Bagaimana Memilih Makanan Basah (Wet food) Untuk Kucing?

Bagaimana Memilih Makanan Basah (Wet food) Untuk Kucing?
Artikel kucing mypets

Bagaimana Memilih Makanan Basah (Wet food) Untuk Kucing?

Nutrisi yang diberikan pada kucing bisa sangat beragam.

Hal ini memperhatikan dari kondisi kesehatan, umur, jenis hingga kebiasannya. Saat ini ada dua jenis makanan kucing yang populer, yaitu makanan kering(dry food) dan makanan basah(wet food). Membahas makanan basah untuk kucing, karena mengandung potongan daging yang segar, lembut dan beraroma tajam sehingga kucing sangat mudah tertarik untuk menghabiskannya. Hal ini lah yang biasanya menjadikan makanan basah sebagai solusi ketika kucing tidak selera makan.

  1. Kelebihan makanan basah.

Makanan basah sendiri memiliki beberapa kelebihan dibandingkan makanan kering  khususnya karena kadar airnya yang lebih banyak ketimbang makanan kering. Hal ini membuat makanan basah punya manfaat khusus bagi kucing yang memiliki masalah dengan ginjal. Makanan basah mampu menjaga kadar air dalam tubuh kucing dan mencegahnya dari dehidrasi. Kandungan air dalam makanan basah juga mampu membuat urin lebih encer dan mengurangi penyakit saluran kemih pada kucing. Salah satu makanan basah yang direkomendasikan adalah Yummy yang juga mampu merawat bulu dan kulit.

  1. Kelemahan makanan basah.

Kelemahan dari makanan basah ini, ada pada teksturnya yang lembut. Meski mudah dicerna, namun tekstur yang lembut ini tidak melatih gigi kucing sehingga dapat menimbulkan plak dan karang gigi. Makanan basah yang pengawetannya menggunakan kaleng kedap udara biasanya kehilangan daya tariknya bila sudah terbuka dalam keadaan lama. Makanan basah biasanya juga memiliki harga diatas makanan kering.

  1. Cara memilih makanan basah kucing.

Untuk memilih makanan basah ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu: memilih makanan yang sesuai dengan usia kucing, melihat kandungan nutrisi dan melihat kandungan bahan bakunya. Makanan basah untuk kucing biasanya digolongkan berdasarkan usia, kondisi kesehatan, dan lainnya. Produk Yummy sendiri memiliki varian yang in mousse untuk anak kucing (kitten) dan varian chopped dan in jelly untuk kucing dewasa.

Semisal kucing anda mengalami obesitas, pilihlah makanan hewan yang memiliki kalori rendah. Jika kucing peliharaan kamu memiliki keluhan atau kebutuhan khusus, ada baiknya kamu konsultasi dengan dokter hewan mengenai ini.

  1. Nutrisi dan bahan baku.

Untuk kandungan nutrisi pada makanan basah kucing, pilihlah makanan yang menyertakan kandungan nutrisi bagi kucing seperti protein, lemak, vitamin E dan kelembaban (moisture) untuk memudahkan menghitung kebutuhan nutrisi sesuai dengan berat badan kucing.

Untuk bahan baku, pilihkan bahan baku yang berkualitas dan disukai oleh kucing. Jika kucing peliharaan kamu lebih menyukai daging, maka kamu bisa memilih produk Yummy dengan varian berbahan dasar ayam atau red meat dan jika kucing peliharaan kamu lebih menyukai ikan, pilihlah makanan basah yang berbahan dasar makarel, tuna dan sardine. Semuanya berasal dari bahan yang nutrisinya mudah diserap oleh anjing dan kucing. Patut diperhatikan jika kucing peliharaanmu memiliki alergi gandum maka pilihlah makanan basah dengan label “grain-free” pada kemasan.

Salah satu yang kami rekomendasikan sebagai makanan basah adalah Yummy. Dengan kandungan nutrisi yang baik dan kadar protein yang tinggi, makanan basah yang satu ini memiliki keunggulan aroma yang mengggoda untuk kucing. Varian rasa yang beragam seperti mackerel, red meat, sardine, tuna red meat, tuna with chicken, tuna with chopped mackerel dan tuna with chopped sardine. Makanan basah dari Yummy juga memiliki varian “chopped” yang baik untuk rambut dan kulit serta variasi “in jelly” yang bebas gandum (grain free).

Baik makanan kering dan makanan basah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Memilih untuk mengganti dari makanan kering ke basah dan sebaliknya juga membutuhkan waktu bagi kucing untuk membiasakan diri.

Tagged with: ,