Cara Memilih Shampo Anjing dengan Benar

Cara Memilih Shampo Anjing dengan Benar

Bagi anda yang memelihara anjing, tentunya kamu menginginkan hewan peliharaanmu tersebut memiliki bulu yang sehat dan berkilau. Untuk bisa mendapatkan hal tersebut, anda perlu menggunakan shampo berkualitas. Di pasaran sendiri banyak sekali beredar berbagai merk shampo anjing. Saking banyaknya merk shampo yang beredar tersebut, para pemilik hewan menjadi bingung manakah yang paling berkualitas. Oleh sebab itu, di artikel ini saya akan membahas bagaimana cara memilih shampo anjing dengan benar.

Cara Memilih Shampo Anjing

Mengetahui bagaimana cara memilih shampoo untuk anjing dengan benar, tentu merupakan hal yang penting untuk diketahui. Memilih shampo untuk hewan peliharaan ini tidak boleh sembarangan, karena kesehatan bulunya sangat bergantung dengan merk shampo yang anda gunakan.

Sesuai Tujuan

Setiap shampo ternyata memiliki tujuan penggunaannya tersendiri, ada yang berfokus untuk membersihkan, menghilangkan jamur, menghilangkan kutu, mencegah kerontokan dan lain sebagainya. Ada juga shampo anjing yang diklaim multifungsi sehingga memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah pada bulu hewan ini.

Anda perlu mengetahui tujuan pembuatan produk tersebut, sebelum anda membelinya. Jangan sampai ketika anjing anda berjamur, anda justru menggunakan shampo yang tujuannya untuk membunuh kutu. Tentunya shampo tersebut tidak akan bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah jamur pada hewan peliharaan anda.

Memilih Shampo dari Bahan Aman Untuk Hewan

Kulit anjing berbeda dengan yang dimiliki manusia, sehingga anda jangan sampe menggunakan shampo manusia untuk hewan peliharan anda tersebut. Anda harus memastikan bahwa bahan yang digunakan untuk membuat shampo anjing tersebut aman digunakan untuk hewan peliharaan anda tersebut. Biasanya bahan baku pembuatan tertulis di dalam kemasan shampo tersebut, pilihlah shampo yang menggunakan bahan alami.

Salah satu bahan baku shampo yang diklaim aman dan bagus untuk dijadikan shampo hewan adalah lidah buaya. Lidah buaya dapat berfungsi sebagai deodoran, desinfektan dan mencegah iritasi pada kulit. Lidah buaya juga dapat dengan baik membuat bulu anjing anda terlihat sehat dan berkilau. Sedangkan shampo yang terbuat dari kayu putih dianggap bagus untuk mengatasi gatal-gatal pada hewan tersebut. Untuk mencegah ketombe pada anjing, biasanya dipilih shampo yang terbuat dari gliserol.

Apabila anda kurang mengetahui tentang fungsi dari tiap bahan baku shampoo tersebut, anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan langganan anda. Anda juga bisa mendatangi pet shop langganan anda, untuk mengetahui shampo apa yang mereka gunakan untuk memandikan anjing disana.

Memilih Shampo Sesuai dengan Ras Anjing

Biasanya shampo untuk anjing dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk kulit kering dan berminyak. Biasanya jenis kulit in tergantung dari rasnya, ada ras anjing yang memiliki kulit mudah kering dan ada juga yang mudah berminyak. Oleh sebab itu, anda perlu memastikan bahwa ras anjing anda termasuk yang memiliki kulit kering atau berminyak.

Walau begitu, bila anda memelihara anjing secara indoor di ruangan ber-AC, biasanya kulitnya akan menjadi lebih mudah kering. Oleh sebab itu, pilihlah shampo yang didalamnya terkandung pelembang sehingga dapat mengatasi masalah kulit kering tersebut. Kulit kering pada hewan berbulu ini, biasanya ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih di permukaan kulitnya.

Sedangkan beberapa ras anjing kulitnya cenderung mudah berminyak, yaitu ras Cocker Spaniel, Shiba Inu, Shih Tzu dan lainnya. Untuk mengatasi anjing yang memiliki kulit berminyak dan mudah lengket ini, pilihlah shampo yang memang dikhususkan untuk anjing yang memiliki kulit berminyak.

Itulah beberapa cara memilih shampoo anjing sesuai dengan benar. Jangan lupa setelah mencoba shampo yang baru anda beli perhatikanlah bagaimana perubahan yang terjadi pada hewan peliharaan anda tersebut.

 

Tagged with: