Cara Mengatasi Kucing Tersedak Tulang

Cara Mengatasi Kucing Tersedak Tulang
kucing tersedak tulang

Jika kucing tersedak tulang atau biasa disebut ketulangan, maka hal yang harus dilakukan ialah mampu mengendalikannya. Pada kondisi ini, kucing yang tersedak tulang akan terserang kepanikan, lalu mencakar dan menggigit. Oleh sebab itu, kamu harus bisa mengatasi kucing ketulangan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kucing tersedak tulang.

Kucing yang tersedak tulang akan secara mendadak merasa tercekik, kesulitan untuk bernapas, lalu panik. Kalau sudah demikian, ia akan melompat tidak karuan sambil memutar badan, menggigit, atau mencakar ketika kamu ingin memegangnya.

Agar bisa mencegah hal ini terjadi, bauknya jangan memberikan kucing dengan tulang, entah itu tulang ikan atau ayam. Lalu, bagaimana tips mengatas kucing yang ketulangan? Berikut adalah penjelasannya.

Cara Mengatasi Kucing Tersedak Tulang

Sebelum tahu cara mengatasi kucing yang ketulangan, kamu harus mengenali beberapa gejalanya lebih dulu. Tanda-tandanya sedikit sulit dibedakan, sebab hampir mirip dengan tanda-tanda penyakit kucing lainnya. Segeralah melakukan cara penanganan kalau kamu menemukan beberapa tanda seperti berikut:

  • Kucing kesulitan bernapas, sampai dia merasa panik.
  • Kucing batuk keras seperti akan muntah.
  • Kucing mengeluarkan liuran tanpa henti.
  • Kucing mual dan ingin muntah.
  • Kucing menggaruk area mulut terus-menerus.
  • Mengalami perubahan warna pada gusi, yakni menjadi lebih keunguan atau kebiruan.

Kalau kamu melihat dia menunjukkan beberapa tanda di atas, maka segera pastikan. Karena, boleh jadi kucing mengkonsumsi sesuatu yang dinilai mendurigakan. Jika beberapa tanda tersebut terjadi ketika kucing sedang tidur, besar kemungkinan bukan tersedak tulang. Biasa saja dia mengidap gangguan kesehatan lainnya, seperti flu kucing.

Tapi, jika beberapa tanda itu muncul sesaat selepas diberikan makanan, maka boleh jadi dia sedang tersedak atau ketulangan. Dibawah ini adalah 3 langkah untuk mengatasi kucing tersedak tulang:

  • Tersedak Hewan

Kucing memiliki kegemaran menggigit berbagai hewan berukuran kecil yang ada di dekatnya, seperti halnya belalang, jangkrik, cicak, kecoa, dan lainnya. Tujuannya memang bermain. Akan tetapi, banyak juga dari mereka yang menelan tanpa mengunyah lebih dahulu lantaran terlalu gemas. Alhasil, kucing bisa kehabisan napas lantaran telat mendapatkan pertolongan.

  • Tersedak Tulang Ikan

Kalau benar terdapat tulang ikan di tenggorokan, kamu dapat memakai pinset kemudian mengeluarkan tulang tersebut dengan perlahan. Langkah ini bisa dipakai jika posisi tulang tak terlalu dalam. Kalau tidak mampu dijangkau menggunakan pinset, beri makan atau minum supaya tulang itu masuk ke dalam perut.

Jika dia menolak apa saja yang diberikan, kamu bisa melakukan manuver Heimlich dengan cara seperti:

    • Pegang kucing [punggung menempel pada dada, serta kaki dalam keadaan menggantung].
    • Letakkan tangan pada perut, di bawah tulang dada.
    • Pakai tangan itu agar bisa mendorong perut kearah dalam dengan kuat tapi lembut. Lakukan dorongan kedalam kemudian keatas dengan berurutan, sebanyak 2 hingga 3 kali.
    • Setelah melakukannya, kucing biasanya akan memuntahkan tulang tersebut.
    • Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan selepas melakukan manuver ini, sebab ada kemungkinan dia terluka.
  • Tersedak Tulang Ayam

Ada sebagian kucing yang tidak menghancurkan atau mengunyah makanannya dengan bagus, sehingga dia rentan tersedak. Kucing memang sangat suka tulang, baik tulang bebek, ayam, atau tulang unggas lain. Kalau mengalami ketulangan pasca mengkonsumsinya, kamu bisa melakukan manuver Heimlich.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi kucing tersedak tulang. Jika dipastikan bahwa dia tersedak salah satu dari hewan diatas, keluarkan dengan memakai pinset dengan perlahan dan juga hati-hati.

Incoming search terms:

  • tulang pada kucing dan penjelasan nya