Cara Memilih Anjing yang Tepat Sebelum Mengadopsinya

Cara Memilih Anjing yang Tepat Sebelum Mengadopsinya
Cara Memilih Anjing

Anjing adalah salah satu hewan yang sangat lucu dan loyal kepada pemiliknya. Banyak orang menyukai hewan yang satu ini dan banyak pula yang menawarkannya untuk open adopsi. Tapi, kamu harus mengetahui cara memilih anjing yang tepat agar tidak tertipu.

Ketahui Cara Memilih Anjing yang Tepat Sebelum Kamu Adopsi

Ya, banyak sekali oknum yang mematok harga tinggi untuk anjing padahal kualitasnya tidak baik. Agar tidak tertipu, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Pastikan yang Menawarnya adalah Orang Terpercaya

Pertama, sebaiknya kamu hanya mengadopsi anjing dari orang atau pihak terpercaya. Kamu bisa mengadopsinya dari teman atau dari tempat jual beli anjing yang ternama. Sebaiknya hindari orang yang menawarkan anjingnya di media sosial.

Bukannya tidak boleh, tapi banyak juga orang yang tertipu karena anjing yang diadopsinya ternyata penyakitan atau sangat nakal. Nah, inilah yang sebenarnya harus dihindari.

  1. Pastikan kamu Datang Langsung dan Mengetahui Anjing Secara Langsung

Untuk mengadopsi anjing sebaiknya kamu datang langsung untuk mengetahui keadaan anjing itu sendiri. Jangan sampai kamu hanya percaya dengan pemasaran lewat dunia internet.

Datang langsung memang memerlukan effort yang cukup banyak ya.. Tapi itu demi kebaikan kamu dan juga anjing itu sendiri.

  1. Nilai Kesan Pertama Anjing kepada Kamu

Setelah datang langsung coba cari anjing yang ingin kamu adopsi. Coba lihat kesan pertamanya kepada kamu. Lihat reaksinya apakah ia merasa senang atau malah takut dengan kamu.

Sebenarnya rasa takut bisa diatasi tapi bukankah lebih baik pilih anjing yang mudah beradaptasi? Ini juga untuk menghindarkan kamu dari sifat anjing yang galak dan benar-benar nakal.

  1. Pastikan Usianya Memang Sudah Bisa Diadopsi

Untuk mengadopsi anjing tidak boleh sembarangan. Minimal usia anjing yang bisa diadopsi adalah 12 minggu. Usia ini sangat pas untuk diadopsi karena mereka sudah bisa makan dan minum sendiri tanpa induknya.

Usia ini juga tidak terlalu dewasa sehingga ia akan mengenal tuannya dengan baik. Anjing akan setia dan loyal ketika sudah besar nanti.

  1. Pastikan Anjing Selalu Terlihat Lincah dan Tidak Lemas

Cara memilih anjing selanjutnya, pastikan anjing yang ingin kamu adopsi ini terlihat sangat lincah. Perhatikan gerak-gering dari anjing tersebut. Jangan mau jika harus mengadopsi anjing tapi lemas dan kurang lincah.

Hal ini menandakan kesehatan anjing itu sendiri. Anjing yang sehat selalu terlihat ceria dan suka bergerak ke sana  kemari.

Penting! Cek Telinga, Hidung, Ekor, dan Lainnya

Untuk  lebih memastikan kesehatan anjing, kamu bisa melakukan pengecekan pada beberapa bagian tubuh anjing. Pertama, kamu bisa melihatnya dari bagian tubuh anjing tersebut.

Pastikan tidak ada penyakit kulit atau jamur yang menempel pada tubuh anjing. Kemudian kamu bisa melihat bagian hidung, pastikan hidungnya lembap karena menandakan kesehatannya baik.

Selanjutnya, buka telinga anjing tersebut dan cek telinga bagian dalamnya apakah ada kemerahan atau tidak. Lihat kedua sisi telinga ya… Jika tidak maka telinga anjing dalam keadaan sehat.

Cek juga bagian ekor, pastikan tidak ada pembengkakan dan pastikan simetris. Cek juga bagian gusinya apakah warnanya merah muda?

Nah, itu dia beberapa cara memilih anjing yang benar sebelum adopsi. Dengan cara di atas maka kamu akan mendapatkan bibit anjing yang baik sehingga biaya yang dikeluarkan sia-sia. Selanjutnya, selalu rawat anjing tersebut dengan baik ya….