Cara Membuat Kucing Bahagia dengan Mudah

Cara Membuat Kucing Bahagia dengan Mudah

Sebagai hewan peliharaan kesayangan kita, kita perlu membuat kucing bahagia. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara membuat kucing bahagia sehingga mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk menyenangkannya. Jangan sampai kita membuat kucing kesayangan kita menjadi stress. Ketika sedang stress, hewan berbulu ini menjadi lebih rentan terserang berbagai penyakit.

Cara Membuat Kucing Bahagia

Ada beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat kucing menjadi bahagia. Berikut ini adalah poin poin yang perlu anda perhatikan.

1. Makanan

Anda perlu secara rutin memberikan makanan yang layak dan disukai oleh si kucing. Rasa lapar akan membuat kucing stres sehingga ia akan mengeong secara terus menerus. Biasanya ia juga menjadi lebih agresif ketika sedang kelaparan sehingga bisa saja ia akan menyerang pemiliknya.

Walau memberikan makan kepada kucing bisa menyenangkannya, anda jangan memberinya dalam jumlah berlebihan. Kelebihan makan akan membuat kucing anda mengalami obesitas yang akan membuat mereka lebih berisiko terhadap penyakit.

2. Kasih sayang

Kucing termasuk hewan yang peka perasaannya, sehingga sangat menyukai ketika diberikan kasih sayang oleh pemiliknya. Sangat disarankan untuk meluangkan waktu setiap hari untuk bermain bersamanya atau minimal mengelus tubuhnya dengan lembut. Dengan memberikan kucing anda kasih sayang, maka ia menjadi merasa dihargai sehingga lebih bahagia.

3. Beri mainan

Sebagai hewan yang menyukai bermain, anda perlu menyediakan mainan kepada kucing untuk menyenangkannya. Sebaiknya anda memilih mainan yang akan membuat kucing bergerak dan berlarian. Aktivitas bermain ini, selain membuat kucing lebih bahagia juga akan menyehatkannya.

Anda bisa membelikan kucing anda mainan di Mypetsindonesia, dimana ada banyak sekali pilihan yang bisa anda beli. Harga yang ditawarkan oleh toko online tersebut terhitung terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong anda.

4. Tempat cakaran

Salah satu hobi kucing adalah mencakar, anda perlu menyediakan tempat khusus yang bisa digunakan kucing untuk mencakarinya. Ada banyak tempat cakaran yang tersedia di pet shop dengan berbagai jenis dan harga. Selain bisa membahagiakan si kucing, tempat cakaran ini juga akan mencegahnya mencakar perabotan di rumah anda seperti tempat tidur dan sofa.

5. Periksa kesehatan secara rutin

Anda perlu mengecek kesehatan kucing anda secara rutin dengan membawanya ke dokter hewan. Kucing yang sehat tentunya akan bahagia, membawa ke dokter hewan secara rutin membuat anda bisa mendeteksi penyakit sedini mungkin sehingga lebih mudah ditangani. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter hewan minimal setiap 3 bulan sekali.

6. Ajak beraktivitas di luar

Sebaiknya anda perlu juga untuk mengajak kucing Anda untuk beraktivitas keluar rumah. Mengajak kucing bermain di luar rumah akan membuatnya terhindar dari kebosanan. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan saat bermain dengan kucing di luar.

Biasanya kucing akan menyukai diajak berjalan jalan keliling taman bersama anda. Hewan ini suka melihat hijaunya dedaunan dan kicauan burung yang ada di sekitar taman. Oleh karena itu, disarankan untuk minimal sebulan sekali anda mengajak kucing anda beraktivitas di luar.

7. Belilah kucing baru

Kucing termasuk hewan sosial yang suka berinteraksi dengan kucing lainnya. Sangat disarankan untuk memelihara lebih dari satu kucing sehingga mereka bisa menjadi teman bermain. Adanya teman bermain akan membuat kucing anda menjadi lebih bahagia, apalagi jika ia merupakan lawan jenisnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kucing anda bahagia.