Cara Mengobati Kucing Batuk dengan Benar

Cara Mengobati Kucing Batuk dengan Benar

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering menimpa kucing, khususnya ketika memasuki musim penghujan seperti sekarang. Batuk umumnya disebabkan karena serangan virus yang menginfeksi saluran pencernaan hewan berbulu tersebut. Cara mengobati kucing batuk harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Oleh karena itu, mengetahui penyebab kucing batuk menjadi kunci utama dalam pengobatannya. Salah mendeteksi penyebab kucing anda batuk, bisa membuat pengobatan yang kita lakukan menjadi percuma. Di artikel kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara mengobati kucing batuk dengan benar, sesuai dengan penyebabnya.

Asma

Asma merupakan penyakit yang diakibatkan adanya gangguan sistem pernapasan bagian bawah. Selain batuk, gejala kucing yang terserang asma adalah mengalami sesak nafas. Tentu kondisi ini bisa berakibat fatal, karena bagaimanapun juga setiap makhluk hidup membutuhkan bernafas untuk bertahan hidup.

Cara mengobati kucing batuk yang disebabkan oleh asma salah satunya dengan memberikan Batuxin. Obat ini secara efektif mampu membuat sistem pernapasan kucing menjadi lebih lega sehingga terhindar dari sesak nafas. Akan tetapi, membawanya ke dokter hewan untuk didiagnosis menjadi tindakan yang lebih tepat.

Ada beberapa penyakit lain yang memiliki gejala mirip seperti Asma, seperti kanker paru-paru, pneumonia, infeksi cacing jantung dan lain sebagainya. Biasanya dokter hewan akan mendiagnosis lebih detail tentang penyebab utama sesak nafas yang diderita oleh hewan peliharaan anda dengan benar. Oleh sebab itu, jangan menunda membawa hewan kesayangan anda ke dokter hewan karena dengan menundanya akan membuat kondisinya menjadi lebih memburuk.

Infeksi Virus

Kucing yang terkena infeksi virus di sistem saluran pernapasannya akan mengalami batuk, pilek, bersin dan terkadang demam. Infeksi virus juga tidak boleh dianggap enteng, karena seringkali menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan baik. Selain membawanya ke dokter hewan, cara mengobati kucing batuk yang disebabkan oleh infeksi virus adalah dengan memberinya nutrisi dalam jumlah cukup.

Ketika kucing peliharaan anda tidak mau makan, anda perlu memaksanya agar tetap mendapatkan nutrisi. Anda bisa menggunakan suntikan yang telah diambil bagian jarumnya, untuk memasukkan makanan lembek untuk dikonsumsi kucing anda. Penggunaan Wet Food yang telah dilembekkan menjadi pilihan yang tepat sebagai asupan nutrisi selama kucing anda sakit.

Alergi

Kucing yang batuk dikarenakan alergi lebih mudah untuk diobati dengan cara menjauhkan alergen darinya. Akan tetapi anda perlu mengidentifikasi dengan benar benda apa yang membuat kucing anda alergi. Anda bisa memperkirakannya dengan cara mengingat benda apa saja yang sekiranya baru masuk ke dalam rumah anda.

Dengan menyortir benda apa saja yang baru masuk tersebut, anda bisa dengan lebih mudah untuk memperkirakan penyebab alergi tersebut. Biasanya kucing menjadi alergi disebabkan adanya tumbuhan, asap, bau parfum ataupun serangan kutu. Setelah menyingkirkan penyebab alergi tersebut, biasanya si kucing akan sembuh dengan cepat.

Cacingan

Cacingan menjadi salah satu penyebab batuk yang umum terjadi pada kucing yang dipelihara outdoor. Untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh infeksi cacing ini, anda bisa memberikan hewan peliharaan anda obat cacing. Walau begitu, sebaiknya anda membawa kucing peliharaan anda tersebut ke dokter hewan. Hal ini dikarenakan karena setiap jenis cacing memiliki obat yang berbeda, sehingga biarkan dokter mendiagnosis jenis cacing yang menginfeksi hewan peliharaan anda.

Untuk mencegah kucing anda cacingan, sebaiknya anda memberikan obat cacing setiap 3 bulan sekali. Beberapa obat cacing yang dinilai cukup ampuh untuk membasmi berbagai cacing adalah drontal. Drontal terbukti ampuh untuk membunuh cacing pita, gelang dan lain sebagainya.