Ciri-Ciri Anjing Husky Stres, Kenali Juga Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Anjing Husky Stres, Kenali Juga Cara Mengatasinya
ciri-ciri anjing husky stres

Tahukah kalian bahwa husky merupakan ras anjing yang sangat sensitif. Dibalik perilaku mereka yang nakal dan konyol, sebetulnya Husky mempunyai levek kepekaan tinggi. Hal itulah yang membuat mereka rentan mengalami beberapa hal seperti cemasakan berpisah dengan pemiliknya sampai akhirnya mudah stres. Berikut adalah ciri-ciri anjing husky stres yang harus kalian ketahui.

Banyak lingkungan dan situasi yang bisa mengakibatkan anjing husky terserang kecemasan hingga stres. Penting juga untuk kalian mengetahui beberapa gejala stres pada ahusky ini, supaya kalian dapat segera mencari penanganan untuk menjaga mood mereka.

5 Ciri-Ciri Anjing Husky Stres

Kalian harus bisa mengenal bahasa tubuh anjing. Dibawah ini adalah beberapa tandayang memperlihatkan bahwa husky sedang cemas atau stres:

  • Ekor Terselip

Ciri-ciri terjelas saat husky stres dapat dilihat melalui ekor yang melengkung. Jika biasanya ekor anjing husky sedikit tidak melengkung atau ada dibelakang, namun ekor yang terselip atau berada dibawah punggung menandakan bahwa ada hal yang mengganggunya.

  • Suara

Husky dikenal sebagai anjing yang cukup bawel. Tapi, seringkali mereka coba untuk memberitahu sesuatu yang penting ketika dia bersuara. Seperti jenis lain, mungkin husky akan merengek atau menggonggong, namun dia juga dapat melolong secara berlebihan ketika sedang cemas atau stres.

  • Terengah-engah

Ini merupakan tanda yang harus mendapatkan pengawasan khusus, sebab banyak orang menilai jika anjing yang sedang terengah-engah menandakan mereka kepanasan.

Memang, anjing akan seperti itu saat kepanasan. Tapi saat cuasa sedang dingin atau kalian tidak mengajaknya berinteraksi, tanda ini bisa menjadi ciri mereka sedang stres.

  • Menjilati Bibir

Menjilati bibir merupakan gejala umum anjing tengah stres. Mungkin husky akan menjilati bibirnya lalu menguap saat dia stres. Dia akan menjilati bibirnya dengan lebih lambat ketimbang saat mencicipi makanan yang enak. Gejala ini dapat kalian seperti “flick” dimana lidah masuk dan keluar tanpa dia benar-benar menjilati bibirnya.

  • Telinga Dilipat ke Arah Belakang

Posisi telinga juga mencari cara terampuh untuk mengawasi mood hewan peliharaanmu. Jika dia meletakkan telinganya ke samping dan ke bawah, mungkin dia sedang stres atau merasa cemas terhadap sesuatu.

Cara Mengatasi Anjing Husky yang Stres

Jika husky kesayanganmu sedang stres atau cemas, hal pertama yang harus dilakukan ialah jauhkan ia dari hal yang menyebabkan stres serta bawa ke lokasi yang tenang dan sejuk. Tahan keinginanmu untuk terburu-buru menghiburnya.

Jika kalian berniat memanjakannya dengan camilan atau belaian, buatlah dia melakukan sebuah kegiatan terlebih dahulu untuk mendapatkannya, contohnya saja menyuruh dia duduk atau  berlari. Merespon perintah rutin dapat mengalihkan perhatian anjing serta memberi rasa normal. Kalian bakal melihat betapa efektifnya memberikan perintah seperti berdiri, duduk, ataupun memberikan tanganmu kepada anjing yang tengah cemas.

Selain itu juga, sama halnya dengan manusia, berolahraga juga dapat menjadi obat stres yang lumayan ampuh. Kegiatan fisik seperti bermain lempar tangkap atau berjalan sanggup membantu kalian serta husky akan melepaskan ketegangannya.

Memberikan anjing tempat yang nyaman didalam rumah, yang dimana dia dapat melarikan diri atas situasi yang bisa membuat dia khawatir juga sangat bagus untuk membantunya melepaskan perasannya tersebut.

Itu saja ulasan tentang ciri-ciri anjing husky stres dan cara penanganannya. Jika husky kesayanganmu terserang stres dalam waktu cukup lama, maka konsultasikan dengan dokter hewan. Selepas memastikan jika perilaku anjingmu bukan karena medis, dokter dapat menyarankan kalian untuk ke para ahli atau pelatih hewan profesional guna mengevaluasi problem yang berkaitan dengan stres. Semoga bermanfaat!