Cara Memberikan Obat Pada Anjing Dengan Baik

Cara Memberikan Obat Pada Anjing Dengan Baik
Memberikan obat pada anjing

Memberikan obat pada anjing terkadang bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa anjing yang sulit untuk memakan obat terutama dalam bentuk pil. Kamu bisa mencari cara atau teknik khusus untuk membuat anjing berhasil menelan obat.

Pemberian obat kepada anjing biasanya dilakukan ketika anjing sedang sakit atau mengalami trauma dan ketakutan. Anjing yang baru pertama kali diberi obat akan terasa sedikit sulit karena anjing belumm terbiasa. Namun berbeda jika anjing yang terbiasa makan obat akan lebih mudah pemberiannya.

Memberikan obat pada anjing juga tidak boleh sembarangan. Pastikan telah mengonsultasikan dengan dokter hewan obat yang sesuai dengan keadaan anjing saat ini. Sehingga anjing akan mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Cara Memberikan Obat Pada Anjing

Untuk memberikan obat pada anjing, kamu bisa menggunakan salah satu metode yaitu menyembunyikan obat pada makanan. Dengan begitu anjing akan otomatis memakan obat yang kamu berikan. Berikut inilah tips menyembunyikan obat di dalam makanan:

  1. Taruh Obat Pada Makanan Kesukannya

Pertama kamu bisa membeli makanan apa yang disukai oleh anjing kamu. Cara ini dipercaya akan mengalihkan apa yang tidak disukai anjing menggunakan makann kesukaannya.

Makanan kesukaan anjing pada umunya adalah daing tanpa lemak, keju, selai kacang, dan masih banyak lagi. Perlu diingat, jangan memberikan makanan rendah gizi kepada anjing karena tidak bagus untuk tubuhnya.

Memberikan obat pada makanan kesukaannya merupakan cara efektif dan ampuh bagi anjing untuk menelan obat dengan cepat. Selain itu juga memberi kemudahan untuk obat tidak jatuh ketika dibungus dengan makanan.

  1. Sembunyikan obat pada makanan

Kamu bisa menyembunyikan obat pada makana yang akan diberikan kepada anjing. Cara ini bertujuan untuk membungkus obat pada makanan sehingga tersembunyi aman di dalam makanan. Kamu bisa mencoba berbagai cara menyembunyikan pil yang tepat pada makanan dan menilai mana yang paling cocok.

Makanan yang bisa digunakan untuk membungkus obat diantaranya adalah daging sapi, kalkun atau ayam sangat cocok digunakan. Selain itu kamu bisa membungkus pada sosis dan juga keju.

  1. Memberikan makanan kepada anjing

Saat pertama kali menyembunyikan obat pada makanan, terkadang anjing aan menyadari hal tersebut. Oleh karena itu kamu bisa melakukan percobaan beberapa kali agar anjing terbiasa.

Selain itu kamu bisa menunggu anjing sampai merasa lapar dan sekaligus memberikan obat kepadanya. Saat anjing lapar tentunya akan melahap makananya dengan cepat tanpa memilahnya.

Hancurkan Obat Atau Suntikkan Dengan Alat Suntik

  • Menghancurkan obat

Obat dalam bentuk kapsul atau pil biasanya mudah untuk dihancurkan. Jadi anjing tidak perlu menelan obat secara utuh.

Akan tetapi ada beberapa obat yang jika dihancurkan akan terasa lebih pahit dan jika dicampur dengan makanan bisa membuat anjing tidak mau menyentuhnya sama sekali.

  • Menggunakan alat suntik

Memberikan obat pada ajing juga bisa dilakukan menggunakan bantuan alat suntik. Kamu bisa menghaluskan obat tersebut terlebih dahulu lalu masukan ke dalam suntikan dan beri sedikit air.

Terkadang anjing tidak akan menyukainya, namun anjing akan memaan sebagian besar obat dan sudah masuk ke dalam tubuhnya.

Caranya adalah buka mulut anjing tapi jangan terlalu lebar, setelah itu masukan suntikan di bagian belakang mulut agar obat bisa mengalir langsung ke tenggorokan.

  • Memberikan obat secara paksa

Kamu bisa memaksa anjing untuk memakan obat namun harus tetap hati-hati. Cara ini memang sedikit ekstrem kerena bisa membuat anjing tersedak. Oleh karena itu tetap lakukan secara perlahan hingga anjing berhasil menelan obatnya.

Itulah berbagai cara untuk memberikan obat pada anjing. Lakukan cara yang cocok dan sesuai dengan anjing kamu ya. Selain itu pastikan untuk membuat anjing merasa nyaman hingga mau memakan obatnya.