Cara Melatih Anjing agar Tidak Poop Sembarangan

Cara Melatih Anjing agar Tidak Poop Sembarangan

Salah satu masalah yang membuat kita bingung saat memiliki hewan peliharaan seperti anjing ialah bagaimana caranya agar anjing tidak buang air/poop pada tempat pup anjing yang telah diberikan.

Para pecinta hewan tentu tidak ingin perabotan sekitar rumah dan lingkungan akan kotor karena hal ini, Simak beberapa tips cara melatih agar anjing kesayangan anda tidak buang air/poop sembarangan.

1. Perhatikan hasrat untuk tanda-tanda seperti mengendus, mondar-mandir.

Dalam tahap melatih anjing buang air/poop, penting bagi para pecinta anjing untuk memahami tanda-tanda ketika tersebut adalah menggaruk, mengendus, dan berputar-putar. Jaga juga ketika anjing mulai menggonggong, nah sepertinya ia memberi tahu tuannya untuk hasrat ingin buang air kecil/poop. Nah ketika anda mendapati tanda anjing melakukan hal-hal tersebut, bawa mereka untuk keluar rumah atau toilet.

Pilih area yang tidak terlalu jauh dari rumah. Saat anjing mulai mengingat tempat itu, ia akan selalu mengasosiasikannya dengan tempat untuk buang air.

2. Berikan pujian

Selalu berikan apresiasi saat ia berhasil buang air/poop pada tempatnya. Sebagai cara melatih anjing kamu juga bisa menggunakan suara intonasi yang ramah dan ceria sehingga anak anjing memahami bahwa hal tersebut dapat menyenangkan.

3. Pilih sebuah kata untuk tindakan, seperti “Diluar” atau “Buang air di luar”

gunakan kata/frase ini secara konsisten sehingga anjing akan belajar kata itu sebagai suatu perintah. Selalu membawanya ke tempat yang sama diluar ketika mau pee/poop . Bau tempat tersebut akan mendorongnya untuk pee/poop di tempat itu lagi dan jika dia melakukannya, berikan pujian padanya.

4. Berikan peringatan jika tidak menurut

Tidak selamanya latihan buang air berjalan lancar. Ada kalanya anak anjing kedapatan buang air sembarangan di dalam rumah. Dalam kondisi seperti ini, Anda bisa memberikan peringatan dengan menggunakan kata-kata tertentu secara tegas dan konsisten seperti ‘jangan’ atau ‘tidak boleh’ kepada anak anjing sebagai cara melatihnya.

Pada saat itu juga, ajak anak anjing untuk keluar rumah agar ia mengerti bahwa hal yang dilakukannya adalah salah & tidak mengulangi buang air di dalam rumah.

Tagged with: