Cara Menjinakkan Kucing Liar dan Tahapannya

Cara Menjinakkan Kucing Liar dan Tahapannya

Kucing liar merupakan kucing yang hidup di alam bebas dan jarang melakukan kontak langsung dengan manusia. Jenis kucing ini masih memiliki insting liar yang tinggi sehingga sulit untuk diajak berinteraksi. Cara menjinakkan kucing liar perlu dilakukan secara bertahap dan dibutuhkan kesabaran yang berlimpah.

Cara Menjinakkan Kucing Liar

Beberapa tahapan yang perlu anda lakukan di dalam cara menjinakkan kucing liar adalah sebagai berikut :

1. Menangkap kucing liar

Menangkap kucing liar tidaklah mudah, jangan kaget bila ia langsung melarikan diri ketika anda dekati. Salah satu cara menangkap kucing liar adalah dengan menggunakan kandang perangkap yang aman baginya. Jenis kandang ini bagian pintunya akan langsung tertutup ketika si kucing menginjak sebuah panel yang ada di dasar kandang.

Untuk membuat si kucing masuk ke dalam kandang, anda bisa menempatkan beberapa potong makanan di dalam kandang tersebut. Dengan begitu si kucing yang ingin makan akan masuk kedalam kandang sehingga bisa tertangkap. Disarankan untuk melapisi bagian bawah kandang dengan handuk atau selimut agar si kucing merasa nyaman di dalamnya.

2. Siapkan ruangan bagi si kucing

Ketika anda pertama kali membawa kucing liar ke dalam rumah, tempatkanlah ia dalam ruangan tertutup sampai si kucing terbiasa dengan anda dan lingkungan barunya. Anda bisa menaruhnya pada ruangan kecil yang tenang, seperti di kamar mandi yang jauh dari orang dan hewan peliharaan anda lainnya.

Di dalam ruangan tersebut anda perlu menyiapkan litter box berisi pasir, tempat makanan, tempat air dan beberapa mainan. Anda juga perlu memastikan bahwa jendela dan pintu pada ruangan tersebut tertutup sehingga si kucing tidak melarikan diri. Periksa juga apakah ada lubang yang bisa digunakan oleh kucing liar ini untuk keluar.

3. Akrabkan Diri dengan Makanan

Langkah penting dalam cara menjinakkan kucing liar adalah membuatnya akrab dengan anda. Agar si kucing mudah akrab dengan anda, buatlah ia terbiasa dengan kehadiranmu. Salah satu caranya adalah dengan memberikannya makanan yang disukainya, dengan begitu ia merasa kalau ia disayangi.

Anda bisa memulai mengakrabkan diri kepadanya dengan memberinya makanan ketika ia sedang berada di luar. Berikan ia makan pada waktu yang sama setiap harinya sehingga ia mengetahui kapan jam makan. Setelah ia mulai terbiasa dan akrab dengan anda, mulailah untuk mengelusnya agar ia merasa nyaman.

4. Ajak Brmain

Walaupun terbiasa hidup di secara liar di alam bebas, bukan berarti si kucing tidak menyukai bermain. Anda bisa mengajaknya bermain dengan berbagai mainan ringan yang bisa anda dapatkan di pet shop terdekat. Salah satu mainan yang efektif menarik mayoritas kucing adalah mainan pancingan yang dibuat dengan merekatkan kain kecil pada benang yang diikat pada tongkat kecil.

Akan tetapi anda harus memberikan pengawasan terhadapnya ketika bermain. Jangan biarkan ia bermain benang sendirian karena bisa saja termakan yang akan menyebabkan benang tersebut tersangkut di usus. Jika sudah begitu maka perawatan intensif di dokter hewan menjadi suatu hal yang wajib.

5. Interaksi dengan tangan

Pada awalnya kucing liar akan merasa waspada dengan manusia, sehingga membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan tangan anda. Salah satu cara agar ia terbiasa dengan tangan anda adalah dengan meletakkan tangan tersebut di lantai yang ada di dekatnya. Biarkan si kucing mendekati tangan anda dan menciuminya, dengan begitu ia akan terbiasa dengan tangan anda dan tak akan menyerang ketika anda ingin mengelusnya.