Anjing Alergi Makanan? Begini Cara Mendeteksinya

Anjing Alergi Makanan? Begini Cara Mendeteksinya
anjing alergi makanan

Sama halnya dengan manusia, anjing pun dapat mempunyai alergi makanan. Nah, respon alergi pada anjing dapat berkisar dari gejala gatal yang kemudian mengiritasi hingga berbahaya. Alergi pada makanan merupakan salah satu dari jenis alergi ataupun hipersensitivitas yang umum terjadi kepada anjing peliharaan. Berikut adalah beberapa cara mendeteksi anjing alergi makanan.

Dalam hewan peliharaan yang mempunyai alergi, sistem imun mereka akan bereaksi secara berlebih serya menimbulkan antibodi dari zat yang biasanya mampu ditoleransi.

Pada kasus alergi makanan ini, antibodi diproduksi pada kansungan bahan makanan tertentu, biasanya karbohidrat kompleks atau protein. Alergi dapat terjadi saat antibodi diproduksi, biasanya alergi makanan muncul selepas terpapar cukup lama dalam satu jenis, merek, ataupun bentuk makanan.

Ketahui Tentang Cara Mendeteksi Anjing Alergi Makanan

Jika hewan peliharaanmu mempunyai alergi makanan, tips mendeteksinya adalah dengan memperhatikan beberapa gejala di bawah ini:

  • Mengalami Masalah pada Kulit

Urtikaria atau biduran dapat muncul 6 hingga 24 jam selepas anjing peliharaanmu mengkonsumsi makanan yang menimbulkan alergi. Jika anjing memiliki rambut pendek, mungkin kamu dapat melihatnya dengan cukup mudah munculnya benjolan merah yang sangat gatal.

Akan tetapi, jika benjolan tersebut tidak terlalu terlihat, kamu dapat mengetahui gangguan kulit itu dengan memerhatikan tanda yang ditunjukkan oleh anjing dengan serupa.

Terdapat 2 efek samping yang dapat muncul karena kulit gatal serta benjolan merah yang diakibatkan oleh biduran, diantaranya adalah:

    • Menggaruk kulit gatal dengan berlebih dapat mengakibatkan bulu anjing kesayanganmu jadi semakin rontok.
    • Anjing kesayanganmu besar kemungkinan akan menggigit, menggaruk, serta menjilati daerah yang terdampak, sehingga itu dapat mengakibatkan kulitnya menjadi rusak. Jika kulitnya sampai terkelupas atau berdarah, maka anjingmu dapat beresiko terserang infeksi, sehingga dia harus dirawat.
    • Anjing Sering Menggaruk Kulit

Dermatitis alergi merupakan jenis alergi yang umum menyerang hewan peliharaan. Tanda-tandanya ialah kulit yang teriritasi serta terasa gatal yang dapat muncul pada bagian tubuh anjing manasaja. Dalam kasus alergi anjing, tanda yang seringkali muncul di bagian tubuh, seperti cakar, telinga, perut, dan bagian belakang tubuh.

  • Wajah Bengkak

Jika anjing kesayanganmu mempunyai alergi, mungkin kamu akan melihat kelopak mata, bibir, ataupun daun telinga lebih bengkak.

Terdapat perbedaan antara sensitivitas makanan dan alergi makanan. Alergi sendiri akan langsung memicu respon sistem imun tubuh, sementara itu sensitivitas makanan tidak demikian. Jika anjingmu mengalami reaksi dengan bertahap pada sebuah bahan didalam makanannya, itu tidak bisa disebut alergi tapi sensitivitas makanan.

  • Gangguan pada Perut

Alergi makanan dapat mengakibatkan anjing kesayangan mengalami gangguan pencernaan, seperti diare, muntah, dan perut begas.

Makanan Pemicu Alergi Anjing

Makanan yang jadi penyebab paling terlihat alergi, diantaranya adalah daging sapi, ayam, produk susu, telur. Sedangkan makanan yang tidak terlalu umum namun bisa juga mengakibatkan alergi ialah gandum, nasi, dan jagung.

Tips Mendiagnosa Penyakit Ini

  • Diet Eliminasi

Tips mendeteksiĀ  alergi makanan anjing ini hanya bisa dilakukan dibawah perawatan ahli gizi ataupun dokter hewan, yang dapat memberi resep makanan khusus buat anjing selama uji coba.

  • Tes Alergi

Sama halnya manusia, mencaritahu alergi makanan kepada anjing memerlukan waktu. Pertama, dokter hewan bakal mencoba untuk menyingkirkan berbagai hal lain yang dapat mengakibatkan gejala terhadap anjing.

Demikian penjelasan mengenai cara mendeteksi anabulmu alergi makanan. Jika kamu kurang yakin apakah tanda-tanda yang dialami oleh anjing kesayanganmu merupakan tanda alergi ataupun sensitivitas, maka kamu dapat menanyakannya kepada dokter hewan.