Cara Mengobati Kucing Pilek Dengan Benar

Cara Mengobati Kucing Pilek Dengan Benar

Pilek menjadi salah satu gejala dari penyakit flu yang disebabkan oleh virus yang bisa menyerang kucing kesayangan kita. Serangan flu pada kucing seringkali datang ketika memasuki musim penghujan, sehingga anda perlu menyiapkan diri ketika kucing peliharaan anda terserang penyakit ini. Cara mengobati kucing pilek sebenarnya tidak terlalu sulit yang penting anda perlu dengan sabar dan teliti merawatnya.

Cara Mengobati Kucing Pilek

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengobati kucing anda yang terserang pilek diantaranya adalah :

1. Berikan antibiotik

Pemberian antibiotik ini harus dilakukan dengan konsultasi dokter hewan agar dosisnya tepat. Pemberian antibiotik memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder yang diakibatkan oleh bakteri. Ketika kucing anda pilek, maka daya tahan tubuhnya melemah sehingga memiliki resiko tinggi untuk terjadinya infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri. Dengan memberinya antibiotik, maka serangan bakteri ini bisa dicegah.

2. Berikan terapi uap

Anda bisa memberikan kucing anda yang pilek terapi uap untuk mencairkan lendir yang ada di hidungnya. Uap yang hangat dapat secara efektif membuat kucing bisa bernafas dengan lebih baik. Cara pemberian terapi uang ini bukan dengan meletakkan kepala kucing di atas semangkuk air mendidih ya.

Penggunaan cara seperti itu sangat berbahaya, karena bila kucing anda panik dan membalik mangkok maka anda dan si kucing terancam dalam bahaya. Pemberian terapi uap dapat dilakukan dengan menaruh kucing anda pada ruangan tertutup yang ada uapnya. Biasanya dengan membiarkannya bernapas pada ruangan beruap selama 10 menit, kucing bisa bernapas lebih mudah.

3. Bersihkan hidung

Anda perlu menjaga kebersihan hidung kucing anda yang sedang sakit pilek. Apabila hidung kucing anda terlihat ada ingus yang menyumbatnya, maka gunakan kapas yang telah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkannya. Apabila ingus yang terdapat dalam hidung kucing anda jumlahnya sangat banyak, maka menyeka hidungnya setiap 15 menit dapat membuatnya bernapas dengan lebih lega.

4. Memberikan obat pengencer ingus

Biasanya jika anda membawa kucing yang sedang pilek ke dokter hewan, sang dokter akan memberikan obat mucolytic. Obat ini memiliki fungsi untuk mengencerkan ingus yang mengental sehingga kucing anda bisa bernapas dengan lebih lega. Salah satu obat mucolytic yang sering diresepkan oleh dokter adalah Bisolvin yang cukup efektif untuk mencairkan ingus. Di dalam Bisolvin terkandung Bromhexine yang mampu membuat ingus mencair dan berkurang jumlahnya.

Pemberian obat ini bisa dilakukan dengan mencampurnya pada makanan yang dikonsumsi kucing anda. Pemberian dosis Bisolvin biasanya disesuaikan dengan berat badan kucing anda, yaitu setiap 5 kg berat badan dosisnya 0,5 gram. Pemberian obat ini dilakukan sebanyak 2 kali sehari dengan dosis diatas.

5. Beri makanan yang bergizi

Agar kucing anda bisa cepat sembuh dari sakit pileknya, anda perlu memberinya makanan bergizi. Memang ketika kucing sakit, ia menjadi tidak nafsu makan. Anda perlu menyuapinya menggunakan suntikan yang telah diambil bagian jarumnya. Anda juga sebaiknya memberikan kucing anda susu sebagai nutrisi tambahan agar ia bisa cepat sehat.

Pemberian makanan kepada kucing sakit biasanya menjadi kesulitan tersendiri, apalagi jika hewan peliharaan anda tersebut muntah ketika dipaksa makan. Salah satu cara agar makanan bisa masuk secara optimal adalah dengan memberikannya dalam jumlah sedikit tetapi sering. Misalnya saja anda menyuapinya setiap jam satu sendok makan, dengan begitu jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh kucing bisa lebih maksimal.