Cara Grooming Kucing Sendiri di Rumah dengan Glow

Cara Grooming Kucing Sendiri di Rumah dengan Glow

Bagi anda yang memelihara kucing, tentunya sudah tahu tentang grooming. Grooming sendiri maksudnya adalah perawatan pada hewan untuk membuatnya terlihat rapi dan bersih. Melakukan grooming pada kucing tidak harus dengan membawanya ke pet shop. Anda bisa melakukan grooming kucing sendiri di rumah, sehingga bisa menghemat biaya. Berikut ini saya akan mengulas tentang cara grooming kucing sendiri di rumah dengan grow.

Pentingnya Melakukan Grooming pada Kucing

Grooming berasal dari kata groom yang artinya merawat atau mengurus, sehingga bisa diartikan bahwa grooming ada perawatan pada hewan. Dengan melakukan grooming pada kucing maka kebersihan hewan berbulu anda ini menjadi terjaga, sehingga selain membuatnya terlihat lebih menarik juga bermanfaat bagi kesehatannya.

Sebenarnya secara alami kucing sudah berusaha merapikan bulunya dengan menjilat-jilatnya. Hal itulah yang menyebabkan terdapat istilah mandi kucing. Walau begitu tidak semua bagian tubuh kucing dapat ia jilati, sehingga kita sebagai pemeliharanya harus berusaha membantu si kucing untuk merapikan n dirinya.

Grooming juga sebenarnya bukan hanya proses merapikan bulunya, terdapat berbagai jenis perawatan rutin lain yang perlu dilakukan terhadap si kucing. Berikut ini adalah penyebab pentingnya melakukan grooming pada kucing peliharaan anda.

1. Menjinakan dan Membiasakan Diri Berinteraksi dengan Manusia

Ketika dilakukan grooming, akan terjadi kontak fisik antara kucing dan manusia. Kucing yang sudah terbiasa melakukan kontak fisik, tentunya akan menjadi lebih jinak dan tidak akan takut ketika harus berinteraksi dengan manusia. Menjinakan kucing ini menjadi penting, apalagi jika anda sendiri sebagai majikan yang melakukan grooming tersebut.

Anda akan mengalami masalah jika kurang berinteraksi dengan kucing peliharaan anda, khususnya ketika melakukan pengobatan. Apabila si kucing jarang berinteraksi, maka ketika anda ingin memberinya obat hewan berbulu tersebut akan berontak. Begitu juga ketika anda harus memotong kukunya, biasanya kucing yang tidak terbiasa melakukan kontak fisik dengan manusia akan berontak ketika akan dipotong kukunya.

2. Memeriksa Kucing Secara Rutin

Mungkin saja ada perubahan fisik ataupun beberapa penyakit yang luput dari perhatian kita. Namun, dengan kita melakukan grooming secara rutin maka kita akan bisa mendeteksi penyakit ini secara lebih cepat. Hal itu dikarenakan, ketika kita melakukan grooming maka kita akan melihat tubuh kucing dari dekat. Oleh sebab itu, biasanya kita dapat dengan mudah menemukan apabila terdapat jamur, kutu ataupun benjolan yang bisa jadi gejala sebuah penyakit serius.

3. Mencegah Bulu Rontong

Dengan melakukan grooming secara rutin, ternyata mampu membuat bulu rontok pada kucing menjadi berkurang. Hal itu dikarenakan dengan menyisir dan menyikat bulu kucing maka kita dapat membantu mengurangi kerontokan. Perilaku menyisir dan menyikat ini sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin.

4. Mencegah Hairballs

Bagi kucing yang memiliki bulu panjang, masalah hairballs ini seringkali terjadi. Ternyata dengan melakukan aktivitas grooming secara rutin dengan shampo berkualitas, dapat mencegah permasalahan ini. Salah satu merk shampo yang bisa anda coba adalah Glow, yang memiliki khasiat untuk membuat kerontokan berkurang dan membuat bulu menjadi lebih sehat.

5. Membuat Kucing Wangi dan Bersih

Dengan melakukan grooming secara rutin, tentunya kucing kita akan menjadi selalu wangi dan terjaga kebersihannya. Dengan begitu, otomatis kucing kita menjadi lebih sehat. Selain itu, kucing yang wangi tentunya lebih kita sukai daripada kita harus melihatnya kotor.

Cara Melakukan Grooming Kucing Sendiri

Untuk melakukan grooming sendiri, anda perlu membuat rileks. Jangan sampai kamu memaksakan melakukan grooming kepada kucing yang memberontak. Jadi cara pertama untuk melakukan grooming kucing sendiri adalah dengan membuatnya nyaman, sehingga hewan berbulu tersebut tidak akan memberontak.

Berikut ini akan saya ringkas tahapan cara melakukan grooming sendiri di rumah yang bisa anda terapkan :

1. Membangun Rasa Kepercayaan

Ana perlu membangun kepercayaan dengan kucing anda, apalagi jika hewan peliharaan anda belum terbiasa dengan aktivitas tersebut. Ketika kamu pertama kali untuk melakukan grooming terhadapnya, cobalah bangun kedekatan dengannya. Caranya bisa dilakukan dengan bermain terlebih dahulu, menyisir perlahan ataupun mengusap-usapnya.

2. Biasakan dari Kecil

Kucing anda akan lebih mudah untuk mengikuti prosedur grooming ketika sudah terbiasa sejak kecil. Kucing yang telah dilakukan grooming sejak kecil, akan lebih menurut daripada ketika kita melakukan grooming sejak dewasa. Paling tidak, anda perlu memandikan kucing peliharaan anda dari kecil.

3. Siapkan Peralatan

Siapkan peralatan untuk melakukan grooming dengan lengkap, untuk membuat aktivitas grooming ini berlangsung optimal. Anda perlu menyiapkan sisir bergigi pendek untuk bulu di bagian kepala yang pendek, serta sisir bergigi panjang untuk bulu yang panjang. Sediakan juga grooming pad dan matt splitter untuk meluruskan bulu yang kusut pada kucing anda.

4. Pilih Shampo yang Tepat

Anda tidak boleh sembarangan menggunakan shampo, pilihlah shampo kucing berkualitas seperti Glow. Dengan shampo berkualitas ini, maka selain menyebabkan bulu si kucing menjadi bersih juga berfungsi untuk mencegah terserang kutu dan jamur.

5. Perhatikan Adanya Benjolan ataupun Luka

Sebelum memandikan kucing anda, sebaiknya periksa dulu bagian tubuhnya secara lengkap bilamana terdapat benjolan ataupun luka. Terkadang ada beberapa benjolan kecil muncul di tubuh kucing yang luput dari penglihatan mata kita. Rabalah bagian tubuh kucing secara perlahan dan hati-hati untuk melihatnya.

6. Sisir Kucing

Menyisir kucing sebelum memandikannya sangat dianjurkan oleh banyak dokter hewan. Hal itu dikarenakan selain membuat rapi bulu kucing, juga akan membuat hewan tersebut menjadi nyaman ketika kita sisir. Dengan begitu, ia tidak akan kaget ketika anda memandikannya.

7. Gunakan Air Hangat

Sangat disarankan untuk menggunakan air hangat ketika anda memandikan kucing. Hal itu dikarenakan kucing seringkali kaget ketika anda memandikannya menggunakan air dingin. Selain itu, penggunaan air hangat juga akan mencegahnya mengalami kedinginan sehingga tidak masuk angin.

8. Mandikan dengan Merata

Anda perlu memandikan seluruh tubuh kucing anda secara merata. Gunakan shampoo pilihan seperti Glow, untuk membersihkan bagian tubuh hewan peliharaan anda tersebut. Setelah itu, bilaslah tubuhnya dengan air secara perlahan hingga seluruh bulunya bersih.

9. Keringkan Tubuhnya

Setelah selesai memandikan tubuh kucing anda, anda perlu memastikan tubuhnya kering. Gunakan handuk ataupun hair dryer untuk membantu proses pengeringan ini.

10. Pijat Kucing Anda

Setelah selesai memandikan, sebaiknya anda memijat kucing anda secara perlahan sehingga dia merasa nyaman. Memijat ini juga akan membuat anda lebih mudah ketika ingin memotong kukunya.

11. Potong Kukunya

Jangan lupa untuk memotong kuku kucing, agar tidak membahayakan diri anda dan si kucing tersebut. Seringkali kucing akan menggaruk-garuk tubuhnya dan ketika kukunya panjang maka garukan tersebut bisa melukainya.

12. Berikan Hadiah

Setelah anda membersihkan kucing anda,maka tahapan terakhir dari cara melakukan grooming sendiri di rumah ini adalah dengan memberinya hadiah. Hadiah ini bisa berbentuk makanan kesukaanya, sehingga ketika kamu akan melakukan grooming lagi si kucing akan lebih mudah ditangani.

Tagged with: ,