Cara Mengelus Kucing dengan Benar Menurut Ahlinya

Cara Mengelus Kucing dengan Benar Menurut Ahlinya

Kucing dianggap salah satu hewan peliharaan yang sulit ditebak. Terkadang ia akan mencari perhatian terhadap pemiliknya, menggesekkan tubuhnya ke kaki, atau bahkan naik ke pangkuan. Mereka akan protes dan berusaha mencari perhatian ketika tidak kamu berikan elusan yang diinginkannya. Akan tetapi ternyata mengelus kucing tidak bisa sembarangan, cara yang salah justru akan menyebabkan kucing menjadi marah.

Cara Mengelus Kucing

Pengetahuan tentang cara mengelus kucing yang benar ternyata merupakan hal yang penting. Dengan begitu anda bisa mengetahui bagaimana cara menyenangkan hewan peliharaan anda tersebut. Beirkut ini adalah cara mengelus kucing dengan benar yang diambil dari berbagai sumber terpercaya.

1. Waktu mengelus sesuai dengan keinginan kucing

Mungkin kita sering gemas ketika melihat kucing peliharaan kita sedang duduk diam dan akhirnya memaksa untuk mengelusnya. Padahal sebaiknya kita menyerahkan pilihan untuk mengelus atau tidak kepada kucing kita. Jangan memaksakan untuk mengelusnya ketika ia sedang tidak ingin diganggu. Begitupun masalah durasi, ketika dia sudah tidak nyaman untuk dielus maka sebaiknya anda berhenti.

2. Berkenalan terlebih dahulu

Bagi kamu yang baru pertama kali mengelus seekor kucing, maka anda perlu memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum mulai menyentuhnya. Cara berkenalan sebelum mengelus kucing ini tidaklah sulit, julurkanlah tanganmu dihadapannya. Biasanya si kucing akan mulai mengendus-endus tangan yang kamu julurkan tersebut. Ini merupakan cara kucing untuk mengidentifikasi apakah kamu merupakan ancaman atau bukan.

Ketika ia sudah menggesekkan kepalanya pada jarimu, maka itu berarti kucing telah mengidentifikasi bahwa tanganmu bukan merupakan ancaman. Bisa dibilang itu merupakan lampu hijau yang menandakan bahwa si kucing tidak keberatan untuk kamu sentuh dan elus. Setelah itu kamu bisa mulai langsung mengelusnya dengan lembut sehingga ia merasa nyaman.

3. Hindari melakukan hal berikut ini

Ada beberapa hal yang perlu kamu hindari agar si kucing tidak menganggap kehadiranmu merupakan sebuah ancaman. Menurut ahli kucing dari Jakarta Muthi Muftihah, beberapa hal berikut ini sebaiknya dihindari agar kucing tidak menganggapmu musuh.

  1. Jangan membuat suara yang keras dan gerakan mendadak karena akan membuat si kucing menjadi kaget.
  2. Dekati secara perlahan dan duduk di lantai hingga mata kalian sejajar.
  3. Jangan berdiri di depannya karena ini akan membuatmu terlihat besar dan dianggap ancaman.
  4. Rayu kucing untuk mendekatimu dengan makanan sehingga ia merasa nyaman denganmu.
  5. Jangan mengeejar mereka ketika ia menjauh karena hal ini akan membuatnya takut.

4. Area yang membuat nyaman kucing ketika dielus

Salah satu cara mengelus kucing yang perlu anda perhatikan adalah area mana yang disukai kucing untuk dielus. Berikut ini beberapa area favorit kucing yang akan membuatnya nyaman ketika anda elus.

  1. Belakang kepala : Eluslah bagian belakang kucing anda searah dengan jalur tumbuh bulu mereka. Kamu bisa melanjutkan mengelus bagian punggungnya juga.
  2. Di bawah dagu : Ini merupakan area favorit kucing untuk dielus, biasanya ia akan meregangkan leher untuk menunjukkan rasa nyamannya.
  3. Area pipi : Di bagian pipi ini terdapat scent gland atau kelenjar aroma, ketika anda menyentuh pipiinya maka scent gland akan mengeluarkan aroma yang hanya bisa dicium oleh kucing.
  4. Area dahi di antara mata : Area dahi juga merupakan titip yang sangat disukai kucing ketika dielus.Hal itulah mengapa kucing suka menabrakan bagian dahinya ke jari manusia.

5. Area terlarang

Selain area favorit kucing, anda juga mengetahui area terlarang yang tidak boleh disentuh. Biasanya kucing akan marah dan berontak ketika beberapa area terlarang berikut disentuh oleh kita.

  1. Perut : Kucing menggap bagian perut sebagai salah satu area paling pribadinya. Hal itu dikarenakan perut merupakan bagian paling rentan milik mamalia untuk diserang.
  2. Kaki : Kucing akan kesal ketika kita menyentuh bagian kakinya terutama pada bagian telapak kaki.
  3. Ekor : Ekor merupakan salah satu organ penting yang berpengaruh ke keseimbangan kucing, sehingga ia akan langsung marah dan menyerangmu ketika kamu menyentuh atau bahkan menarik ekornya.

6. Tanda kucing sedang tidak senang dielus

Ada beberapa tanda pada kucing yang akan menunjukkan ketidaknyamanannya ketika anda elus. Biasanya mereka sedang ingin tidak diganggu sehingga menolak anda untuk menyentuhnya. Berikut ini tanda kucing sedang tidak senang dielus oleh anda.

  1. Mengeong keras ataupun mengeluarkan suara seperti mendengkur.
  2. Menggoyangkan ekornya secara cepat kenan dan kakiri.
  3. Kaki depann si kucing melakukan gerakan seperti sedang memijang.
  4. Mendorong tanganmu ketika sedang mengelusnya.
  5. Telinga mengarah ke sisinya sehingga sejajar dengan kepala.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui seputar cara mengelus kucing dengan benar. Dengan mengetahui beberapa hal diatas, anda menjadi tahu kapan harus mengelus dan kapan tidak serta teknik mengelus yang benar.