Berbagai Makanan Favorit Kucing yang Harus Diketahui

Berbagai Makanan Favorit Kucing yang Harus Diketahui
berbagai makanan favorit kucing

Sebagai pemilik, pastinya kamu ingin kucing kesayanganmu makan dengan lahap. Maka dari itu, sewajarnya kalau kamu mencari tahu apa makanan yang jadi kesukaannya. Dibawah ini adalah berbagai makanan favorit kucing.

Mungkin kamu membayangkan seperti apa sih makanan yang digemari kucing. Apakah dipengaruhi dengan tekstur, atau makanan apa saja yang gampang membuat mereka bosan. Ingat, nafsu makan kucing sangat dipengaruhi indra penciumannya.

Berbagai Makanan Favorit Kucing Bisa Bikin Anabul Jadi Gemuk

Lalu, makanan apa saja yang bisa membuat kucing peliharaan menunggu waktu makannya? Simak penjelasan berikut.

  • Makanan dengan Suhu Sedang

Ternyata, kucing lebih menyukai makanan dengan suhu sedikit hangat atau ada setingkat dengan suhu tubuh mereka, yaitu kurang lebih 38 hingga 39 derajat celcius.

Kalau kamu seringkali menyimpan pakan kucing didalam kulkas seperti wet food, baiknya diamkan lebih dulu atau kamu dapat menghangatkan makanan itu lebih dulu. Caranya dengan mencampurnya dengan air hangat yang sedikit. Tapi, tak disarankan menghangatkan pakan kucing memakai microwave atau proses pemanasan lain. Karena ini dapat merusak kandungan gizi didalam makanan tersebut.

  • Makanan Beraroma Kuat

Coba saja kamu memeriksa kebiasaan kucing sebelum dia makan. Mereka sering mengendus lebih dulu makanan yang berada diatas mangkuk sebelum mereka akhirnya menikmati makanan itu. Jadi, ketika aroma makanan yang diberikan kurang menarik, mungkin kucing peliharaanmu tak ingin makan dan memilih duduk dibawah kursi atau tiduran.

Kebiasaan mengendus makanan disebabkan kucing mempunyai 45 sampai 200jt reseptor penciuman. Nyatanya jumlah ini lebih banyak ketimbang manusia yang mempunyai 15jt. Alasan yang mempengaruhi bau yang kuat serta embuat kucing berminat datang adalah dari kandungan lemak dan proteinnya.

Dari standar internasional yang telah dikeluarkan AAFCO [Association American Feed Control Official] paling sedikit kandungan protein di dalam pakan kucing dewasa yakni 26% serta lemak 9%. Terlebih lagi, lemak dan protein berguna menjadi sumber energi agar bisa digunakan sebagai kegiatan harian si kucing. Pastikan asupan lemak dan protein buat kucing peliharaan selalu terpenuhi.

  • Makanan yang Ditempatkan di Area yang Tepat

Seberapa besar pengaruh letak makanan yang pas buat kucing? Seperti halnya manusia, kucing perlu kenyamanan ketika dia makan. Untuk memposisikan mangkuk yang pas, baiknya jauhkan dari keramaian, seperti halnya didekat pintu ataupun daerah yang seringkali dilewati oleh manusia.

Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan makanan itu. Pastikan bahwa akanan yang diberikan adalah makanan yang bersih serta tak mengandung bau menyengat, sebab ini dapat menggangu nafsu makannya. Kemudian, bentuk mangkuk juga memiliki pengaruhnya. Mayoritas kucing lebih senang mangkuk dengan bentuk oval agar memudahkan mereka saat mengambill makanan yang ada didalamnya.

  • Penyebab Kucing Sering Makan Rumput

Kamu mungkin seringkali penasaran kenapa kucing suka makan rumput, serta apakah sebetulnya hal ini dibiarkan. Meski bukan menjadi makanan utama, sesekali kucing peliharaan boleh makan rumput untuk keperluan serat.

Asupan serat yang dimiliki rumput juga bisa membantu mereka mengeluarkan hairball. Tapi, mengkonsumsi rumput liar bisa beresiko membawa telur cacing dan kucing justru terkena infeksi cacing. Ingat, kucing dewasa membutuhkan setidaknya 3% serat didalam kandungan makanannya.

Itu saja penjelasan tentang berbagai makanan favorit kucing. Jika kamu membutuhkan tips agar dapat memenuhi keperluan gizi kucing kesayangan, maka baiknya konsultasikan dengan dokter hewan. Dokter akan memberi tips perawatan kucing sehingga dia selalu sehat dan juga terawat.