Cara Grooming Kucing Sendiri Agar Tidak Berontak

Cara Grooming Kucing Sendiri Agar Tidak Berontak

Kita tahu sendiri bahwa mayoritas kucing tidak suka ketika terkena air, sehingga sulit diajak untuk mandi. Akan tetapi mau tidak mau, kita harus melakukan grooming kucing secara rutin agar tubuhnya bersih dan rapi. Oleh sebab itu, kamu harus tahu cara grooming kucing sendiri dengan benar agar bisa dengan mudah menangani kucing peliharaan anda.

Grooming Kucing Sendiri

Berikut ini adalah tahapan cara grooming kucing sendiri di rumah yang bisa anda lakukan :

1. Memilih Waktu yang Tepat

Anda perlu melakukan grooming kucing anda, ketika suasana hatinya dalam keadaan senang, rileks dan perut kenyang. Anda bisa memulai dengan memberinya makan terlebih dahulu hingga kenyang, menyisiri bulu rambutnya dan kemudian memotong kukunya. Setelah itu barulah memulai untuk memandikan hewan peliharaan anda tersebut. Biasanya setelah disisir dan diberi makan kucing akan menjadi lebih tenang ketika berjumpa air.

2. Gunakan Air Hangat

Kucing biasanya akan lebih tenang ketika dimandikan menggunakan air hangat. Oleh sebab itu, sebaiknya anda merebus air hangat untuk digunakan dalam memandikan hewan peliharaan anda ini. Penggunaan air hangat dapat meminimalisir pemberontakan kucing ketika akan dimandikan.

3. Gunakan Shampo yang Lembut

Anda perlu memastikan bahwa shampo yang anda gunakan lembut sehingga tidak menyebabkan kucing anda perih di matanya. Pilihlah shampo yang tidak menggunakan bahan kimia ataupun pewangi yang keras. Salah satu merk shampo kucing yang sudah sesuai dengan standar ini adalah Glow. Karena kelembutan yang dimilikinya, menggunakan glow untuk grooming kucing anda akan meminimalisir pemberontakan.

4. Basahi Kucing Secara Perlahan

Walaupun anda telah menggunakan air hangat dan shampo kucing yang lembut, anda tetap perlu menyiramnya secara perlahan. Gunakanlah semprotan agar air yang keluar tidak terlalu kencang, sehingga tidak membuat kucing anda kaget. Anda bisa mulai dengan membasahi bagian ekornya kemudian badan dan kepala. Pastikan anda berhati-hati, sehingga air tidak masuk ke bagian telinga dan hidungnya.

5. Olesi Shampo ke tubuh kucing

Setelah tubuh kucing anda basah, anda bisa mengolesi tubuhnya dengan shampo kucing yang telah disiapkan. Gosoklah tubuh kucing anda hingga shampo mengenai seluruh tubuhnya. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian bawah tubuhnya, seperti perut dan kakinya. Anda juga harus berhati-hati ya, agar shampo tidak mengenai mata hewan kesayanganmu ini.

Walaupun sudah dipilih shampo yang lembut, tetap saja dia akan merasa tidak nyaman ketika ada shampo yang mengenai matanya. Anda juga perlu menjaga agar air tidak masuk ke lubang telinganya, biasanya ia akan menjadi berontak keras ketika ada air ataupun benda lain yang masuk ke lubang telinganya.

6. Bilas dengan Bersih

Setelah selesai menyabuni seluruh tubuh hewan peliharaan anda dengan bersih, langkah berikutnya adalah dengan membilasnya. Anda bisa membilas menggunakan gayung, sehingga dapat membersihkan seluruh shampo yang ada. Kehati-hatian tetap yang utama ketika anda membilas kucing anda, sehingga tidak ada air yang masuk ke mata dan telinga.

7. Keringkan

Setelah selesai membilas hingga bersih, langkah grooming kucing selanjutnya adalah dengan mengeringkan tubuhnya menggunakan handuk. Setelah seluruh badannya di lap menggunakan handuk, anda bisa menjemur kucing anda sebentar atau menggunakan bantuan pengering rambut. Pastikan seluruh tubuh kucing anda telah kering, sehingga tidak membuat tubuhnya ditumbuhi oleh jamur.

8. Sisir Hingga Rapi

Tahapan terakhir cara grooming kucing sendiri di rumah adalah dengan menyisiri bulu kucing anda hingga rapi. Biasanya kucing akan merasa senang untuk disisir, setelah dimandikan. Anda juga bisa memberikannya snack setelah selesai proses grooming ini sehingga ia akan lebih mudah untuk dimandikan di waktu yang akan datang.

 

Tagged with: , , ,