut, maka berapa lama kucing menyusui juga dipengaruhi oleh produksi ASI.

  • Anak Kucing Berkuku dan Bergigi Tajam

Ketika menyusu secara alami anak kucing memijat kelenjar susu dengan jari-jarinya. Juga menghisap air susu dengan kuat. Sehingga air susu mengalir lebih deras, namun ketika gigi dan kukunya tumbuh induk kucing akan merasa kesakitan. Sehingga induk kucing mulai menyapih anaknya agar tidak tersiksa.

  • Ingin Melatih Mencari Makan

Ketika anak kucing mulai berumur 1 bulan maka induk kucing akan mulai melatihnya untuk mencari makan sendiri. Sehingga secara bertahap akan mulai menyapih anak-anaknya agar belajar menjadi dewasa dan mandiri.

Itulah beberpa jawaban yang dapat diberikan ketika ada pertanyaan berapa lama kucing menyusui. Ada beberapa faktor penyebab yang mempengaruhinya. Sehingga pemilik sebaiknya dapat memberikan perhatian khusus kepada induk kucing yang sedang menyusui dengan baik.