Berbagai Penyebab Lidah Anjing Pucat

Berbagai Penyebab Lidah Anjing Pucat

Lidah anjing pucat adalah gejala dari anemia. Tentunya istilah ini sudah tak asing untuk kamu. Pada hewan seperti anjing atau kucing, gejala anemia yang jelas terlihat adalah pada bagian gusi, mulut, dan lidah.

Selain berwarna pucat, gejala lain ialah dia akan menjadi lemas. Pasalnya, kurangnya oksigen dan nutrisi yang dibawa ke organ serta jaringan dalam kondisi anemia. Kondisi ini bisa muncul di sejumlah penyakit, khususnya yang berhubungan dengan masalah sistem imun. Oleh karenanya, anemia bukanlah penyakit, tapi gejala beberapa penyakit.

Ketahui Beberapa Penyebab Lidah Anjing Pucat

  • Infeksi

Infeksi bakteri atau virus bisa juga mengakibatkan anemia pada hewan peliharaan. Bakteri yang menimbulkan anemia adalah Haemobartonella dan Mycoplasma. Infeksi virus yang menimbulkan anemia kucing adalah FIV [Feline Immunodeficency Virus] dan FeLV [Feline Leukimia Virus].

  • Kecelakaan

Kecelakaanyang menimbulkan pendarahan parah atau pendarahan dalam [internal bleeding] bisa menimbulkan anemia. Kemungkinan lain bisa menimbulkan anemia apabila kecelakaan itu menyebabkan kerusakan ataupun masalah pada tulang belakang. Kemudian terjadi masalah pembentukan eritrosit.

  • Parasit

Keberadaan parasit luar tubuh [caplak, pinjal, kutu] dan parasit dalam tubuh [parasit darah, protozoa, cacing] juga dapat menimbulkan anjing terserang anemia. Umumnya, anemia ini dapat terjadi disebabkan infeksi parasit berlebihan didalam tubuh.

Parasit internal semisal cacing yang menyerang saluran pencernaan akan menimbulkan pendarahan didalam tubuh. Apabila infeksi itu berlebihan, maka akan menimbulkan jumlah eritrosit yang menurun.

Parasit lain didalam tubuh namun suka ada didalam eritrosit adalah Babesia dan Ehrlicia. Parasit darah ini dapat tinggal didalam tubuh hewan karena ada perantara yang menarik parast itu, yakni caplak. Selain itu, kutu loncat atau pinjal bisa menjadi penyebab anemia.

  • Masalah di Fungsi Organ

Organ anjing yang tidak berfungsi dengan baik bisa berintegrasi satu dengan lain. Tapi, saat ada satu organ yang mengalami masalah akan menyebabkan efek pada sistem lain.

Salah satunya ialah masalah ginjal parah yang menimbulkan ginjal rusak, kinerjanya sudah tidak bagus lagi untuk memberi efek pada pembentukan darah merah. Ginjal rusak mampu mengurangi produksi eritropoietin dan itu akan mengganggu proses pembentukan eritrosit.

Infeksi kronis, kelainan pada sumsum tulang belakang, masalah hati, ketidakseimbangan hormon juga bisa mengakibatkan anemia anjing.

  • Masalah Pada Sistem Imun

Imunitas atau daya tahan tubuh termasuk kedalam sistem kekebalan, dalam kondisi normal tentunya kinerja imunitas akan sangat bagus saat melindungi tubuh dari penyakit.

Tapi pada keadaan tertentu yang mengakibatkan sistem imun bekerja terlalu banyak sehingga menimbulkan masalah di sistem tubuh. Sebagai contoh, anemia hemolisis yang disebut dengan AIHA [Autoimmune hemolytic anemia] dan IMHA [Immune mediated hemolytic anemia].

Dalam kasus ini, sistem kekebalan membawa perubahan pada seritrosit sehingga bentuk eritrosit yang harusnya berbentu cekung bulat berubah jadi kurang sempurna. Bentuk eritrosit yang rusak dapat menimbulkan jumlah eritrosit menurun dan oksigen yang menuju jaringan dan sel akan berkurang.

  • Konsumsi Obat

Sebagian obat apabila dikonsumsi terus menerus dapat menimbulkan dampak yang signifikan dalam pembuatan eritrosit.

Selain obat, racun bisa juga mengakibatkan kerusakan pada darah sehingga menimbulkan anemia. Maka dari itu lebih baik kamu bijak saat memberi obat kepada anjing. Selain itu juga, berkonsultasi dengan dokter hewan juga menjadi langkah terbaik untuk memperoleh dosis yang paling tepat.

Sekian pembahasan mengenai beberapa faktor lidah anjing pucat. Perhatian kamu sebagai pemilik sangat dibutuhkan agar bisa membuat kondisi anjing peliharaan lebih nyaman. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • https://mypets co id/berbagai-penyebab-lidah-anjing-pucat/
  • https://mypets co id/berbagai-penyebab-lidah-anjing-pucat/#:~:text=Lidah anjing pucat adalah gejala ialah dia akan menjadi lemas
  • https://mypets co id/berbagai-penyebab-lidah-anjing-pucat/#:~:text=Lidah anjing pucat adalah gejala gusi, mulut, dan lidah