Cara Menghitung Kandungan Protein di Makanan Kucing?

Cara Menghitung Kandungan Protein di Makanan Kucing?
Artikel kucing mypets

Kucing merupakan hewan yang mengandalkan protein sebagai sumber energinya. Bagi kucing protein juga berfungsi untuk merawat bulu, rambut dan kuku. Kebutuhan protein ini biasanya didapatkan dari makanan yang dikonsumsi oleh kucing.  Berdasarkan Asosiasi Kontrol Makanan Amerika (AAFCO) protein pada makanan kucing harus mengandung minimal 26% untuk makanan kucing dewasa dan 30% untuk makanan kucing hamil dan anak kucing (kitten). Hal ini dikarenakan kucing membutuhkan sekitar 2,3 gram per pound (sekitar 4,6 gram per kilogram) berat tubuhnya.

Lalu bagaimana cara mengetahui jumlah protein pada makanan kucing yang dikonsumsi? Ada beberapa cara yang mudah yaitu dengan melihat kemasan dan menghitungnya. Untuk menghitung protein di makanan kucing caranya cukup mudah dan kami mengambil contoh dengan produk Yummy yang baik untuk bulu dan kulit. Caranya sederhana saja yaitu sebagai berikut:

  1. 100% – moisture content = dry matter %

Pada kemasan Yummy dijelaskan bahwa moisture content adalh 85%. Sehingga dry matter yang kita dapatkan adalah 100%-85% = 15%.

  1. Protein% / dry matter% = crude protein

Setelah mendapatkan angka dry matter, lalu kita melihat persen kadar protein pada kemasan Yummy yaitu 6%. Sehingga dapat kita hitung menjadi 6%/15% = 0,4.

  1. Crude protein x 100% = crude protein %

Setelah kita mendapatkan kedua angka tadi, lalu kita bisa mendapatkan hasilnya yaitu: 0,4 x 100% = 40%. Inilah jumlah kandungan protein pada produk makanan kucing Yummy.

Itulah cara menghitung kandungan protein makanan kucing. Ternyata produk Yummy sangat baik untuk kucing. Dikarenakan protein yang dikandungnya ada di atas kebutuhan minimal yang disarankan oleh AAFCO namun juga tidak berlebihan (di atas 50%) sehingga mampu mencukupi asupan protein untuk kucing kesayangan dengan sangat baik.

Tagged with: , ,