Cek Berat Badan Ideal Pada Kucingmu untuk Kesehatan

Cek Berat Badan Ideal Pada Kucingmu untuk Kesehatan

berat badan ideal untuk kucing – Halo para pecinta kucing yang ingin kucingnya gemuk. Hal ini lumrah ketika banyak juga yang mencari makanan penggemuk kucing.

Kucing yang gemuk mungkin terlihat lucu dan menggemaskan, tapi jangan lupa akan kesehatannya yang lebih penting. Untuk itu, daripada memikirkan bagaimana menggemukkan kucing, lebih baik memastikan apakah berat badan kucing kamu sudah ideal atau belum?

Berat Badan Ideal untuk Kucing

Berat badan kucing berbeda-beda mengikuti perkembangan usianya. Tapi, bukan berarti tidak ada parameter untuk mengenali berat badan ideal untuk kucing.

Salah satu cara mengenalinya adalah dengan meraba tubuh kucing Anda. Kucing yang terlalu gemuk, ketika diraba tubuhnya maka Anda sulit merasakan tulang rusuknya karena lapisan lemak terlalu tebal.

Sebaliknya, kucing yang terlalu kurus, tulang rusuknya akan terlalu kelihatan, meski pun PetLovers tidak merabanya. Mengukur berat badan akan menjadi keputusan yang tepat sebelum Anda memutuskan untuk membeli makanan penggemuk kucing atau tidak.

Penyebab Kucing Kelebihan Berat Badan

Banyak faktor yang membuat kucing kelebihan berat badan. Salah satunya adalah pemberian porsi makan yang berlebihan. Kadang, yang sering terjadi pada kucing rumahan adalah, mereka sering mendatangi Anda dengan wajah sedih seolah masih ingin diberikan tambahan makanan. Jika Anda tidak disiplin menerapkan pola makan yang tepat, maka hal seperti ini bisa membuat kucing kelebihan berat badan.

Selain itu juga soal perilaku. Ada beberapa kucing yang memang malas gerak. Hal ini bisa mempengaruhi berat badannya. Kucing yang dikebiri atau di-steril juga akan mengalami peningkatan berat badan jika tidak didukung asupan makanan yang tepat serta olahraga yang cukup.

Penyebab Kucing Terlalu Kurus

Sebenarnya, saat kucing sehat, kucing dewasa tidak akan mengalami perubahan berat badan secara signifikan. Oleh karena itu, jika tiba-tiba kucing dewasa, kehilangan berat badannya, bisa jadi karena ada masalah kesehatan. Konsultasikan dengan dokter hewan jika kucing mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Sama seperti masalah ketika kucing kegemukan, kucing yang terlalu kurus pun bisa jadi karena porsi makannya yang kurang. Untuk itu penting memerhatikan takaran saji yang ada di belakang kemasan. Penting juga memerhatikan komposisi dari makanan kucing tersebut agar memenuhi nutrisi harian. Karena jika tidak, berat badan kucing akan di bawah ideal.

Tagged with: ,