Cara Menjaga Anjing Agar Tidak Bau dan Tetap Bersih

Cara Menjaga Anjing Agar Tidak Bau dan Tetap Bersih
agar anjing tidak bau

Bagi para pecinta hewan peliharaan, kamu perlu tahu bagaimana cara menjaga agar anjing tidak bau. Hewan ini bisa menjadi sahabat terbaik bagi manusia, sehingga bisa menghiburmu dikala sedih atau stres. Walau anjing bisa membuatmu bahagia, tetap saja dibutuhkan cara khusus untuk merawat dan menjaganya agar tetap wangi dan bersih.

Ketika anjing kesayanganmu selalu bersih dan wangi, pasti kamu akan merasa nyaman dan senang saat bersamanya. Terlebih urusan merawat anjung itu bukanlah perkara yang mudah. Tentu tidak mungkin kalau kamu harus memandikannya setiap hari agar anjing tetap bersih dan wangi.

Kenali Apa Saja Penyebab Anjing Bau

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara agar anjing tidak bau, kamu harus tahu dulu apa saja penyebabnya. Bau pada anjing ini banyak sekali penyebabnya mulai dari kondisi kulit, bulu, dan kondisi kesehatannya. Dalam hal ini untuk menghilangkan bau tidak hanya memandikan saja.

Sebelum melakukan tindakan, silahkan kenali dulu apa saja yang menyebabkan anjing mengeluarkan bau tak sedap. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Mengeluarkan bau napas tak sedap

Masalah bau pada anjing bisa terjadi karena masalah bau napas tak sedap. Biasanya penyakit yang menyebabkan anjing keluarkan bau tak sedap karena mengalami penyakit diabetes dan gagal ginjal.

  1. Terjadi infeksi telinga

Maslaah anjing bau selanjutnya terjadi karena ada bakteri infeksi yang menyerang telinganya. Hal ini ditandai dengan kebiasaan anjing menggoyangkan kepala atau menggaruk telinganya.

  1. Badan anjing basah

Masalah bau anjing bisa terjadi ketika badannya basah. Hal ini ketika anjing suka main air dan tidak mendapatkan perawatan dengan benar bisa menyebabkan anjing mengeluarkan bau tak sedap.

  1. Badan anjing terkena kotoran

Biasanya anjing suka berguling-guling di taman atau dimana saja. ketika saat berguling anjing terkena kotoran, udah pasti akan menyebabkan bau tak sedap pada anjing.

Cara Menjaga agar Anjing Tidak Bau Dan Tetap Bersih

Setelah tahu beberapa hal yang menyebabkan anjing mengeluarkan bau tak sedap. kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara agar anjing tidak bau. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Menyikat bulu anjing

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau pada anjing adalah menyikat bulunya. Cara ini lebih cepat dan mudah untuk menghilangkan bau pada anjing. Saat menyikat bulu anjing, gunakan sikat yang lebar dan lembut.

  1. Menjaga kebersihan gigi

Agar tidak mengeluarkan bau mulit tak sedap pada anjing, silahkan untuk rutin membersihkan gigi anjing. Hampir sama dengan manusia, kalau tidak membersihkan gigi secara rutin akan menyebabkan bau mulut. Jadi pastikan untuk rutin membersihkan gigi anjing secara rutin dengan menggunakan sikat yang lebar dan lembut.

  1. Membersihkan telinga anjing

Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau masalah bau pada anjing bisa saja terjadi karena ada infeksi pada telinga. Jadi sebagai pecinta anjing kamu perlu memperhatikan kesehatan dan kebersihan telinga anjing. Nah, untuk membersihkan telinga kamu bisa gunakan baby oil dan bola kapas.

  1. Mandi kering menggunakan baking soda

Salah satu penyebab anjing bau adalah badannya yang basah. Kalau mandi basah itu membutuhkan waktu yang lama agar bulunya bisa kering. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa mencoba mandi kering. Caranya cukup mudah, silahkan taburkan bakinng soda pada bulu anjing. setelah itu kamu bisa menggosoknya ke bawah dengan mengandalkan sikat yang lembut.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara mudah agar anjing tidak bau. Memang tidak mudah untuk memelihara anjing agar tetap bersih dan wangi. Setelah tahu penjelasan ini, kamu akan betah bermain dengan anjing peliharaan karena selalu bersih dan wangi.