Cara Membersihkan Sprei yang Kena Pipis Kucing

Cara Membersihkan Sprei yang Kena Pipis Kucing

Memelihara kucing memang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stress selepas kesibukan kita bekerja. Akan tetapi ada salah satu kelakuan si hewan imut ini yang justru bisa membuat kamu emosi terhadapnya. Salah satunya adalah ketika ia dengan santai pipis pada kasur yang anda miliki. Akan tetapi anda harus bisa menahan emosi, berikut akan saya bahas mengenai cara membersihkan sprei yang kena pipis kucing.

Penanganan Awal Membersihkan Sprei

Ketika sprei terkena pipis kucing, apabila anda langsung mencucinya di mesin cuci biasanya bau menyengat tetap belum hilang sepenuhnya. Hal itu dikarenakan pada urin kucing terkandung feromon yang beraroma tajam, dimana cukup sulit untuk dihilangkan baunya. Hal ini sesuai dengan fungsi feromon yang digunakan oleh kucing untuk menandai wilayahnya.

Bahkan apabila anda langsung mencuci sprei tersebut ke mesin cuci, biasanya bau pipis justru akan tertinggal di mesin cuci sehingga ketika anda mencuci pakaianmu selanjutnya akan ternoda oleh baunya. Tentunya hal seperti ini bukanlah yang ingin anda dapatkan, sehingga sebaiknya anda merendam sprei tersebut sebelum dicuci. Setelah direndam dengan air, angin-anginkan sprei tersebut diluar sebentar sehingga sisa bau pipis bisa memudar.

Tindakan salah lainnya ketika membersihkan sprei yang terkena pipis adalah dengan langsung menggosok atau menguceknya. Perlakuan ini justru akan menyebabkan aroma pipis makin masuk ke dalam serat kain, sehingga akan makin sulit untuk dihilangkan. Kesalahan dalam teknik pencucian inilah yang menyebabkan para pemilik kucing selalu jengkel bukan main ketika hewan peliharaannya buang air sembarangan.

Perendaman

Seperti yang telah saya bahas diatas, cara membersihkan sprei yang kena pipis kucing adalah dilakukan perendaman. Untuk hasil maksimal, anda bisa menggunakan produk penghilang bau sehingga aroma pipis kucing semakin menghilang. Hanya saja, jangan gunakan produk yang mengandung kandungan amonia yang baunya mirip dengan uri. Hal itu dikarenakan justru akan mendorong hewan peliharaanmu untuk terus mengulangi pipis di kasur anda.

Saya sendiri biasanya menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bau pipis kucing pada sprei ini. Saya menggunakan campuran cuka dan air untuk merendam sprei yang habis terkena pipis. Proses perendaman juga tidak perlu dilakukan lama, cukup sekitar 15 menit saja sudah mampu menghilangkan sebagian besar bau pipis kucing.

Agar bau semakin menghilang anda bisa menaburi soda kue di sekitar sprei dimana bubuk soda kue mampu menyerap bau yang tersisa. Setelah dilakukan perendaman, kamu bisa mencucinya dengan menggunakan air tanpa deterjen dan jemur di panas matahari terik. Mencuci tanpa menggunakan deterjen ini dimaksudkan untuk menghilangkan sisa soda kue dan cuka yang kita gunakan.

Ulangi Pencucian

Sampai disini biasanya bau pipis kucing sudah relatif cukup menghilang, akan tetapi untuk memaksimalkannya lagi maka sebaiknya anda mencucinya kembali dengan deterjen. Ada banyak deterjen di pasaran yang bisa anda gunakan, akan tetapi deterjen berbahan enzim dianggap memiliki khasiat terbaik untuk menghilangkan bau.

Setelah anda mencuci menggunakan deterjen, bilas dan jemur pada matahari terik. Penjemuran pada matahari terik akan membuat sisa air seni si kucing menguap sehingga sprei anda bisa bebas sepenuhnya dari bau tidak sedap. Selain bau, sprei yang terkena pipis kucing dianggap mengandung najis hingga baunya hilang. Oleh karena itu, cara membersihkan sprei yang kena pipis kucing ini penting untuk diketahui bagi anda yang memelihara hewan berbulu ini.