Cara Merawat Kucing Persia Untuk Pemula

Cara Merawat Kucing Persia Untuk Pemula

Kucing persia merupakan ras yang memiliki wajah menggemaskan dan bulu panjang. Oleh karena itu, cara merawat kucing persia lebih difokuskan pada permasalahan bulu yang perlu ketelatenan. Masalah kesehatan pun tak kalah penting untuk anda perhatikan, terutama masalah sistem saluran kemih ras ini yang sering mengalami masalah.

Cara Merawat Kucing Persia

Untuk membuat penampilan kucing persia anda terlihat menarik dan kondisinya selalu sehat, anda perlu mengutamakan masalah kebersihan, makanan dan vaksin. Berikut ini beberapa cara merawat kucing persia yang perlu anda lakukan.

Grooming

Karena kucing persia memiliki bulu yang panjang, maka anda perlu melakukan grooming kepada kucing persia anda secara rutin. Bulu kucing persia yang lebat dan panjang, jika tidak dijaga kebersihannya maka akan menjadi sarang penyakit, seperti jamur dan kutu. Sebaiknya anda melakukan grooming kucing persia anda setiap 2 minggu sekali sehingga kerapian bulunya bisa terjaga, begitupun dengan kebersihannya.

Menyisir

Selain melakukan grooming, anda perlu menyisir bulu kucing persia minimal 2 hari sekali. Dengan menyisir bulu ini akan membuat bulu yang mati menjadi terangkat sehingga ketika kucing anda menjilatinya tidak akan mengakibatkan terkena hairball. Hairball memang tidak terlalu membahayakan kucing, tetapi ini akan mengurangi kenyamanannya.

Beri makanan bergizi

Makanan merupakan sumber nutrisi bagi makhluk hidup begitu juga untuk kucing persia peliharaan anda. Oleh karena itu, di dalam cara merawat kucing persia anda tidak boleh menyepelekan masalah makanan ini. Berikan kucing peliharaan anda makanan bergizi tinggi sehingga kebutuhan nutrisi kucing anda bisa terpenuhi.

Bersihkan mata

Salah satu permasalah pada kucing persia adalah banyaknya kotoran mata yang dimilikinya. Kucing persia peliharaan anda tidak bisa membersihkan kotoran mata tersebut. Oleh sebab itu, sebagai pemiliknya anda perlu membersihkan kotoran itu secara rutin setiap pagi dan malam hari menggunakan tisu yang dibasahi dengan air. Kotoran mata yang terlanjur mengering ini bisa membuat bagian sekitar mata kucing anda menjadi terluka.

Jemur setiap pagi

Untuk mencegah tumbuhnya jamur dan kutu di sekitar bulu kucing persia yang lebat, jemurlah ia setiap pagi hari. Menjemur kucing persia anda ini tidak perlu lama, cukup sekitar 15 menit saja di antara jam 8 hingga 10. Melakukan penjemuran secara rutin ini juga efektif meningkatkan daya tahan kucing anda agar selalu sehat setiap waktu.

Air minum

Ras persia seringkali memiliki masalah pada sistem saluran kemih yang dimilikinya. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan masalah air minum ini dengan serius. Berikan air minum kepada kucing anda yang bebas zat kimia, kapur ataupun terdapat endapan di dalamnya. Air mineral, air mata air ataupun air RO bisa menjadi pilihan terbaik untuk konsumsi air minum hewan peliharaan anda.

Kebersihan kandang

Bagi anda yang suka menaruh kucing anda di dalam kandang maka kebersihan kandang perlu diperhatikan dengan baik. Usahakan anda mencuci kandang tempat kucing anda tinggal ini setiap seminggu sekali. Menjemur kandang juga perlu dilakukan secara rutin, agar tidak ada jamur ataupun kuman yang tinggal di kandang tersebut.

Sediakan litter box

Agar kucing anda tidak buang kotoran sembarangan maka anda perlu menyediakan litter box untuknya. Dengan begitu anda menjadi lebih mudah untuk membersihkan kotoran yang dikeluarkan hewan peliharaan anda. Gunakan pula pasir yang bisa menggumpal dan menyerap bau kotoran kucing persia anda sehingga rumah anda pun tidak menjadi bau.

Itulah beberapa cara merawat kucing persia untuk pemula yang perlu anda lakukan agar bisa membuat kucing anda nyaman dan sehat.